5 Tips Mempertahankan Berat Badan Ideal

Kesehatan merupakan hal fundamental yang dapat menunjang manusia dalam melakukan berbagai aktivitas, terutama pada masa kini, di mana kesehatan telah menjadi topik penting dalam setiap pembahasan. Jika membicarakan kesehatan maka hal tersebut tidak terlepas dari bagaimana seseorang bisa menjaga berat badan yang ideal.

Menurut tinjauan oleh dr. Patricia Lukas Goentoro, berat badan ideal adalah suatu keadaan di mana berat badan yang dianggap menyehatkan, merujuk pada tinggi badan individu tersebut. Semakin ideal berat badan seseorang maka harapan hidup yang dimiliki semakin tinggi. Hal tersebut disebabkan, berat badan ideal dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit, seperti penyakit hipertensi, jantung, diabetes, osteoporosis, dll.

Dalam menentukan berat badan ideal seorang individu, cara mudah yang dapat dipakai adalah menggunakan rumus Broca:

Berat badan terkini (dalam kg) = tinggi badan terkini (dalam cm) – 100

Dengan demikian, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk mempertahankan berat badan idealnya.

1. Konsisten Dalam Mengikuti Jadwal Makan

Jika ingin mempertahankan berat badan ideal maka konsistensi mengikuti jadwal makan adalah hal penting yang harus dipatuhi. Hal ini harus dilakukan agar tubuh memiliki pola makan yang teratur, seimbang (4 sehat 5 sempurna), dan dapat mengerti kapan jadwal tubuh mendapatkan asupan sehingga berat badan terjaga. Sebagai contoh, apabila seseorang telah membuat jadwal makan harian di pagi hari pada pukul 07.00 WIB, siang hari pukul 12.00 WIB, dan malam hari 17.00 WIB maka wajib disiplin dalam mengikuti jadwal yang ada. Apabila seseorang tidak memiliki jadwal makan teratur maka hal tersebut akan memengaruhi fungsi tubuh, dan proses metabolisme akan terganggu.

2. Perhatikan Porsi Makanan Yang Dikonsumsi

Hal penting yang harus dilakukan berikutnya adalah memperhatikan porsi makanan yang diambil. Artinya, seseorang tidak boleh mengambil porsi yang melebihi batas normal. Jika porsi normal seseorang adalah 1 porsi maka jangan mengambil 3 porsi. Apabila mengambil melebihi porsinya maka beban kerja lambung dalam mencerna makanan, akan meningkat secara signifikan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas. Oleh karena itu, seseorang tetap dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kesukaannya tetapi harus tetap memperhatikan porsi yang dikonsumsinya.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan dengan memperhatikan kemampuan tubuh seseorang. Jangan melakukan olahraga yang melebihi kapasitas tubuh karena berisiko mencederai bagian tubuh dan membuat tubuh sakit ketika melakukan suatu jenis olahraga tertentu. Apabila seseorang hanya mampu melakukan jogging atau lari kecil hal tersebut tetap memberikan manfaat bagi tubuh karena ketika berolahraga, tubuh membuang kalori dan zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh. Cobalah untuk menjadwalkan olahraga 3x – 4x dalam seminggu untuk memberikan kebugaran terhadap tubuh.

4. Perbaiki Waktu Tidur

Semakin sering seseorang terjaga di malam hari (begadang) risiko kenaikan berat badan akan selalu ada. Hal tersebut dapat terjadi karena ketika seseorang begadang maka nafsu makan seseorang akan meningkat, dan hal terpenting yang harus diketahui adalah kemampuan metabolisme tubuh akan menurun sehingga tidak bisa membakar kalori dengan baik. Dengan demikian, mulailah secara perlahan untuk memperbaiki jam tidur, dan usahakan untuk tidur sekitar pukul 22.00 WIB.

5. Tanamkan Sikap Optimisme Dalam Menjalani Proses

Ketika bertekad untuk menjaga berat badan ideal, jangan pernah melupakan rasa yakin terhadap diri sendiri bahwa hal tersebut bukanlah hal mustahil untuk dilakukan. Fungsi dari sikap optimisme dapat membantu pikiran bawah sadar dalam menyadarkan pikiran sadar seseorang untuk menjaga semangat beraktivitas dan konsistensi terhadap hal yang dikerjakan. Tetap nikmati prosesnya, dan secara perlahan kita akan mendapatkan hasil yang diinginkan.   

3 thoughts on “5 Tips Mempertahankan Berat Badan Ideal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam