Cara Membuat Judul Skripsi Hingga Pembimbing Segan Menolak

Cara Membuat Judul Skripsi Hingga Pembimbing Segan Menolak

Membuat judul skripsi bisa jadi hal yang sangat menjenuhkan. Belum lagi jika topik yang Anda kira sangat inspiratif dan layak diteliti ternyata dianggap tidak menarik.

Ini tentu merupakan hal yang tidak hanya melelahkan, akan tetapi juga terkadang menyesakkan dada. Perjuangan Anda menemukan topik, bertanya kesana kemari, mendapatkan hasil berupa “penolakan”. Istilah populernya “Jangan, judul skripsi itu berat, biar aku Aja”. 

Pertanyaannya, siapa yang bermasalah di sini? Jangan-jangan Anda sendiri yang bermasalah, lantaran belum menerapkan cara membuat judul skripsi yang tepat. Atau sudah menerapkannya, tapi belum konsisten? 

Untuk memandu Anda agar setidaknya dapat menemukan topik penelitian yang relevan dan berkualitas, simak panduan berikut ini.

Bagaimana Menemukan Judul atau Topik Penelitian yang Menarik

Topik penelitian yang bagus biasanya berkisar antara sangat mendalam hingga yang sangat jahat.

Dan dapat dikatakan bahwa topik penelitian terbaik seringkali berasal dari inspirasi yang murni dan alami. 

Tapi apakah inspirasi itu? Mozart menggambarkan inspirasi sebagai pikiran bawah sadar yang “membakar jiwa”.

Inspirasi bisa menghantam Anda di tempat tidur saat larut malam, setelah minum secangkir kopi di pagi hari, atau bahkan saat menikmati segelas jus di Cafe.

Tapi apa yang Anda lakukan saat Anda kurang inspirasi? Untungnya, karena semua topik penelitian yang brilian memiliki beberapa kesamaan, Anda dapat mengidentifikasi elemen-elemen kunci sehingga Anda dapat mengatasi kebingungan.

Berikut ini adalah elemen kunci yang harus Anda perhatikan dalam cara membuat judul skripsi yang baik dan benar.

1. Orisinalitas

Meskipun topik penelitian seperti “ketidaksetaraan gender di kampus” mungkin menarik bagi Anda, pertimbangkan bahwa ini mungkin bukan topik yang paling orisinal.

Cobalah untuk menghindari ide-ide yang mungkin muncul dari siapapun. 

Sebaliknya, kembangkan kebiasaan membaca literatur ilmiah secara rutin. Ini akan membantu Anda mendapatkan ide-ide menarik berkat paparan informasi baru yang konstan.

Di masa-masa kompetitif ini, menemukan topik penelitian baru menjadi semakin sulit, jadi orisinalitas adalah yang paling penting.

Seringkali beberapa orang memilih topik penelitian langsung dari pembahasan penelitian terbaru.

Penelitian terbaru sering memberitahu Anda dengan tepat apa yang harus difokuskan oleh penelitian lebih lanjut. 

Meskipun tampaknya cerdas untuk mengindahkan saran tersebut, memilih topik semacam itu jauh dari aslinya. Penelitian yang brilian haruslah cerdas dan original.

2. Topik harus menarik bagi Anda

Logikanya, sebuah topik penelitian harus menarik bagi Anda, sang peneliti. Sangat sulit untuk menulis dengan tentang topik yang tidak membangkitkan minat Anda. 

Jadi pikirkan tentang apa yang membuat Anda bersemangat tentang bidang studi Anda sejak awal, kemudian lanjutkan ke topik dari sana. Itulah salah satu cara membuat judul skripsi yang paling efektif.

Jika Anda memilih topik yang dekat dengan hati Anda, ini akan memaksimalkan kemungkinan Anda tetap antusias saat menjalankan studi Anda.

Pembimbing Anda akan memiliki gambaran umum yang lebih baik tentang bidang tersebut, dan mereka mungkin memiliki gagasan yang kuat tentang apa yang harus Anda fokuskan.

Namun, mengerjakan ide Anda sendiri jauh lebih bermanfaat dalam jangka panjang.

Inilah mengapa cara membuat judul skripsi dalam artikel ini, jika Anda terapkan hampir pasti tidak ditolak pembimbing.

3. Harus layak

Pikirkan tentang strategi yang harus dilakukan untuk melakukan studi tentang topik pilihan Anda. Eksperimen apa yang akan Anda lakukan untuk mendapatkan hasil?

Ini mungkin bagian terpenting dalam memilih topik penelitian: apakah topik memang layak? Apakah Anda memiliki anggaran dan waktu yang dibutuhkan? 

Jika topik penelitian cukup luas, mungkin Anda bisa fokus pada sub pertanyaan dalam tema yang lebih besar.

Cobalah untuk melihat topik penelitian sebagai titik awal — skripsi Anda tidak perlu membahas semuanya sekaligus. 

Selain itu, penting untuk memikirkan tentang kemungkinan hasil. Akankah penelitian Anda tetap layak dipublikasikan meskipun hasilnya tidak seperti yang Anda harapkan?

Jangan sampai meremehkan kompleksitas, jadwal, dan anggaran yang dibutuhkan. Berusahalah untuk memiliki rencana yang realistis untuk pelaksanaan studi Anda. 

Mudah untuk meremehkan kerumitan, jadwal, dan anggaran, tetapi jika Anda merencanakan sebelumnya, peluang Anda untuk sukses jauh lebih besar. 

Juga, pertimbangkan bahwa eksperimen sederhana sering dianggap lebih elegan daripada eksperimen kompleks. Tujuannya adalah untuk menemukan E = MC2 dalam desain eksperimental Anda.

4. Harus relevan

Cara membuat judul skripsi yang selanjutnya adalah relevansi topik dengan bidang studi Anda.

Subjek penelitian Anda harus relevan dengan bidangnya. Bahkan artikel yang memiliki topik absurd seringkali relevan dengan bidangnya. Penerbitan akan sangat sulit jika orang lain tidak menganggap penelitian Anda layak dibaca. 

Selain itu, makalah tersebut juga harus relevan dengan karir Anda sendiri. Topik yang Anda pilih akan menjadi bagian dari bibliografi Anda, jadi pertimbangkan apakah topik yang Anda pilih akan membantu Anda maju.

Tetap berpegang pada pertanyaan penelitian asli Anda, apapun yang terjadi. Saat mempelajari literatur, Anda mungkin memutuskan ingin menyimpang dari pertanyaan awal Anda. 

Jangan takut untuk berputar-putar dan mengubah topik penelitian Anda saat masih dalam tahap awal – terkadang inspirasi dapat dipicu oleh penelitian itu sendiri.

5. Dan terakhir

Setelah memilih topik penelitian yang brilian, menemukan pembimbing yang baik dapat membuat berhasil atau sebaliknya menghancurkan penelitian Anda.

Jika memungkinkan, pertama-tama pilih topik penelitian Anda dan kemudian pilih pembimbing yang sesuai. Cara membuat judul skripsi tahap ini merupakan harga mati!

Ini akan meningkatkan kemungkinan Anda akan diawasi oleh orang yang tepat untuk topik Anda. Suasana penelitian dan hubungan yang positif dapat mengangkat Anda bahkan ketika hasilnya datar dan inspirasinya rendah.

Cara Membuat Judul Skripsi Berdasarkan Topik yang Anda Minati

Setelah secara konseptual Anda memahami bagaimana cara membuat judul skripsi yang menarik. Maka langkah berikutnya adalah merumuskannya dalam judul.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara membuat judul skripsi yang sesuai dengan topik pilihan Anda.

1. Lakukan Brainstorming Terhadap Topik Anda

Pikirkan ulang topik yang benar-benar menarik bagi Anda. Pengalaman Anda akan lebih bermakna jika Anda memilih subjek yang Anda minati.

Tuliskan semua kemungkinan yang terjadi pada Anda sehingga Anda memiliki daftar pilihan yang banyak untuk memulai.

Salah satu cara membuat judul skripsi adalah memastikan bahwa Anda memiliki topik yang menarik secara pribadi.

Misalnya, jika tetangga Anda bertengkar lantaran perbedaan memilih pasangan calon wakil rakyat, Anda mungkin tertarik untuk menyelidikinya. 

Atau, jika Anda mengikuti program pengabdian ke wilayah terpencil, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang sejarah atau budayanya.

2. Riset Pendahuluan

Lakukan riset pendahuluan untuk memilih topik dan cara membuat judul skripsi.

Luangkan waktu untuk membaca latar belakang masing-masing dalam teks referensi umum seperti ensiklopedia dan melakukan pencarian kata kunci dalam database perpustakaan untuk melihat sumber tekstual dan online yang tersedia dalam kaitannya dengan setiap topik potensial. 

Kemudian, pilih satu untuk difokuskan yang menurut Anda paling menarik dan memiliki sumber yang cukup untuk diselidiki.

Anda ingin memilih topik yang memiliki beberapa, tetapi tidak terlalu banyak informasi yang tersedia tentangnya. 

Jika ada beberapa sumber daya terkait yang substantif di luar sana, Anda tahu Anda berada di jalur yang benar; jika ada situs online yang relevan dengan kata kunci penelitian, Anda dapat mengetahui bahwa topik tersebut kemungkinan terlalu besar untuk dibahas dan Anda perlu mempersempitnya lebih lanjut.

3. Mulailah dari judul luas dan persempit fokus Anda. 

Setelah Anda memiliki topik umum yang menarik minat Anda, mulailah dengan membaca banyak tentang hal itu. Tuliskan ide, informasi, dan sumber yang paling Anda minati.

Kemudian, tinjau catatan Anda untuk mulai menyempurnakan topik Anda menjadi fokus penelitian yang tepat dan sempit.

Misalnya, jika Anda tertarik dengan pemetaan genom manusia, bacalah tentang sejarah umum kemajuan ilmiah yang memungkinkan kami untuk memetakan DNA dan lihat apakah ada sub topik tertentu yang menarik perhatian Anda.

Alih-alih mencoba mencakup seluruh subjek, batasi cakupan Anda untuk berfokus pada penemuan gen yang terkait dengan sifat atau penyakit tertentu atau pada aplikasi tertentu, seperti regulasi terapi gen untuk janin yang belum lahir.

4. Konsultasikan Judul Anda dengan Ahlinya

Konsultasikan dengan ahli, bisa kakak kelas, dosen dan sebagainya. Ada baiknya untuk memeriksa ide-ide Anda dengan akademisi mapan atau profesional lain yang terkait dengan bidang tempat Anda akan melakukan penelitian. 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memutuskan di antara topik atau mempersempit ruang lingkup Anda, mintalah nasihat dan saran dari profesor, penasihat, atau profesional berpengetahuan Anda lainnya. Terapkan trik berikut ini:

  • Saat Anda bertemu atau mengirim email kepada mereka, jelaskan penelitian yang telah Anda lakukan untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda telah menyelesaikan pekerjaan rumah Anda. Kemudian, tanyakan sesuatu seperti, “Saya paling tertarik melihat ritual kedewasaan dalam budaya asli kontemporer, dan saya ingin tahu apakah menurut Anda itu topik yang bagus untuk dikejar dan apakah Anda punya saran untuk studi kasus tertentu atau sumber lain. terkait dengan itu. “
  • Ingat: mereka mungkin dapat mengarahkan Anda ke arah yang lebih spesifik berdasarkan minat umum Anda, tetapi jangan berharap mereka melakukan seluruh proses seleksi untuk Anda.
  • Jika Anda melakukan penelitian independen untuk mendapatkan gelar (bukan untuk memenuhi persyaratan tertentu), Anda juga harus bertanya kepada mereka tentang potensi subjek Anda karena topik Anda akan menentukan arah karir masa depan Anda.

5. Merumuskan pertanyaan penelitian

Penelitian Anda harus berusaha menjawab pertanyaan tertentu; idealnya, pertanyaan yang belum pernah ditanyakan atau yang belum dijawab dengan memuaskan.

Setelah Anda memiliki topik tertentu, langkah selanjutnya adalah menyempurnakannya menjadi pertanyaan penelitian yang terfokus.

Setelah Anda melakukan penelitian awal, pikirkan tentang celah yang Anda temukan dalam informasi yang tersedia tentang subjek yang telah Anda selidiki. Rancang pertanyaan yang bisa menjawab informasi yang hilang itu.

Salah satu cara konkret untuk melakukan ini adalah dengan mengeksplorasi hubungan antara dua ide, konsep, fenomena, atau peristiwa yang muncul dalam penelitian Anda, tetapi hubungannya belum diselidiki sepenuhnya.

Misalnya, “bagaimana radikal politik mempengaruhi representasi populer tentang seksualitas di Amerika Serikat tahun 1920-an?”

Cara konkret lain untuk merumuskan pertanyaan Anda adalah dengan mempertimbangkan bagaimana metodologi atau konsep yang ada berlaku untuk konteks atau studi kasus baru yang spesifik.

Misalnya, Anda dapat memikirkan bagaimana gagasan Sigmund Freud tentang “embel-embel” berlaku untuk game realitas virtual tertentu.

6. Pastikan pertanyaan Anda dapat dijawab

Sekarang setelah Anda memiliki pertanyaan penelitian yang terfokus, sekarang saatnya menguji kelayakannya.

Jika Anda tidak dapat menjawab pertanyaan Anda dengan penelitian yang ada atau melakukan penelitian yang diperlukan untuk menjawabnya, maka Anda perlu memilih topik lain.

Misalnya, jika pertanyaan Anda mengharuskan dilakukannya studi yang tidak layak berdasarkan jangka waktu Anda atau sumber daya yang tersedia untuk Anda, Anda perlu menemukan cara untuk merevisi pertanyaan Anda sehingga Anda dapat menjawabnya.

Terkadang jika topik Anda terlalu baru, tidak akan ada cukup banyak penelitian yang tersedia bagi Anda untuk melakukan analisis yang komprehensif.

Dalam hal ini, Anda mungkin perlu merevisi atau memperluas pertanyaan Anda sehingga Anda benar-benar dapat menjawabnya. 

7. Pastikan pertanyaan Anda layak untuk dijawab

Anda ingin menyelesaikan pertanyaan yang penting, pertanyaan yang memiliki kepentingan nyata karena memiliki penerapan langsung di kehidupan nyata dan/atau memberikan kontribusi orisinal untuk bidang Anda.

Jika Anda bertanya “lalu apa?” tentang kemungkinan jawaban atas pertanyaan Anda, maka sekarang saatnya untuk merevisi topik Anda.

Bagaimana masih belum menemukan inspirasi atau bingung bagaimana cara menyelesaikan penelitian Anda?

Miliki, supervisor yang tepat dan berkualitas dengan melihat daftar dosen pembimbing kami. Atau membutuhkan bantuan lantaran Anda sibuk bekerja, dapatkan layanan dari jasa ketik kami.

Diskusi dengan Dosen untuk Mencari Judul Skripsi Online

Jasa bimbingan skripsi, tesis, dan disertasi online

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan Email KamuJadi yang pertama dapat info dari Jagoketik

Dengan mendaftarakan email, kamu bisa langsung menerima pemberitahuan jika ada konten baru dari Jagoketik. Jangan sampai ketinggalan. Daftar sekarang!

Chat WhatsApp
Online 24 Jam
Hai, saya Soles Hasan spesialis edit karya ilmiah di Jagoketik.com. Butuh bantuan mengenai karya ilmiah? Chat saya sekarang, online 24 jam!