5 Cara Bikin Presentasi Kamu Berkesan

Kali ini abang membuat tips lagi nih dan masih seputar Microsoft Office. Sebelumnya kita pernah bahas bagaimana menggunakan Microsoft Visio, terus bahas formula pada Microsoft Excel.

Nah sekarang bagaimana cara kamu bikin powerpoint yang berkesan di mata dosen, teman, pacar, gebetan, atau bos kamu dengan Microsoft PowerPoint.

Tentu kamu sudah tahu apa itu PowerPoint, tapi kalaupun belum tahu maka PowerPoint adalah salah satu produk Microsoft untuk membuat presentasi.

Dengan PowerPoint, kamu dapat membuat atau mendesain sesuai kebutuhan presentasi kamu dengan sangat interaktif dan tampil beda. Berikut abang kasih tahu fitur-fiturnya.

1. SmartArt

Fitur ini termasuk favorit atau cukup sering digunakan apabila ada informasi yang ingin dijelaskan dalam bentuk poin-poin atau bagan. Caranya mudah, dengan pilih Insert >> Illustrations >> SmartArt.

Banyak sekali ragam dari SmartArt ini, dari list, process, cycle, hierarchy, relationship, matrix, pyramid, picture, dan lainnya.

Gambar 1 SmartArt

Dengan fitur ini, selain bentuknya macam-macam, warnanya pun dapat kamu sesuaikan agar selasar dengan mood presentasi yang kamu buat, dengan begitu kamu dapat mendesain slide presentasi kamu dengan sangat keren tentunya.

2. Animations

Kalau sudah pernah pakai PowerPoint tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur ini. Fitur ini dapat memberikan efek animasi ke semua bentuk objek baik gambar, bentuk, tulisan, dan apapun yang ada pada di PowerPoint.

Gambar 2 Animations

Fitur ini ada pada Animations dan fungsinya ada fitur-fitur efeknya, opsi efeknya (bisa di set per objek, semua atau per paragraf), advanced animation (setting lebih lanjut efek tersebut), dan timing (setting kapan muncul dan bagaimana jalan efek tersebut).

3. Hyperlink

Fitur ini sama seperti animations yang di mana cukup favorit dan biasa digunakan pada PowerPoint dalam membuat sebuah slide presentasi. Fiturnya ada pada Insert >> Links >>Add a Hyperlink atau Link.

Dengan fitur ini, ada bisa me-link kan suatu objek baik gambar, bentuk, tulisan, dan apapun yang ada pada di PowerPoint ke website, ke slide pada presentasi yang kamu buat saat itu, bikin dokumen bahkan bisa diarahkan ke fitur email.

Gambar 3 Hyperlink

Seperti pada Gambar 3, pada objek Hi di arahkan ke slide nomor 5. Itu berarti setiap ada aksi klik objek Hi tersebut akan pindah ke slide nomor 5 dengan isinya ada Nice Job.

4. Transitions

Pada fitur ini, menurut abang menjadi update terbaik saat versi Microsfot Excel 2010 yang di mana membuat transisi antar slide menjadi sangat baik dan terkesan profesional.

Ada beberapa bentuk transition ini, ada 3 kategori utama pada fitur ini; Subtle, Exciting, dan Dynamic Content. Dari 3 kategori tersebut banyak sekali bentuk transisi, seperti morph, fade, reveal, origami, honeycomb, dan masih banyak lagi.

Gambar 4 Transitions

Fitur ini terdiri dari beberapa fungsi pendukung, diantaranya adalah macam-macam pilihan efek transisi tentunya terus opsi efeknya, dan timing untuk mengatur dari efek suara, waktu dan bagaimana alur transisi antar slide itu dijalankan.

5. Chart

Aneh rasanya apabila dalam sebuah presentasi tidak ada bentuk chart, dengan chart maka kita dapat menampilkan grafik dari sebuah data dengan rapih dan mudah dipahami serta dijelaskan tentunya.

Fitur ini ada pada Insert >>Chart. Pada fitur ini ada berbagai bentuk chart, diantaranya ada column, line, pie, bar, area, map, stock, surface, radar, sunburst, dan masih banyak lagi, seperti pada Gambar 5 yaitu pilihan chart.

Gambar 5 Pilihan chart

Fiturnya pun sama seperti fitur chart pada Microsoft Excel maupun Word yang di mana dapat mengganti warnanya, edit bentuk chartnya, edit data chartnya dan sebagainya. Seperti pada Gambar 6 berikut ini.

Gambar 6 Editing chart

Gimana fitur-fitur di atas, sangat inpiratif dan mencengangkan bukan? Nah cukup kagetnya, sekarang abang sarankan kamu coba langsung jadi PowerPoint kamu bisa menjadi keren dan bisa dapat pujian dari dosen atau bos kamu, see yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!