Asteroid Trojan Baru Saja Bergabung dalam Orbit Bumi, Apakah Berbahaya?

Kok bisa ya ada asteroid yang baru bergabung ke orbit bumi? Apakah akan menabrak Bumi? Memangnya asteroid Trojan tuh sebenernya apa sih?

Apakah Asteroid Itu?

Asteroid merupakan benda luar angkasa yang berbentuk pecahan-pecahan kecil dan bergerak mengelilingi matahari. Pecahan-pecahan kecil itu sendiri berbentuk batu yang tidak beraturan. Asteroid sering juga disebut sebagai planet kecil atau planetoid. Ahli astronomi sudah memberikan pernyataan bahwa setidaknya ada jutaan asteroid di luar angkasa.

Asteroid Trojan

Asteroid Trojan merupakan asteroid yang berbagi jalur orbit dengan benda angkasa atau planet yang lebih besar. Karena mengikuti orbit planet besar, asteroid ini juga biasa disebut sebagai planet minor (planet kecil). Asteroid-asteroid ini biasanya berada di wilayah dengan gravitasi stabil di antara planet dan bintang (misalnya matahari) yang disebut sebagai titik lagrange. Terdapat sekitar 5 titik lagrange di antara bumi dan matahari. Asteorid Trojan dapat ditemukan di wilayah L4 dan L5.

Pada awal bulan Februari 2022 lalu, sebuah asteroid Trojan bernama 2020 XL5 resmi bergabung ke dalam orbit Bumi. Asteroid ini menjadi asteroid Trojan kedua yang bergabung ke dalam orbit Bumi setelah asteroid 2010 TK7.

Trojan 2020 XL5

Toni Santana-Ros, seorang astronom dari University of Alicante, menyebutkan bahwa asteroid 2020 XL5 merupakan asteroid tipe-C yang memiliki banyak karbon. Asteorid ini menarik untuk diteliti karena memiliki kandungan yang mirip dengan matahari dan diduga masuk ke dalam benda-benda angkasa tertua di alam semesta.

Selain itu, asteroid Trojan 2020 XL5 ini sendiri memiliki diameter lebih dari 1 km atau sekitar 4 kali lipat lebih besat dari asteroid Trojan 2010 TK7. Apakah asteroid dengan ukuran sebesar itu akan menabrak Bumi dan berpotensi membahayakan kehidupan di dalamnya? Beruntungnya, asteroid 2020 XL5 ini tidak akan menabrak Bumi dan hanya mengikuti Bumi saja dari belekang. Bahkan, menurut publikasi jurnal Nature Communication disebutkan bahwa objek ini dapat menjadi tempat penelitian luar angkasa karena dapat dibangung instalasi di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam