Ingin beli kacamata? Ketahui Macam-macam Jenis Lensa Berikut Ini!

Macam-macam lensa kecamata

Kacamata merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengatasi masalah penglihatan. Tidak semua orang memiliki masalah penglihatan yang sama, oleh karena itu pastikan kalian memilih lensa kacamata yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas kalian.

Pemilihan lensa kacamata yang tidak tepat dapat memengaruhi kenyamanan indra penglihatan, alhasil muncul risiko gangguan mata yang semakin parah dan tujuan awal untuk mengatasi gangguan mata malah tidak tercapai.

Secara garis besar, terdapat empat jenis lensa kacamata yang sering digunakan oleh masyarakat. Keempatnya memiliki fungsi yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Lensa tunggal atau single vision

Jenis lensa ini dibuat khusus sehingga hanya memiliki satu titik fokus. Fungsi dari lensa tunggal ini adalah untuk mengatasi satu jenis masalah indra penglihatan seperti miopia (rabun jauh atau lensa minus), hipermetropia (rabun dekat atau lensa plus), atau astigmatismu (silindris atau silinder).

2. Lensa bifocal

Jenis lensa ini memiliki dua titik fokus sehingga dapat digunakan untuk mengatasi dua jenis masalah indra penglihatan, yaitu miopia dan hipermetropia. Untuk membantu mengatasi gangguan penglihatan jarak jauh, terletak pada lensa bagian atas. Sebaliknya, untuk membantu mengatasi gangguan penglihatan jarak dekat, terletak pada lensa bagian bawah.

3. Lensa progresif

Jenis lensa ini mirip dengan lensa bifocal karena memiliki lebih dari satu titik fokus. Perbedaannya terletak pada garis pembatas lensa. Pada lensa progresif, tidak terdapat garis pembatas lensa yang memisahkan titik fokus untuk penglihatan jarak jauh dan jarak dekat.

4. Lensa transisi

Berbeda dengan tiga lensa sebelumnya, fungsi lensa iini dipengaruhi oleh sifat cahaya yang terpolarisasi. Warna lensa akan berubah menjadi bening Ketika digunakan dalam ruangan tertutup. Sebaliknya,  warna lensa akan otomatis berubah menjadi gelap Ketika digunakan di luar ruangan yang terpapar oleh cahaya matahari.

5. Lensa lainnya

Perkembangan teknologi yang kian maju juga berdampak pada bahan pembuatan lensa kacamata. Jika dulu lensa kacamata hanya terbuat dari bahan kaca, kini sudah menggunakan bahan plastik berteknologi tinggi yang dapat disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari.

Untuk kalian yang hobi berolahraga namun harus menggunakan kacamata, lensa kacamata yang terbuat dari bahan polikarbonat dapat menjadi pilihan karena tahan terhadap benturan.

Ada pula lensa trivex, yang juga tahan terhadap benturan dan efektif untuk meningkatkan kualitas indra penglihatan. Jika ingin menggunakan lensa kacamata yang ringan dan tipis, bahan plastik high index, atau lensa aspheric dan lensa photochromic dapat juga dijadikan pilihan.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu merawat lensa kacamata kalian agar selalu nyaman digunakan dan awet tahan lama dengan cara menyimpannya di wadah yang kering dan tahan benturan, serta rajin dibersihkan dengan cairan pembersih kacamata dan lap khusus.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam