Pentingnya Etika Bagi Pegawai Pemerintahan

Pernahkah kamu mendapat perlakuan tidak ramah dari pegawai pemerintah saat memberikan pelayanan? Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian dari kita sebagai masyarakat pernah mendapatkan perlakuan tersebut. 

Pada pertengahan tahun 2019, Ombudsman RI menyampaikan bahwa kualitas pelayanan publik semakin rendah, mekanisme penerimaan keluhan oleh masyarakat juga belum dibuat secara sistematis.

Ini menunjukkan bahwa pemerintah belum maksimal dalam melayani masyarakat, terbukti dengan masih buruknya pelayanan publik yang dilakukan oleh pegawai pemerintah. Padahal tugas dari pegawai pemerintah yaitu mengabdi kepada masyarakatnya.  

Banyaknya permasalahan etika yang dilakukan oleh pegawai pemerintahan membuat masyarakat kecewa dan tidak puas terhadap layanan publik yang diberikan pemerintah. 

Dalam hal ini pegawai pemerintah perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya etika dalam meningkatkan mutu kerjanya. Ada tiga poin mengapa etika penting untuk meningkatkan mutu kerja pemerintahan. 

Etika adalah Dasar Moral Bagi Pegawai Pemerintah

Etika harus menjadi pedoman bagi semua manusia dalam bertindak, tak terkecuali pegawai pemerintah. Baik dan buruknya perilaku seseorang dapat dilihat seberapa besar etika yang dimilikinya. 

Masyarakat pasti menilai seseorang dari bagaimana kita bertutur kata, bersikap dan berperilaku, begitu juga penilaian terhadap pegawai pemerintah. Sebab etika dapat mempengaruhi kita dalam melakukan berbagai hal. 

Dalam konteks pemerintahan, setiap lembaga yang ada di pemerintahan sudah memiliki kode etiknya masing-masing dan mereka perlu memaksimalkan kesadaran akan pentingnya etika bagi pegawai pemerintah baik karena hal ini akan menciptakan pemerintahan yang baik sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pemerintahan.

Etika adalah Salah Satu Syarat Bagi Pemerintah untuk Melakukan Pembangunan

Suatu pembangunan semestinya akan menciptakan suatu perubahan. Banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar kita saat ini, maka tugas pemerintah untuk mengimbanginya dengan kemampuan dalam melakukan penyesuaian. 

Jika pemerintah tidak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan, bukan tidak mungkin akan terjadinya pemerintahan yang korupsi. 

Pemahaman dan kesadaran terhadap besarnya kekuasaan pemerintah akan diperoleh melalui peningkatan etika dalam pemerintahan. 

Dengan tingginya etika yang dimiliki oleh pegawai pemerintahan, cita-cita dalam keberhasilan pembangunan bisa dicapai. 

Etika adalah Tuntutan Bagi Pegawai itu Sendiri

Semakin berjalannya waktu maka semakin kompleks pula permasalahan yang terjadi di masyarakat. 

Tingginya pertumbuhan penduduk, pasti akan melahirkan permasalahan-permasalahan baru dan harus diselesaikan oleh pemerintah sebagai penyedia layanan publik serta menuntut pelayanan yang maksimal dan berkualitas. 

Untuk itu, pegawai pemerintah harus mengimbanginya dengan meningkatkan etika.  Selain dapat menciptakan citra baik dalam masyarakat, masyarakat pun akan kembali percaya dan mau menggunakan fasilitas layanan yang telah disediakan oleh pemerintah. 

Sejalan dengan konsep good governance, fungsi pelayanan tidak hanya berdasarkan atas kehendak dari pemerintahan saja, tetapi juga harus melibatkan semua komponen, baik masyarakat ataupun swasta.

Dengan tingginya etika yang dimiliki oleh pegawai pemerintah, diharapkan dapat mewujudkan pemerintahan yang professional, baik, dan berkualitas. 

Lemahnya etika yang dimiliki oleh pegawai pemerintah akan membuka celah bagi pemerintahan yang koruptif.

Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda harus memiliki etika yang baik, sebab jika suatu saat kita menjadi pegawai pemerintah, kita akan melakukan pekerjaan dengan baik dan tidak mengarah pada tindakan korupsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam