Manfaat Blockchain dalam Dunia Bisnis dan Cara Kerjanya

Manfaat Blockchain dalam Dunia Bisnis

Manfaat blockchain dalam dunia bisnis perlu Anda ketahui. Terdapat berbagai manfaat blockchain yang bisa berguna dalam memajukan bisnis. Mungkin bagi orang awam masih asing dengan blockchain ini karena memang belum banyak yang mengetahuinya. Padahal teknologi tersebut memiliki peran efektif dalam proses kelancaran bisnis.

Berbagai Manfaat Blockchain dalam Dunia Bisnis dan Penjelasan Cara Kerja

Blockchain merupakan suatu catatan data yang dikelola dalam perangkat komputer. Dalam blockchain tidak memiliki data yang sama dengan entitas lain. Berbagai data tersebut akan aman dan diikat dengan satu dengan menggunakan prinsip kriptografi.  

Catatan data tersebut tidak memiliki otoritas pusat. Hal itu karena di dalam data merupakan catatan buku besar yang tersebar dan tidak akan berubah. Seluruh informasi dalam blockchain apa saja bisa melihatnya karena memiliki sifat terbuka. 

Maka dari itu umumnya blockchain akan bersifat transparan tetapi, siapa saja yang terlibat harus bertanggung jawab dengan tindakan yang telah mereka lakukan. Blockchain dapat melakukan pencatatan data secara permanen setiap transaksi yang terjadi. Blockchain sebagai pusat data dirancang untuk menyimpan informasi elektronik dengan format digital agar bisa menjaga catatan transaksi yang aman.

Berbagai Manfaat Blockchain

  1. Mengamankan Transaksi
    Blockchain memang memiliki manfaat karena bisa mempertahankan catatan transaksi dengan aman. Sampai saat ini blockchain juga bermanfaat untuk mengamankan transaksi dalam cryptocurrency seperti mata uang digital sampai Bitcoin.
  2. Sebagai Buku Kas Digital
    Selain itu, manfaat blockchain dalam dunia bisnis juga terdapat pada bidang keuangan. Hal itu karena blockchain bisa sebagai buku kas digital yang siapa saja bisa mengaksesnya di mana saja dan kapanpun dengan mudah.
  3. Mempermudah Transaksi
    Selain itu secara tidak langsung blockchain juga bisa mempermudah semua proses transaksi yang terjadi. Dengan transaksi yang lebih aman tersebut tentu bisa meminimalisir penyalahgunaan data seperti adanya penyuapan dan korupsi.

Cara Kerja dari Blockchain

Blockchain merupakan sebuah teknologi yang bermanfaat dalam dunia bisnis. Blockchain sebagai teknologi peer to peer sehingga integritas informasi digitalnya dilindungi. Teknologi ini memiliki peran sebagai buku besar transaksi yang telah terdesentralisasi dengan jaringan peer to peer. Ini bisa mencatat sudah berurutan transaksi mulai dari awal sampai akhir.  

Setiap transaksi tersebut akan masuk dalam, lalu pada blok tersebut akan terhubung satu dengan yang lainnya. Daftar transaksi tersebut bisa terkunci secara bersama penanda yang unik dalam setiap blok. Setiap blok tersebut akan ditambahkan pada blok selanjutnya, sehingga bisa menciptakan rantai yang tidak bisa diubah. Dalam blok umumnya terdiri dari informasi transaksi saat ini dan kode unik dari blok yang sebelumnya.  

Apabila salah satu dari blok rusak maka akan menyebabkan kode unik berubah. Dengan begitu bisa membuat semua blok selanjutnya tidak valid dan benar. Ketika satu blok rusak maka semua kode unik berikutnya akan melalui perhitungan ulang. Hal itu bisa memungkinkan rantai blok akan tersusupi dengan data lain.  Nah, itu tadi ulasan tentang beberapa manfaat blockchain dalam dunia bisnis. Blockchain memiliki beberapa manfaat yang bisa menunjang keamanan transaksi dalam bisnis. Cara kerja blockchain yang sudah dilindungi dan terdesentralisasi tentu bisa membuat transaksi semakin aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam