Cara Menggunakan Turnitin dalam 5 Langkah, Mudah!

Cara Menggunakan Turnitin dalam 5 Langkah, Mudah! - Jagoketik.com

Percaya atau tidak, banyak mahasiswa Indonesia yang tidak tau cara menggunakan Turnitin hingga awal tahun 2023! Padahal, cara-cara menggunakan Turnitin sangatlah mudah dan penting untuk mahasiswa pelajari. Utamanya, tentu agar mereka bisa tau mekanisme Turnitin dalam mengecek tingkat plagiasi pada suatu dokumen akademik sekaligus paham langkah-langkah taktis yang harus diambilnya dalam menyusun karya ilmiah yang bebas plagiarisme.

Yuk, simak 5 (lima) langkah mudah mengenai cara menggunakan Turnitin pada artikel Jagoketik berikut ini!

Baca juga: Cek Turnitin Online Sepuasnya, Rp15.000 Aja!

Masuki Situs Resminya!

Pertama, cara menggunakan Turnitin untuk cek plagiarisme adalah dengan mengunjungi situs resmi milik Turnitin. Alamat web dari situs resmi milik Turnitin sangatlah sederhana, yaitu turnitin.com. Situs tersebut bisa kita buka lewat gadget apapun, baik komputer maupun handphone. Hanya saja, keseluruhan proses dan penggunaan Turnitin menurut mayoritas warganet paling praktis lewat komputer.

Pastikan kamu mengetik alamat web dari situs resmi milik Turnitin tanpa ada sedikitpun tipo. Sekali lagi, alamat webnya adalah turnitin.com. Tidak ada tambahan huruf kapital ataupun kombinasi angka yang aneh. Di luar turnitin.com, kamu tidak bisa menggunakan Turnitin dengan bebas dan legal. Sehingga, waspadai adanya situs web yang menawarkan cek Turnitin gratis tanpa batas dengan memberi alamat web selain turnitin.com.

Jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia
Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia.

Buat atau Login dengan Akun Milikmu!

Kedua, cara menggunakan Turnitin untuk cek plagiarisme adalah mengaksesnya dengan akun pribadi milik kita. Untuk bisa mengakses fitur cek plagiarisme secara lengkap dan mendalam, Turnitin memang memberikan palang akses berupa wajib registrasi akun terlebih dahulu. Kendati nampak ribet, proses pembuatan dan registrasi akun baru Turnitin cukup mudah, kok! Bahkan, alur registrasi akun ini pula yang membuat Turnitin punya kredibilitas tersendiri sebagai detektor plagiarisme untuk segala macam karya tulis ilmiah.

Registrasi akun baru Turnitin bisa dilakukan dengan setidaknya dua opsi cara yang super mudah. Pertama, caranya adalah dengan login otomatis memakai akun Google yang sudah kita miliki serta biasa pakai setiap hari. Kedua, caranya adalah dengan mengisi formulir registrasi akun baru yang bisa diakses pada bagian “New User? Click Here” di laman login akun Turnitin. Mengenai pembuatan akun Turnitin, kamu pun bisa menanyakan ke pihak kampusmu mengenai ada atau tidaknya fitur langganan premium yang kampus berikan kepada kamu selaku mahasiswanya.

Input Enrollment Key!

Ketiga, cara menggunakan Turnitin untuk cek plagiarisme adalah menginput enrollment key. Langkah ketiga inilah yang tergolong paling ribet dan membingungkan bagi banyak orang, terutama yang masih awam dengan interface atau tampilan web dari Turnitin. Sederhananya, enrollment key pada Turnitin adalah kombinasi angka yang berfungsi sebagai kode spesifik dan wajib diinput ke dalam satu ruang kelas khusus di Turnitin.

Langkah berupa enrollment key bisa diakali secara mandiri dengan meregistrasikan dua akun email menjadi akun Turnitin. Nantinya, salah satu akun email harus distatuskan sebagai Instructor dan satunya lagi sebagai Student. Lalu, buatlah satu ruang kelas spesifik dari akun Instructor serta simpan enrollment key dan Class ID yang sudah dibuat secara otomatis oleh Turnitin. Setelah itu, gunakan Turnitin memakai akun satunya yang berstatus Student sembari masuk ke satu ruang kelas spesifik memakai Class ID dan enrollment key tadi.

Sementara itu, perihal enrollment key dalam Turnitin juga bisa kamu pelajari serta atasi secara mandiri lewat beberapa cara. Cara yang paling ideal adalah dengan memastikan adanya subscription Turnitin oleh pihak kampus serta memintakan Class ID dan enrollment key-nya. Cara lainnya adalah menyimak tutorial YouTube dengan searching “cara menggunakan Turnitin untuk cek plagiasi” ataupun membaca instruksi resmi buatan Turnitin yang tersedia di situs supportcenter.turnitin.com atau help.turnitin.com

Upload File!

Keempat, cara menggunakan Turnitin untuk cek plagiarisme adalah upload file. Proses upload file atau pengunggahan dokumen digital yang ingin dicek persentase plagiasinya bisa dilakukan secara langsung. Cara mengunggahnya adalah dengan memilih file dari dalam memori gadget yang kita pakai untuk mengakses Turnitin. Pastikan file yang kita cek benar-benar aksesible dan tersimpan dengan baik, supaya tidak ada eror dalam langkah upload file ini.

Yang harus dicatat, Turnitin hanya bisa mengakses file yang kita upload dari komputer atau handphone saja. Dengan kata lain, kita tidak bisa mengecek persentase plagiarisme dari dokumen yang masih kita simpan dalam penyimpanan awan atau cloud storage semacam Google Drive. Bila file yang mau kita cek via Turnitin masih tersimpan di cloud storage, kita harus men-download-nya dengan utuh hingga benar-benar tersimpan di dalam komputer atau hanphone. Setelah itu, barulah kita upload file-nya dari komputer atau handphone ke Turnitin.

Cukup Tunggu Hasilnya!

Terakhir, cara menggunakan Turnitin untuk cek plagiarisme adalah sepenuhnya menunggu Turnitin memproses deteksi otomatisnya. Deteksi otomatis oleh Turnitin memakan waktu yang beragam, namun umumnya adalah maksimal dalam waktu 20 menit saja. Tak jarang, cek plagiarisme oleh Turnitin bisa langsung muncul rincian persentasenya hanya dalam waktu semenit atau kurang.

Sambil menunggu hasilnya, hal lain yang bisa kita lakukan adalah melakukan refresh halaman web secara berkala. Dengan begitu, akan lebih ideal bagi kita untuk melakukan proses cek Turnitin mandiri sambil multitask atau mengerjakan hal-hal lain. Kiranya tidak mau ambil ribet, jasa cek Turnitin Jagoketik pun siap mengecek persentase plagiarisme dokumenmu hanya dalam rentang 10-15 menit tanpa batasan halaman dan frekuensi orderan!

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Jasa Cek Turnitin Jagoketik Siap Cek Plagiarisme Skripsi Kamu dalam 10 Menit!
Jasa Cek Turnitin Jagoketik Siap Cek Plagiarisme Skripsi Kamu dalam 10 Menit!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Awas, menurut detektor mungkin skripsimu banyak plagiasinya!

Yuk, pastikan skripsi atau karya ilmiahmu bebas plagiasi dengan cek Turnitin di Jagoketik!

Siap order 24/7 dan cek plagiasi dalam 10 menit!