Tips dan Trik untuk Penulis Pemula – Part 2

Halo apa kabarnya nih kalian? hari ini abang akan melanjutkan pembahasan tentang apa saja tips dan trik untuk menjadi seorang penulis.

Untuk kalian yang baru baca ini, bisa ikutin artikel abang yang sebelumnya di part 1. Nah untuk yang sudah membaca di part sebelumnya, bagaimana udah kalian coba?

Apakah ada kesulitan atau hal lainnya? bisa tulis dikomentar artikel ini yah. Kalau sudah mencoba, sebelumnya membahas bagaimana kalian harus melakukan terlebih dulu.

Bagaimana kalian dapat konsisten dan mulai bercerita dari tema-tema tulisan yang sederhana. Sebagaimana yang sempat saya bilang, kalau menulis itu perlu ada kebiasaan.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih detail lagi saat menulis. Seperti konsep bagaimana dapat ide dan hal lainnya. Tidak perlu berlama-lama, so lets check this out!

Konsep Penulisan

Pada part 1, kita sempat membahas genre dan cerita. Pada saat bercerita, kita perlu namanya konsep. Konsep ini adalah sebuah ide atau garis merah yang ingin disampaikan dalam suatu tulisan.

Itu berarti konsep adalah bagian paling penting dalam penulisan. Tanpa konsep maka cerita tersebut tidak ada meaning atau arti.

Dalam pembuatan konsep, ada beberapa yang perlu diperhatikan. Pertama adalah tema, tema menjadi awalan dari sebuah penulisan. Sebagai contoh, ada sebuah cerita yang isinya adalah pengalaman saat mudik.

Saat mudik, dijalan penuh akan kendaraan dan saling mengantri untuk sampai tujuan. Contoh tersebut menjelaskan bahwa tema dari cerita tersebut adalah mudik.

Tema akan menentukan penulis ingin membawa pembaca kearah yang mana. Seolah-olah penulis menggiring pembaca ke akhir dari sebuah cerita.

Kedua adalah pesan, seperti yang sebelumnya. Saat menentukan tema maka selanjutnya adalah apa pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Hal tersebut akan membantu kalian untuk dapat merangkai kalimat dalam cerita tersebut. Seperti ini contohnya, misalkan kalian membuat tema cerita horror.

Pesan yang ingin kalian sampaikan dalam cerita horror tersebut adalah ingin membawa pembaca tuh walau ada gangguan dari makhluk gaib tapi kita harus tetap berani.

Selain itu pesan lainnya tuh pembaca harus percaya ada kekuatan yang lebih kuat dari itu melalui pendekatan agama.

Berdasarkan pesan tersebut maka bentuk ceritanya nanti banyak rasa yang akan disajikan seperti mencekam dan misteri sambil memberikan harapan kepada pembaca untuk tetap berani dan pendekatan agama.

Maka dari itu pesan memiliki nilai penting dalam sebuah konsep cerita. Selanjutnya untuk ketiga adalah ide/premis utama atau garis merah dari cerita.

Misalkan pakai contoh sebelumnya, karena temanya horor dan ada pesan pendekatan agama. Maka bisa premisnya seperti ada pendaki gunung yang sedang mendaki gunung yang kramat.

Pada pendaki sedang perjalanan mampir ke desa yang dilewati saat mendaki, saat itu pendaki berpikir untuk beristirahat sebentar sebelum dia melanjutkan kembali perjalanan.

Tapi ternyata desa tersebut adalah desa gaib, selama di desa tersebut pendaki berusaha untuk tetap selamat dan keluar dari desa gaib.

Ternyata pendaki itu udah hilang hampir 3 hari dan sudah melakukan pencarian oleh petuga. Akhirnya petugas memanggil petinggi agama disana untuk ikut membantu. Akhirnya pendaki dapat selamat karena dibantu oleh kyai disana.

Nah itulah premis, jadi menyatukan semua anatara tema dan pesan yang ingin disampaikan penulis dalam cerita yang dibuatnya.

Pentingnya Konsep

Berdasarkan penjelasan abang maka kalian pasti sudah tergambar betapa pentingnya sebuah konsep. Adanya konsep membuat rangka cerita kalian menjadi jelas.

Dari babak 1, 2, 3 dan akhir cerita menjadi fokus. Masalah dan solusi dalam sebuah cerita yang menjadi premisnya menjadi tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

Membuat pembaca tidak bingung atau fatalnya pesan yang ingin disampaikan malah tidak tersampaikan kepada pembaca.

Itulah mengapa konsep itu sangatlah penting. Disini abang akan menjelaskan alasan kenapa konsep itu sangatlah penting, pertama adalah membuat cerita yang kalian bangun menjadi lebih fokus.

Konsep yang jelas akan membantu kalian tetap fokus pada tujuan penulisan dan menghindari penyimpangan. Selanjutnya adalah dengan adanya konsep maka bentuk cerita atau strukturnya lebih jelas.

Adanya konsep dapat menjadi pedoman dalam membangun struktur tulisan kalian, dari pendahuluan hingga penutup.

Ketiga, dengan kalian menggunakan konsep maka tulisan kalian akan menjadi lebih koheren dan mudah dipahami.

Terakhir dengana adanya konsep mebuat certia yang kalian buat memiliki unsuryang unik akan membuat tulisanmu menonjol dan menarik perhatian pembaca.

Cara Buat Konsep yang Kuat

Setelah kalian tahu betapa pentingnya konsep maka selanjutnya bagaimana kalian membangun konsep yang kalian buat kuat dan menjadi cerita yang solid.

Ada beberapa cara untuk membuat konsep yang kuat, pertama adalah dengan mulailah dengan menuliskan semua ide yang muncul di pikiran kalian terkait topik yang ingin kalian bahas.

Kalian bisa tulis beberapa ide tersebut di kertas atau di awal saat mengetik cerita. Jangan batasi dulu ide kalian, keluar semua ide kalian saat itu bahkan ide kalian itu terlihat aneh.

Karena kadang ide yang aneh justru ada unsur unik dan menarik, jadi jangan ragukan akan ide yang keluar dari pikiran kalian.

Selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah visualisasikan semua ide-ide kalian tulis dengan titik-titik dan kalian akan tarik garis antar ide tersebut yang dimungkinkan dapat bisa saling dikaitkan.

Kalian akan melihat ide-ide yang bisa dikaitkan dan tidak. Untuk ide yang tidak ada hubungannya maka kalian bisa hapus ide tersebut.

Pada garis tersbut kalian berikan label dan menuliskan apa yang bisa menghubungkan ide-ide tersebut. Selain itu kalian bisa berikan pertanyaan-pertanyaan untuk ide-ide tersebut.

Seperti “Apakah ini penting?”, “Alasan kenapa ini penting?”, “Bagaimana dampaknya?”, “Bagaimana respon yang harus diberikan apabila dampaknya ini?”.

Terakhir adalah kalian bisa lakukan pengumpulkan informasi yang cocok dengan ide kalian untuk membangun premis ceritanya.

Misalkan kalian bica cari contoh-contoh kisah atau cerita yang mendukung konsep kalian, baik dari kehidupan nyata maupun karya sastra lainnya.

Kesimpulan

Bagaimana dengan penjelasan konsep yang abang berikan? apakah kalian udah paham dari apa yang abang jelaskan?

Agar kalian lebih paham, coba kalian terapkan contoh-contoh dan tips yang abang berikan. Apabila ada yang kebingungan, kalian bisa tulis pertanyaan dibawah artikel ini.

Berikutnya kita akan membahas lebih detail lagi terkait tulisan atau cerita yang nantinya kalian bangun, see yaaa..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam