Mudah dan Simple, Ketahui 5 Tips Mengatasi Komputer Lemot

tips mengatasi komputer lemot

Tips mengatasi komputer lemot ada banyak caranya, dimana tidak membutuhkan waktu yang lama. Komputer kini menjadi perangkat yang harus ada dan tidak boleh dilewatkan. Sebab, dengan adanya perangkat ini semua hal bisa pengguna akses secara mudah dan cepat.

Penggunaan komputer pastinya juga harus diperhatikan dengan baik. Sebab, jika pengguna menggunakan perangkat ini secara asal-asalan hanya akan merugikan diri sendiri. Untuk itu, sebagai pengguna yang baik Anda harus tetap menjaga dan merawatnya secara rutin.

Penggunaan komputer bisa rusak sewaktu-waktu, mulai dari performanya menurun bahkan baterai atau komponen lainnya. Jika komputer digunakan secara terus-menerus, maka secara otomatis laptop bisa saja mengalami kerusakan atau penurunan fungsi.

5 Tips Mengatasi Komputer Lemot, Mudah dan Cepat

Ada banyak tips mengatasi komputer lemot yang bisa diterapkan dan lakukan bagi pengguna di luar sana. Seperti produk elektronik lainnya, komputer pasti akan mengalami perubahan, yang awalnya baru tapi ketika sudah digunakan lama bisa lemot atau bahkan rusak.

Selain itu juga bisa mengalami banyak hal, mulai dari keyboard agak lemot dan sistem komputer tidak bisa dikendalikan lagi. Pastinya hal itu akan memperlambat kegiatan Anda setiap harinya. Apalagi Anda seorang siswa atau pekerja kantoran. Maka dari itu, hal paling tepat untuk bisa dilakukan yakni memperbaikinya dengan cara di bawah ini.

1. Uninstall Software yang Tidak Diperlukan

Cara pertama agar laptop Anda tidak lemot yakni menguninstal software yang tidak penting. Laptop lemot penyebabnya bisa kebanyakan aplikasi. Maka dari itu copot beberapa aplikasi yang sekiranya tidak Anda perlukan lagi.

Hal ini akan mengurangi berat penyimpanan laptop. Anda bisa menyeleksi terlebih dahulu, aplikasi mana yang tidak penting. Anda juga bisa cek aplikasi yang tidak sengaja terpasang ketika browsing.

2. Rutin Membersihkan Cache

Laptop yang Anda gunakan dalam waktu lama pastinya menyimpan banyak sampah, cache atau temporary files. Jadi cache ini harus Anda bersihkan secara rutin. Sebab, bisa membuat ruang penyimpanan penuh.

Cara membersihkannya mudah sekali, hanya tinggal buka Drive C, atau Drive D, berikutnya pilih “Properties”, kemudian “General”, dan terakhir “Disk  Cleanup”.

3. Tambahkan Kapasitas Memory

Cara ketiga yakni dengan menambahkan kapasitas memory. Pada saat membeli laptop atau komputer, terkadang Anda membeli laptop yang murah dengan RAM kecil. Padahal Anda ingin mempunyai laptop lebih nge-gas.

Penambahan kapasitas RAM 8 GB atau RAM 16 GB dapat Anda disiasati setelah mempunyai kocek lebih. Akan tetapi, Anda jangan asal menambah kapasitas RAM, perhatikan spesifikasi RAM serta kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada komputer.

4. Gunakan Antivirus yang Ringan

Banyak program antivirus yang membuat kinerja laptop menjadi lebih berat. Pilihlah varian antivirus yang ringan dan tidak akan membebani laptop Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan antivirus seperti Norton dan BitDefender yang enteng dan tidak memakan resources banyak ketika digunakan.

5. Matikan Program yang Otomatis Dijalankan Saat Startup

Beberapa program pada Windows 10 akan berjalan secara otomatis saat laptop dihidupkan. Agar kinerja lapotop semakin ringan Anda dapat mematikan beberapa program yang berjalan saat startup. Bukalah Task Manager dan pilih tab startup, lalu periksa di dalamnya apakah terdapat program yang membebani proses startup.

Jadi itu tadi 5 tips mengatasi komputer lemot yang bisa Anda lakukan. Lakukan segera cara di atas, sebelum laptop Anda mengalami kerusakan yang berat dan ujung-ujungnya ganti baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam