Perhatikan Bagian-Bagian Ini Agar Proposal Usaha di-ACC Bank

Cara membuat proposal usaha sampai acc bank

Membuat proposal usaha untuk mengajukan dana yang efektif dan tersistematika dengan baik adalah langkah pertama untuk mendapatkan modal segar yang dibutuhkan bisnis dari bank.

Proposal pinjaman usaha merupakan hal pertama yang akan ditinjau oleh bankir mengenai perusahaan. Oleh karena itu, perlu membuat proposal yang mampu menampilkan kualitas bisnis dengan cara terbaik.

Tujuannya tidak lain adalah untuk meyakinkan bankir bahwa Anda siap dan mampu membuat bisnis sukses dan membayar kembali pinjamannya.

Bagian-Bagian Penting Dalam Membuat Proposal Bisnis

Bagian penting dari proposal pinjaman usaha kecil adalah rencana bisnis. Luangkan waktu yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan persiapan secara menyeluruh, pastikan itu mencakup bagian-bagian berikut:

1. Ringkasan Eksekutif

Bagian ini memberikan gambaran singkat tentang bisnis Anda. Ini menjelaskan secara singkat mengenai perusahaan, industri, dan keunggulan kompetitifnya.

Bagian ini juga harus menggambarkan kebutuhan bisnis atau proyek yang membutuhkan pembiayaan, serta jumlah uang yang dibutuhkan.

2. Deskripsi Perusahaan

Di bagian utama rencana bisnis, Anda harus mendeskripsikan lebih lengkap sejarah, operasi saat ini, hingga strategi bisnis yang sedang dan akan dilaksanakan.

3. Pengalaman Tim Manajemen

Tunjukkan keahlian, pengalaman, dan kualifikasi setiap anggota tim manajemen. Bankir perlu mengetahui bahwa mereka memiliki apa yang diperlukan untuk membuat proyek Anda berhasil.

4. Data Keuangan Utama

Bagian ini menunjukkan kekuatan keuangan bisnis. Memberikan laporan keuangan serta perkiraan untuk 2 sampai 3 tahun ke depan.

Bankir akan memeriksa informasi ini dengan cermat dalam upaya memahami rekam jejak dan kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman.

Seperti dalam setiap bagian dari proposal pinjaman usaha kecil, pastikan tidak ada sesuatu yang ditutup-tutupi atau harus benar-benar jujur ​​dan transparan.

5. Rencana pemasaran

Sediakan rencana pemasaran untuk menjawab pertanyaan kunci berikut: Apakah ada pasar yang terbukti untuk produk atau layanan Anda?

Siapa yang menjadi pesaing dari usaha Anda dan apa kekuatan serta kelemahan yang dimiliki mereka? Apa profil klien Anda? Apa keunggulan kompetitif utama Anda?

6. Rencana Produksi

Bankir ingin tahu apakah Anda memiliki kapasitas operasional untuk menangani penjualan yang diproyeksikan.

7. Manajemen Sumber Daya Manusia

Tunjukkan bahwa bisnis Anda memiliki kemampuan untuk merekrut, mengembangkan, dan mempertahankan orang yang tepat untuk memajukan proyek bisnis Anda.

Sertakan dokumen pendukung

Anda harus mendukung proposal pinjaman usaha dengan menyertakan dokumen yang mendukung, menjelaskan dan meningkatkan kredibilitas rencana, termasuk:

  • Studi pasar atau penelitian lain yang mendukung kesimpulan dan prakiraan.
  • Dokumen untuk mendukung data keuangan (misalnya salinan sewa, perkiraan subkontraktor, atau surat kredit).
  • Testimonial dari pelanggan atau klien.
  • Laporan media tentang perusahaan.

Dokumen pendukung bertujuan untuk menunjukkan bahwa proposal Anda berdasarkan fakta.

Tips untuk Menulis Proposal Pinjaman Usaha yang Efektif

Gunakan bahasa yang lugas, sederhana dan tidak bertele-tele. Hindari istilah dan akronim teknis. Proposal Anda harus jelas, terstruktur dengan baik dan mudah dibaca.

Jangan lupa bahwa tujuan proposal adalah untuk menunjukkan yang terbaik bagi perusahaan. Jual diri Anda!

Sepanjang proposal, fokuslah untuk menunjukkan mengapa usaha Anda akan berhasil. Tunjukkan bahwa Anda telah memikirkan beberapa kemungkinan skenario dan juga Anda memiliki rencana darurat.

Jumlah gambar. Pertimbangkan untuk bekerja dengan seorang profesional untuk membantu Anda menyusun dokumen. Jika menulis bukan kekuatan Anda, mintalah bantuan copywriter atau editor profesional.

Untuk saran lebih lanjut tentang menulis rencana bisnis dan teknik mendekati pihak bank, Anda bisa langsung berdiskusi dengan Tim Jagoketik yang berlatar belakang akademisi di Bidang Perbankan dengan spesifikasi hukum bisnis, perbankan syariah, perbankan konvensional dan Praktisi yang merupakan konsultan bisnis di beberapa perusahaan dan mantan manager bank BUMN terkemuka.

Selain itu, kami memiliki jaringan luas di berbagai bank dengan MoU yang dapat dipertanggungjawabkan.

Jasa dosen pembimbing skripsi, tesis, dan disertasi

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan Email KamuJadi yang pertama dapat info dari Jagoketik

Dengan mendaftarakan email, kamu bisa langsung menerima pemberitahuan jika ada konten baru dari Jagoketik. Jangan sampai ketinggalan. Daftar sekarang!

Open chat
Online 24 Jam
Hai, butuh konsultasi atau dibuatkan proposal usaha sampai di-acc dan dana cair? Chat saya sekarang, online 24 jam!