Anti Jobless, Berikut 5 Tips Sukses Menjadi Freelancer

5 Tips Sukses untuk Menjadi Freelancer

Pertengahan tahun 2020 memang bisa dikatakan menjadi mimpi buruk bagi kebanyakan orang, sebab pandemi membuat banyak masyarakat mengalami kesulitan dalam sektor ekonomi, khususnya para karyawan.

Pandemi membuat banyak karyawan mengalami pemutusan hubungan kerja secara sepihak sehingga membuat pengangguran semakin bejibun.

Alhasil, tuntutan untuk pintar-pintar memutar otak agar tetap memiliki pendapatan harus dilakukan. Salah satunya yakni mengambil kesempatan sambilan atau bahkan banting setir menjadi freelancer.

Freelancer merupakan pekerjaan yang dilakukan tidak harus di kantor, bisa dirumah atau dimana saja selama dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Kunci utama yang harus dimiliki adalah kemampuan khusus atau skill. Semakin banyak skill yang dimiliki semakin banyak pula peluang yang terbuka untuk menjadi freelancer, kasarannya freelancer merupakan pekerjaan serabutan versi high class.

Sebenarnya jauh-jauh tahun sebelum pandemi terjadi, situs dan aplikasi untuk para freelancer sudah menjamur. Hanya saja memang pendapatan dari menjadi freelancer tidak bisa dibandingkan dengan pendapatan sebagai karyawan tetap, sehingga tentu saja masyarakat lebih memilih menjadi karyawan tetap.

Namun, jika kita intens dan rutin serta sabar maka pendapatan dari menjadi frelancer juga bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari lo.

Kembali lagi, skill harus menonjol untuk menjadi seorang freelancer. Selain itu koneksi internet juga harus stabil agar tidak menghambat pekerjaan.

Banyak sekali website untuk para freelancer. Seperti freelancer.com, Appen, lionbridge, Sribulancer dan masih banyak lagi.

5 Tips Sukses untuk Menjadi Freelancer

Untuk menjadi freelancer yang handal ada beberapa hal yang harus diingat dan dilakukan, dalam hal ini kami sudah merangkumnya menjadi 5 tips sukses untuk menjadi freelancer.

1. Fokus dan teliti

Menjadi seorang freelancer tentu harus memiliki fokus tingkat tinggi. Dalam artian mampu mengerjakan project sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak penyedia pekerjaan.

Meski tidak bekerja di kantor, namun menjadi freelancer tidak bisa asal-asalan. Pengerjaan project yang asal-asalan akan berakibat pada pembekuan akun atau di banned dan tidak bisa mengambil project di masa mendatang.

2. Tidak menunda-nunda pekerjaan

Penting untuk tidak menunda-nunda pekerjaan, sebab pengerjaan project dalam dunia freelance juga memiliki batas waktu. Tentu menunda pekerjaan akan berakibat fatal. Dan lagi, menunda pekerjaan sama dengan menunda mendapatkan bayaran dari pekerjaan tersebut.

3. Terjadwal

Self time management sangat penting untuk menjadi seorang freelancer. Sebab kita tidak memiliki waktu normal bangun pagi untuk berangkat kerja dan pulang kerja. Kita sendiri yang harus mengatur dan membuat jadwal untuk pengerjaan project secara mandiri.

Membuat jadwal pasti setiap harinya akan menjadikan pekerjaan semakin terkontrol dan efesien. Sangat mengasyikan mengatur jadwal kerja dan jadwal istirahat dari pekerjaan anda secara mandiri.

4. Alat penunjang

Menjadi freelance tentu harus memiliki alat menunjang dalam pekerjaan. Laptop dan koneksi internet yang stabil tentu wajib dimiliki oleh para freelancer.

5. Rajin update informasi

Nah ini yang penting, selalu rajin periksa email dan situs terkait freelance akan membantu lebih cepat dalam mendapatkan informasi pekerjaan freelance. Istilah lebih cepat lebih baik memang sangat sesuai untuk menggambarkan pengerjaan project.

Tips diatas jika diterapkan akan membantu dalam kegiatan menyelesaikan project freelance. Perlu diingat, para freelancer harus memiliki ketekunan dan kesabaran.

Sebab menjadi freelance di awal-awal waktu akan sedikit sulit dan butuh kesabaran, income yang didapatpun hanya sedikit.

Tetapi lambat laun tentu income akan bertambah sejalan dengan semakin lama dan pengalaman menjadi freelancer. Akhir kata , semoga tips tersebut bermanfaat dan semangat untuk terus mendapatkan income.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam