10 Sekolah Terbaik Di Indonesia Tahun 2022 Menurut LTMPT

Dambaan siswa dan orang tua siswa saat ini adalah dapat masuk ke sekolah unggulan. Banyak hal yang menjadi penyebab sekolah-sekolah unggulan ini menjadi incaran banyak siswa.

Beberapa alasan yang menyebabkan sekolah unggulan ini diincar oleh banyak siswa dan juga orang tua siswa diantaranya adalah:

4 Variabel Penilaian Sekolah Unggulan

1. Lingkungan Yang Baik

Salah satu alasan utama memasuki sekolah unggulan adalah agar dapat menemukan teman-teman yang memiliki keunggulan dalam hal akademis. Untuk memasuki sekolah yang unggulan tentunya tidak sembarang siswa dapat memasukinya. Untuk saat ini pada sekolah-sekolah negeri siswa akan disaring dengan nilai kelulusan pada tingkatan sebelumnya dan pada sekolah-sekolah swasta unggulan juga memiliki tes ujian masuk yang harus ditempuh. Oleh karena itu, siswa-siswa di sekolah unggulan telah tersaring terlebih dahulu.

2. Guru yang berkualitas

Alasan kedua adalah memasuki sekolah unggulan maka siswa juga akan mendapatkan guru-guru yang berkualitas yang dapat meningkatkan kualitas belajar para siswanya.

3. Fasilitas yang lebih lengkap

Alasan lain sekolah unggulan di incar adalah fasilitas sekolahnya yang lebih lengkap daripada sekolah-sekolah lainnya. Bahkan disekolah unggulan negeri, fasilitas-fasilitasnya banyak yang telah cukup baik dan telah memanfaatkan jaringan internet dalam hal belajar mengajar.

4. Peluang masuk Perguruan Tinggi favorit

Dengan lingkungan dan fasilitas-fasilitas yang mendukung, para siswa sekolah unggulan dapat belajar lebih maksimal dan dengan standar nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah umum lainnya. Dengan tingkat persaingan sehat yang baik, pada umumnya siswa akan bersaing dalam hal nilai sehingga peluang memasuki perguruan tinggi favorit semakin terbuka.

Setelah mengetahui beberapa alasan penting mengapa sekolah-sekolah unggulan tersebut layak untuk diperjuangkan. Kita juga perlu mengetahui sekolah-sekolah mana saja yang menjadi unggulan di Indonesia ini. Sehingga kita dapat menentukan dari jauh hari mana sekolah yang akan kita incar untuk dimasuki.

Salah satu lembaga yaitu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT, mengeluarkan daftar sekolah semengah tingkat atas terbaik di Indonesia untuk tahun 2022. Pemeringkatan yang dilakukan LTPMT ini dilihat dari nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK. Dikutip dari YouTube LTMPT, Mochammad Ashari selaku ketua LTMPT menyatakan bahwa pemeringkatan sekolah menengah tingkat atas ini merupakan suatu bentuk informasi kepada masyarakat umum bagi yang ingin mengetahui posisi sekolah yang mengikuti UTBK pada tingkat nasional.

Perhitungan pemeringkatan ini menggunakan metoda perhitungan yaitu nilai UTBK dihitung berdasarkan hasil Tes Potensi Skolastik atau TPS dan ditambah dengan hasil Tes Kemampuan Akademik atau TKA. Ada pun perbandingan hasil tersebut adalah TPS sebesar 60% dan TKA sebesar 40%. Ada pun sekolah yang memenuhi kriteria ini adalah sejumlah 3.381 sekolah dengan jumlah siswa yang memenuhi kriteria sejumlah 515.165 siswa.

10 SMA Terbaik di Indonesia Menurut LTMPT 2022

Berikut 10 peringkat teratas sekolah menengah atas (SMA) di Indonesia pada tahun 2022 menurut LTMPT:

  1. MAN INSAN CENDEKIA SERPONG. Nilai 666,494
  2. SMA KATOLIK ST.LOUIS 1. Nilai 641,482
  3. SMA PRADITA DIRGANTARA. Nilai 640,747
  4. MAN INSAN CENDEKIA PEKALONGAN. Nilai 637,499
  5. SMAN 8 JAKARTA. Nilai 635,347
  6. SMA LABSCHOOL KEBAYORAN. Nilai 634,304
  7. SMAS KANISIUS JAKARTA. Nilai 632,269
  8. SMAN 2 JAKARTA. Nilai 631,421
  9. SMAS BPK 1 PENABUR BANDUNG. Nilai 630,562
  10. SMAN 68 JAKARTA. Nilai 629,223

Demikian artikel mengenai alasan penting mengapa siswa perlu masuk ke sekolah unggulan, beserta daftar 10 SMA teratas versi LTMPT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam