Mengenal 6 Jenis Literasi

Sumber gambar: pijarnews.com

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata literasi? Tentu tak jauh-jauh dari kemampuan seseorang dalam membaca atau menulis bukan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) literasi didefinisikan sebagai 1] kemampuan menulis dan membaca, 2] pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu, 3] kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Selain itu, menurut Alberta Education, makna lebih dalam dari literasi selain kemampuan baca tulis adalah keterampilan dan kemampuan yang membuat seseorang dapat berpikir kritis, memecahkan masalah, berkomunikasi dengan efektif dan kemampuan seseorang mengembangkan potensi serta berpartisipasi di masyarakat.

Dari penjelasan di atas, kita jadi tahu ya arti literasi tidak hanya sebatas kemampuan membaca dan menulis. Lalu apa saja 6 jenis dari literasi?

Jenis-Jenis Literasi

  1. Literasi Baca Tulis

Literasi ini adalah literasi yang dikenal umat manusia pertama kali. Literasi ini merupakan bagian dari dasarnya literasi. Kemampuan dalam membaca dan menulis berhubungan dengan penuangan gagasan dalam tulisan serta kemampuan memahami tulisan.

2. Literasi Numerasi

Literasi dasar lainnya yaitu literasi numerasi. Literasi ini banyak membantu kita dalam menganalisis masalah matematis yang berhubungan dengan simbol dan angka. Dengan literasi ini, kita akan mudah melakukan perhitungan ataupun melakukan prediksi. Kita juga dimudahkan dalam memecahkan masalah sehari-hari di kehidupan kita.

3. Literasi Sains

Literasi ini menekankan pada kemampuan dalam memahami fenomena alam di sekitar kita serta fenomena sosial. Dengan literasi ini, kita akan lebih dapat menikmati hidup dengan aman dan hidup sehat.

4. Literasi Finansial

Tentu literasi ini berhubungan dengan masalah keuangan. Literasi ini memiliki manfaat pada kesejahteraan keuangan yang baik dan memudahkan kita dalam penerapan konsep, kesiapan terhadap risiko, dan pemahaman finansial.

5. Literasi Digital

Literasi ini menjadi literasi yang sangat penting di era sekarang. Literasi ini berhubungan dengan kecakapan seseorang dalam menggunakan internet dan komputer. Tak hanya itu, literasi ini juga berhubungan dengan pemanfaatan media digital, pemahaman penyaringan informasi, pembuatan konten, dan kemampuan berpikir kritis.

6. Literasi Budaya dan Kewargaan

Literasi budaya mencakup seputar hak serta kewajiban warga negara. Pemahaman kita dalam menempatkan diri sebagai bagian dari warga negara dalam sebuah negara yang memiliki berbagai suku, budaya, adat istiadat, agama/kepercayaan, bahasa daerah, dan keberagaman merupakan bagian dari literasi ini.

Sumber: Diadaptasi dari Laporan World Economic Forum (2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!