Pengertian Hipotesis Penelitian Menurut 5 Ahli

Hipotesis penelitian merupakan bagian yang sangat penting dalam menyusun laporan penelitian atau karya tulis ilmiah, seperti: skripsi; tesis, dan disertasi atau pun karya tulis ilmiah lain. Hipotesis dinyatakan sesuai dengan dukungan teoritis dan konseptual serta penelitian terdahulu atau kepustakaan. Meskipun demikian, hipotesis perlu di uji kembali untuk memastikan hasil penelitian menjadi kredibel dan menjadi hasil temuan yang dapat memecahkan suatu permasalahan penelitian.

Hipotesis penelitian secara umum, dapat diartikan yaitu pernyataan atas jawaban sementara yang kebenarannya perlu di uji atau di buktikan. Hipotesis penelitian tidak dibenarkan asal – asalan, melainkan dinyatakan dengan argumen atas adanya suatu teori, konsep, serta penelitian pendukung terdahulu yang memiliki kerelevanan. Sehingga, dalam merumuskan hipotesis harus memiliki pendukung yang kuat, serta memaparkan secara apa adanya atau ilmiah atas penyusunan literasi kepustakaan yang relevan dengan permasalahan penelitian.

Penelusuran pengertian dari hipotesis menurut beberapa ahli dapat dijabarkan, yaitu sebagai berikut:

Pengertian hipotesis penelitian dari 5 Ahli

1. Sugiyono

Hipotesis menjadi jawaban sementara terhadap perumusan masalah. Dikarenakan sementara, maka diperlukan pembuktian kebenarannya melalui data lapangan yang terkumpul. Hipotesis dibuktikan dengan melalui pengujian-pengujian.

2. Zikmund

Hipotesis penelitian merupakan pernyataan (dugaan) yang belum terbukti. Hipotesis memiliki sifat tentatif. Dugaan tersebut menjelaskan kemungkinan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dari perumusan masalah penelitian.

3. Mundilarso

Hipotesis penelitian yaitu pernyataan yang memiliki tingkat kebenaran lemah. Hipotesis diperlukan tahap-tahap pengujian dengan teknik tertentu. Hipotesis dirumuskan berdasarkan teori, dugaan, pengalaman pribadi atau orang lain, kesan umum, kesimpulan yang perlu di konfirmasi.

4. Margono

Hipotesis didapatkan dari kata hypo dan thesis. hypo adalah kurang dari, sedangkan thesis berarti pendapat. Dapat disimpulkan hipotesis yaitu pendapat yang perlu memiliki kekuatan dari diadakan penelitian serta pengujian. Hipotesis dapat pula kemungkinan merupakan jawaban dari tujuan rumusan masalah penelitian.

5. Ghozali

Hipotesis adalah pernyataan yang dibuktikan dengan melakukan beberapa uji – uji dan di analisa berdasarkan data yang didapatkan. Hipotesis dinyatakan serta di tetapkan pengambilan keputusan diterima atau tidak diterimanya dari pernyataan tersebut. Sehingga, hipotesis dapat dijadikan sebagai hasil penelitian yang terbukti teruji setelah dilakukan penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam