Waspadalah! Kejahatan Gendam di Sekitar Kita, Berikut Tips untuk Menghindarinya

Kejahatan gendam adalah tindakan kriminal berupa penipuan yang menggunakan metode hipnotis. Bahkan menurut kebanyakan orang, penjahat beraksi dengan menggunakan ilmu hitam/magis/sihir.

Secara teknis, gendam merupakan salah satu atau gabungan dari metode hipnotis modern yang terdiri atas Shock Induction , Ericksonian Hypnosis, dan Mind Control. 

Selain begal, kejahatan yang tengah marak dan meresahkan masyarakat saat ini adalah gendam. Mereka melancarkan aksinya secara berkelompok. Modus kejahatan adalah dengan menghipnotis para korbannya. 

Tips-tips Menghindari Kejahatan Gendam yang Mudah Diterapkan

Berbagai kejahatan yang terjadi adalah karena adanya kesempatan untuk melakukannya, termasuk gendam. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk lebih waspada mengingat kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Pelaku gendam suka beroperasi di tempat-tempat umum seperti pasar, baik pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan. Korbannya paling banyak adalah wanita. Meningkatkan kewaspadaan saja belum cukup menjadi cara untuk menghindari gendam. Selain itu, Anda perlu menerapkan brbagai tips berikut.

1. Yakin Pada Diri Sendiri

Gendam atau hipnotis adalah proses dimana kita mengajak atau menghipnotis diri kita sendiri (self hypnosis). Pelaku akan memanfaatkan ketakutan yang tiba-tiba muncul dari dalam diri kita

Satu hal yang pasti dan harus selalu Anda ingat adalah bahwa hipnotis tidak akan berhasil mempengaruhi diri kita selama kita yakin bisa menolaknya. 

2. Waspada Terhadap Orang yang Baru Dikenal

Meskipun mencurigai orang itu tidak baik, namun demi keselamatan diri ini wajib dilakukan. Seluruh proses gendam berupa teknik komunikasi persuasif yang sifatnya mempengaruhi.

Berhati-Hati Pada Orang yang Menepuk Pundak Anda

Para pelaku hipnotis melancarkan aksinya dengan menepuk pundak atau punggung korbannya. Saat korban berhasil dibawah kendali pelaku, maka kesempatan inilah yang dimanfaatkan untuk menguras aset berharga yang dimiliki korban.

Korban akan tersadar dari hipnotis setelah pelaku meninggalkannya. Oleh karena itu, Anda harus waspada terhadap orang yang menepuk pundak atau punggung Anda, dan sebisa mungkin jauhkan diri Anda segera dari orang tersebut.

3. Hindari Memakai Perhiasan Berlebihan

Pelaku kejahatan gendam mengincar korban yang dianggap bisa menjadi ladang emas bagi mereka. Dengan memakai perhiasan berlebihan atau membawa uang banyak, berarti secara tidak langsung menunjukkan bahwa Anda adalah sasaran empuk yang tepat dijadikan incaran komplotan pelaku gendam.

Sebaiknya, hindari memakai perhiasan atau sama sekali tidak usah mengenakannya. Bawa saja uang tunai secukupnya, jangan berlebihan.

4. Ajak Teman

Mengajak teman juga bisa menjadi cara untuk menghindari gendam. Hal ini bertujuan untuk saling mengingatkan sehingga pelaku gendam akan berpikir 2 kali untuk mendekati Anda dan rombongan.

5. Laporkan Pada Petugas Keamanan Jika Ada Sesuatu yang Mencurigakan

Pelaku gendam melakukan aksinya secara berkelompok, dan pura-pura tidak mengenal satu sama lain. Waspadalah jika tiba-tiba saja ada sekelompok orang yang mengerumuni Anda tanpa sebab yang jelas. Segera pergi menghindar dan cari tempat ramai. Bila memungkinkan laporkan saja pada petugas keamanan yang bertugas.

Kejahatan gendam dapat dihindari dengan perilaku Anda sendiri. Gendam adalah momok bagi masyarakat luas yang harus segera diberantas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam