Tinjauan Pustaka dalam Karya Ilmiah

Beberapa orang seringkali mengalami kesulitan dalam menulis tinjauan pustaka dalam karya ilmiahnya. Hal ini karena sebagian besar belum tahu tentang apa sebenarnya tinjauan pustaka itu sendiri. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan informasi tentang pengertian tinjauan pustaka, tujuan tinjauan pustaka, dan apa yang dilakukan ketika menulis tinjauan pustka.

Apa Tujuan Tinjauan Pustaka?

Dalam karya tulis yang lebih besar, seperti skripsi, thesis, atau disertasi, tinjauan Pustaka biasanya merupakan salah satu tugas pertama yang dilakukan setelah memutuskan suatu topik.

Melakukan tinjauan pustaka membangun keakraban dan pemahaman Anda tentang penelitian saat ini di bidang tertentu sebelum melakukan penyelidikan baru. Dengan melakukan tinjauan pustaka, Anda dapat menemukan gap penelitian; apa yang sudah diteliti dana pa yang belum.

Saat melakukan dan menulis tinjauan Pustaka, Anda harus:

-meringkas dan menganalisis penelitian dan teori sebelumnya;

-mengidentifikasi area kontroversi dan klaim yang diperdebatkan;

-menyorot setiap kesenjangan yang mungkin ada dalam penelitian sampai saat ini.

Apa yang dilakukan ketika menulis Tinjauan Pustaka?

Merencanakan, mengembangkan, dan menulis tinjauan pustaka Anda dapat lakukan degan mengumpulkan refresi terbaru sebanyak-banyaknya.

Tinjauan pustaka merupakan sebuah karya ilmiah. Maka dari itu, Anda harus menuliskannya dengan menggunakan Bahasa yang ilmiah juga. Tulisan And harus disertai argument-argumen yang didukung oleh bukti-bukti yang terpercaya sumbernya.

Selain itu, dalam menulis tinjauan pustaka, Anda harus bisa berfikir kritis. Befikir kritis lebih dari sekadar mendeskripsikan apa yang telah Anda baca. Anda harus mensintesis, analisis, dan evaluasi apa yang telah Anda pelajari untuk mengembangkan argumen atau posisi Anda sendiri.

Yang tidak kalah penting dalam penulisan tinjauan pustaka, Anda harus menyunting (editing) dan membaca ulang (proofreading) sebelum ada mengirimkan tulisan Anda ke dosen ataupun jurnal untuk diterbitkan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam editing ataupun proofreading, silakan kontak kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam