Plagiat Turnitin Tulisan Sendiri? Kok Bisa? Begini Cara Mengatasinya!

Cara menurunkan plagiat pada tulisan sendiri (self-plagiarism) Turnitin

Tidak sedikit penulis yang mengalami kasus self plagiarism Turnitin atau plagiat dari tulisannya sendiri di Turnitin. Hal tersebut disebabkan karena tulisan sebelumnya telah disimpan di repository Turnitin. Kasus ini biasanya terjadi ketika mahasiswa melakukan cek Turnitin di kampus yang mana akun Turnitin kampus adalah repository.

Salah satu pengguna jasa cek Turnitin di Jagoketik.com mengeluhkan bahwa hasil cek Turnitinnya besar karena bersumber dari tulisannya sendiri (self plagiarism). Setelah Admin cek ternyata benar, salah satu sumber terbesar berasal dari kampusnya klien.

Lalu Admin tanya, apakah sebelumnya klien pernah cek Turnitin di kampus? Klien menjawab pernah. Dia bercerita bahwa sebelumnya dia telah cek Turnitin di kampus.

Dari kasus di atas, bagaimana cara mengatasi plagiat Turnitin yang bersumber dari tulisan sendiri dan bagaimana itu bisa terjadi? Kami akan membahas dan menjawab pertanyaan tersebut di artikel ini.

Pengertian Self Plagiarism Turnitin

Self plagiarism adalah plagiat dari tulisan milik sendiri baik sebagian atau keseluruhan yang telah masuk ke repository Turnitin. Apa itu repository Turnitin? Secara sederhana repository Turnitin adalah tempat penyimpanan berbagai file dokumen dalam hal ini docx, pdf, dan lainnya di database Turnitin.

Kembali ke kasus self plagiarism Turnitin dapat diartikan bahwa karya tulis saat ini sama seperti karya tulis sebelumnya yang telah masuk ke repository (penyimpnan/archiving) Turnitin baik sebagian atau seluruhnya.

Bagaimana cara mengetahui tulisan kita self-plagiarism atau tidak? Turnitin memberikan laporan (report) hasil cek Turnitin yang menampilkan sumber-sumber plagiat pada tulisan (primary sources) di halaman terakhir.

Baca juga: Tutorial Cara Cek Turnitin Online Menggunakan HP, Bebas Cek Sampai Lolos

Self plagiarism Turnitin
Report Self plagiarism Turnitin

Pada gambar di atas diketahui bahwa sumber terbesar plagiat berasal dari Submitted to Sriwijaya University sebesar 52%. Dapat disimpulkan bahwa karya tulis itu telah diterbitkan oleh Universitas Sriwijaya ke repository Turnitin dan ketika dicek ulang maka terjadi self plagiarism pada tulisan sendiri sebanyak 52%.

Ingin cek Turnitin online no repository yang file tidak tersimpan di repository Turnitin dan file aman tidak disalahgunakan? Cek Turnitin murah dengan klik tombol di bawah, online 24 jam. Proses cek Turnitin cepat!

Jasa pengetikan per lembar murah dan cepat, 24 jam

Penyebab Self Plagiarism Turnitin

Penyebab self plagiarism Turnitin adalah penggunaan kembali sebagian atau keseluruhan tulisan yang telah disimpan di repository Turnitin. Bagaimana tulisan saya bisa tersimpan di repository Turnitin?

Karya tulis bisa tersimpan di repository Turnitin karena dicek menggunakan akun Turnitin repository. Akun ini biasanya dimiliki oleh kampus atau perusahaan untuk menerbitkan karya tulis milik mahasiswa ke repository Turnitin.

Tips!
Jika kamu hendak cek Turnitin di kampus sebaiknya tanya terlebih dahulu ke pihak kampus apakah mereka menggunakan akun Turnitin repository atau no repository. Jika kampus menggunakan akun Turnitin repository maka pastikan tulisanmu sudah lolos Turnitin agar tidak self plagiarism ketika dicek ulang. Apabila akun Turnitin kampus menggunakan akun Turnitin no repository maka kamu bisa cek Turnitin gratis di kampus.

Cara Mengatasi Self Plagiarism (Plagiat dari Tulisan Sendiri) di Turnitin

Setidaknya terdapat dua cara mengurangi similarity Turnitin pada kasus self plagiarism, yaitu: 1) parafrase Turnitin; 2) manipulasi Turnitin.

Dua cara menghilangkan plagiat Turnitin tersebut sangat berbeda satu sama lain. Berikut pejelasan dari masing-masing cara tersebut.

1. Parafrase Turnitin (Cara untuk Menurunkan Plagiat Turnitin)

Parafrase Turnitin adalah cara menurunkan plagiat Turnitin dengan menulis ulang kalimat untuk menghasilkan kalimat baru namun tetap mempertahankan subtansi dari tulisan aslinya. Contohnya:

Teks asli:
Jagoketik.com melayani jasa parafrase Turnitin yang dikerjakan langsung oleh para profesional dan praktisi bahasa yang berpengalaman dengan garansi uang kembali 100% jika tidak sesuai target atau uang kembali 150% jika menggunakan cara curang untuk lolos Turnitin.

Hasil parafrase:
Jagoketik.com menerima jasa parafrase untuk lolos Turnitin yang dikerjakan oleh praktisi bahasa yang profesional dengan hasil terbaik serta bergaransi uang kembali 150% apabila terbukti menggunakan cara curang serta uang kembali 100% apabila hasil parafrase tidak sesuai kesepakatan. 

Kelebihan parafrase Turnitin

  • Subtansi tulisan tetap sama namun bebas plagiat
  • Dijamin lolos Turnitin tanpa melakukan trik curang untuk lolos Turnitin

Kekurangan parafrase Turnitin

  • Membutuhkan kemampuan menulis
  • Membutuhkan waktu yang tidak sebentar
  • Membutuhkan kesabaran karena tulisan akan dicek beberapa kali untuk memastikan lolos plagiat Turnitin. Jika masih plagiat maka harus parafrase ulang.
  • Membutuhkan biaya parafrase Turnitin

Jika kamu tidak bisa melakukan parafrase karena tidak mempunyai waktu atau tidak mempunyai kemampuan menulis ulang yang baik maka dapat menggunakan jasa parafrase online untuk jurnal, skripsi, tesis, disertasi, atau lainnya di Jagoketik.com. Selain online, kami juga melayani jasa parafrase offline di berbagai kota di Indoensia.

2. Atur Skor Turnitin Menggunakan Exclude Sources

Cara ini bisa dibilang “cara manipulasi hasil Turnitin”. Kendati demikian, cara lolos Turnitin ini malah disediakan oleh Turnitin sendiri dengan fitur exclude sources. Apa itu exclude sources Turnitin? Exclude Sources Turnitin adalah filter untuk mengecualikan sumber-sumber tertentu termasuk sumber dari tulisan sendiri (self plagiarism).

Contoh kasus:
Sebelumnya kamu telah cek Turnitin di kampus dengan hasil similarity index Turnitin di atas 20%, tanpa kamu ketahui ternyata kampus menggunakan akun Turnitin repository yang menyimpan file tulisanmu ke database Turnitin.

Lalu kamu parafrase dan cek Turnitin ulang di kampus. Bukannya plagiat turun malah tambah besar. Setelah kamu cek di halaman laporan ternyata sumber tersebsar plagiat berasal dari tulisanmu sendiri yang ditandai dengan keterangan sumber Submitted to nama kampusmu.

Dari contoh kasus di atas, kita dapat melakukan 2 cara untuk mengatasi self plagiarism Turnitin. Cara pertama kamu bisa meminta pihak kampus untuk menghapus file tulisanmu dari repository dan cara kedua kamu bisa meminta exclude sources untuk mengatur hasil Turnitin.

Sayangnya, tidak semua kampus bisa melakukan dua cara tersebut, kalaupun bisa biasanya hanya melakukan cara yang pertama yaitu menghapus file dari repository Turnitin. Tidak apa, setidaknya file tulisanmu tidak self plagiarism.

Bagaimana jika kampus tidak bisa melakukan cara pertama dan cara kedua di atas? Tenang, kamu bisa menggunakan cara kedua yaitu exclude sources Turnitin. Cara kedua dapat Jagoketik.com untuk mengecualikan sumber plagiat dari tulisanmu sendiri atau dari berbagai sumber.

Kelebihan Exclude Sources Turnitin

  • Bisa mengecualikan sumber dari tulisan sendiri (self plagiarism)
  • Bisa mengecualikan sumber apapun
  • Hasil similarity index Turnitin bisa diatur
  • Hasil cepat kurang dari 30 menit

Kekurangan Exclude Sources Turnitin

  • Hasil similarity Turnitin tidak permanen dan akan kembali ke aslinya ketika dicek ulang

Filter exclude sources Turnitin hanya tersedia pada akun Turnitin Instructor dan tidak tersedia pada akun Turnitin Student. Kamu bisa menggunakan jasa exclude sources Turnitin atau atur skor Tunritin dengan klik tombol di bawah. Layanan 24 jam, hasil cepat, dan bisa atur hasil Turnitin sesuai keinginan.

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca artikel lainnya:

Jasa Parafrase
Jasa Parafrase

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Hai, Kak!

Butuh jasa menurunkan plagiat Turnitin atau jasa exclude sources Turnitin untuk mengatur skor?

Yuk chat Admin sekarang, online 24 jam siap membantu meloloskan Turnitin!