Mengenal Arti Warna, Angka, dan Cara Membaca Hasil Turnitin

Arti Warna, Angka, dan Cara Membaca Hasil Turnitin

Kamu baru saja cek Turnitin dan mendapati banyak warna pada tulisan seperti merah, ungu, pink, coklat, biru, hijau, dan lainnya. Selain warna ternyata juga ada angka di setiap kalimat dengan highlight. Baca artikel ini untuk mengetahui arti warna, angka, dan cara membaca dokumen hasil cek Turnitin.

Turnitin adalah software terpopuler yang digunakan oleh kebanyakan perguruan tinggi atau universitas di Indonesia untuk mengetahui berapa persen similarity index plagiarisme pada karya tulis ilmiah. Tindakan ini sangat efektif untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang original atau bebas plagiat.

Karya tulis ilmiah dapat dikatakan original atau bebas plagiat versi menggunakan Turnitin adalah ketika similarity index sama atau lebih kecil dari 20 persen. Masing-masing kampus mempunyai kebijakan atau syarat yang berbeda-beda, tidak harus sama atau lebih kecil 20 persen melainkan juga ada yang harus di bawah 25 persen atau 30 persen.

Sebagai peneliti atau penulis di kalangan akademisi baik mahasiswa atau dosen di kampus yang telah menggunakan syarat bebas plagiat menggunakan Turnitin pasti akan sering melakukan cek Turnitin. Tidak sedikit karya tulis ilmiah yang harus direvisi atau lebih tepatnya parafrase agar bisa lolos Turnitin.

Jasa cek Turnitin online murah 24 jam
Jasa cek Turnitin online murah 24 jam

Mengenal Arti Warna, Angka, dan Cara Membaca Dokumen Hasil Cek Turnitin

Mengetahui arti warna dan angka serta cara membaca hasil Turnitin dapat mempermudah pengerjaan parafrase guna menurunkan similarity index Turnitin kurang dari 20% atau sesuai syarat kampus. Berikut pengertian warna-warna (highlight), angka-angka, dan cara membaca hasil Turnitin:

Arti Warna pada Dokumen Turnitin

Warna-warna pada dokumen hasil cek Turnitin menandakan tulisan atau kalimat plagiat. Semakin banyak warna (highlight) maka semakin banyak juga similarity index Turnitin.

Turnitin menyebut warna-warna tersebut dengan Multi-color highlighting atau sorotan multi warna yang dapat diaktifkan maupun dinonaktifkan pada menu Optional Settings.

Optional Settings Turnitin - Multi-color highlighting
Filters and Settings > Optional Settings > Multi-color highlighting

Secara default Multi-Color Highlighting telah aktif dan akan secara otomatis memberikan sorotan berwarna-warni pada tulisan atau kalimat yang plagiat seperti pada gambar di bawah:

Arti warna Turnitin
Arti warna pada Dokumen Hasil Cek Turnitin

Pada gambar di atas dapat ditemui warna merah, ungu, biru, hijau, hitam, coklat serta pink yang menyoroti setiap kalimat plagiat. Warna-warna Turnitin tersebut berurutan dari yang kalimat plagiatnya paling banyak hingga yang paling sedikit.

Kita dapat melakukan parafrase pada tulisan atau kalimat yang berwarna untuk menghilangkan plagiat. Parafrase dapat dimulai dari tulisan atau kalimat dengan warna berpersentase paling banyak.

Pada gambar di atas maka parafrase dapat dimulai dari urutan angka 1 dengan (highlight) atau sorotan warna merah (3%), ungu muda (2%), ungu tua (2%), biru (2%), hijau 2%, hitam 2% dengan total persentase 13%.

Apabila kita berhasil melakukan parafrase sebanyak 13% maka similarity index yang sebelumnya 33% bisa menjadi 20% yang mana similarity index tersebut telah memenuhi syarat lolos Turnitin.

Arti Angka pada Dokumen Turnitin

Selain warna, Turnitin juga akan memberikan angka pada tulisan atau kalimat yang plagiat seperti angka 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.

Angka dan warna pada dokumen hasil cek Turnitin menandakan tulisan atau kalimat plagiat yang diurutkan berdasarkan persentase paling besar hingga paling kecil.

Cara Membaca Dokumen Turnitin

Pada dokumen hasil cek Turnitin terdapat halaman Originality Report yang terletak di akhir halaman. Kamu dapat membaca hasil laporan cek Turnitin seperti Similarity Index, Internet Sources, Publications, Student Paper, dan Primary Sources.

Cara membaca dokumen Turnitin
Cara membaca dokumen Turnitin
  • Similarity Index adalah indeks kesamaan tulisan yang plagiat ditandai dengan jumlah persentase. Contoh: 33% Similarity Index artinya tulisan pada dokumen tersebut mempunyai total plagiat sebanyak 33%.
  • Internet Sources adalah sumber kesamaan tulisan dari internet yang ditandai dengan jumlah persentase. Contoh: 31% Internet Sources artinya tulisan pada dokumen tersebut mempunyai sumber sebanyak 31% sumber dari internet seperti website atau blog.
  • Publications adalah sumber kesamaan tulisan dari tulisan yang telah dipublikasikan di repository, ditandai dengan jumlah persentase. Contoh: 13% Publications artinya tulisan pada dokumen tersebut mempunyai sumber sebanyak 13% dari karya tulis yang telah dipublikasikan seperti jurnal.
  • Student Papers adalah sumber kesamaan tulisan dari karya tulis siswa atau mahasiswa, ditandai dengan jumlah persentase. Contoh: 20% Studnet Papers artinya tulisan pada dokumen tersebut mempunyai sumber sebanyak 20% dari karya tulis siswa atau mahasiswa seperti makalah atau skripsi.
  • Primary Sources berisi daftar sumber-sumber berwarna tulisan yang diplagiat pada dokumen saat ini. Diurutkan dari persentase terbesar hingga terkecil dengan warna dan angka.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke yang lain!

Baca juga:

Jasa perbaikan plagiasi Turnitin atau Parafrase murah
Jasa cek dan perbaikan Turnitin (parafrase) online murah 24 jam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam