SNBP 2023 Menghitung Hari, Ini Regulasinya!

SNBP 2023 Menghitung Hari, Ini Regulasinya! - Jagoketik.com

SNBP 2023 sebentar lagi akan dibuka pendaftarannya! Wah, kira-kira seperti apa ya regulasi rincinya terkait dengan SNBP tahun ini? Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendaftarkan diri dan berusaha lolos pada momen SNBP tersebut? Yang jelas, kita semua perlu semaksimal mungkin memahami rincian dari regulasi SNBP 2023 guna memastikan diri bisa ikut dan berpeluang lolos di dalamnya.

Mari simak rincian regulasi SNBP 2023 selengkapnya dalam artikel kali ini!

Baca juga: Jasa Print Online Termurah, Mulai Rp250 Aja!

Kapan SNBP 2023 Dibuka?

Tepat 7 (tujuh) hari lagi, SNBP 2023 akan dibuka sekaligus dimulai rentetan prosesinya. Pada tanggal 28 Desember 2022 mendatang, SNBP dibuka oleh panitia resmi dengan mulai mengumumkan penentuan jumlah siswa atau kuota bagi seluruh sekolah yang terdaftar layak mendaftarkan muridnya untuk ikut SNBP. Perlu dicatat, panitia SNBP menetapkan kriteria besar berupa akreditasi sekolah untuk menentukan kuota siswa per sekolah yang berhak ikut SNBP.

Melalui kriteria tersebut, sekolah dengan akreditasi A memiliki kuota terbesar yakni 40% dari seluruh siswanya yang kelas XII. Setelah itu, kuota disusul oleh sekolah berakreditasi B dengan kuota 20%. Terakhir, sekolah dengan akreditasi C memiliki kuota siswa layak daftar SNBP sebesar 5%. Dari persentase-persentase tersebut, panitia SNBP akan mengungkapkan angka finalnya bagi seluruh sekolah pada tanggal 28 Desember 2022.

Jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia
Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia

Bagaimana Regulasi Seleksi pada SNBP 2023?

Garis besar dari regulasi SNBP 2023 adalah menyempurnakan proses seleksi dari sistem pendahulunya, yakni SNMPTN. Model seleksi pada SNBP tahun ini tetap menerapkan sistem jalur undangan, namun sedikit memodifikasi perihal komponen dan komposisi penilaian pesertanya. Di samping itu, SNBP juga mengalami modifikasi pada urut-urutan tahap pelaksanaannya. Mulai dari pengumuman kuota hingga tahap terakhirnya, SNBP memiliki urutan tersendiri yang tentunya berbeda dari SNMPTN.

Di bawah ini adalah rincian informasi dari beberapa tahap SNBP 2023 yang sudah resmi dan dipastikan akan dihadapi oleh teman-teman peserta dari kelas XII SMA/MA/SMK/sederajat.

Regulasi Seleksi pada SNBP 2023 - Jagoketik.com
Regulasi Seleksi pada SNBP 2023 (Img: portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id)

Pengumuman Kuota Sekolah – 28 Desember 2022

Pengumuman kuota sekolah adalah tahapan SNBP pertama yang berlaku secara menyeluruh bagi seluruh SMA/MA/SMK/sederajat di Indonesia. Pengumuman bertujuan untuk menegaskan jumlah siswa yang diperbolehkan ikut SNBP dari setiap sekolah. Basis utama dalam penentuan jumlahnya adalah akreditasi sekolah, namun penentuan kuota akhir tetap hanya dikeluarkan secara resmi oleh panitia SNBP saja.

Tahapan pengumuman kuota sekolah bermanfaat untuk memberi ancang-ancang yang jelas bagi banyak pihak. Utamanya bagi siswa kelas XII, ia bisa mengukur peringkat paralelnya selama ini dan paham sejauh mana peluangnya untuk mendaftarkan diri ataupun bersaing di dalam SNBP 2023. Kendati begitu, kuota yang sudah diumumkan nantinya belumlah final dan masih bisa dikoreksi oleh sekolah-sekolah dari seluruh penjuru negeri kiranya terhitung kurang atau tidak pas.

Penutupan Masa Sanggah Kuota Sekolah – 17 Januari 2023

Tahap SNBP 2023 yang berikutnya adalah penutupan masa sanggah kuota sekolah. Seperti yang tertulis sebelumnya, panitia SNBP membuka ruang dan waktu bagi para guru dari seluruh sekolah untuk menyanggah kuota siswa yang sudah diumumkan dan ditetapkan sementara. Penyanggahan bertujuan untuk menampung masukan dan koreksi, sehingga kuota final diharapkan menghasilkan alokasi jumlah siswa yang lebih akurat serta adil bagi seluruh sekolah peserta SNBP.

Kurang lebih, masa sanggah berlangsung dalam rentang pertama kali diumumukannya kuota sekolah hingga ditutupnya masa sanggah kuota sekolah (28 Desember 2022 s.d. 17 Januari 2023 pukul 15.00 WIB). Selama dua pekan atau lebih tersebut, kuota yang sudah diumumkan oleh panitia SNBP masih bisa disanggah dan mengalami perubahan jumlah. Kuota nantinya dirubah dan panitia SNBP akan menghasilkan kuota sekolah yang benar-benar final pasca 17 Januari 2023.

Penetapan Daftar Siswa Berhak Daftar – 3 Januari 2023 s.d. 8 Februari 2023

Selanjutnya, tahapan dalam SNBP 2023 adalah penetapan seluruh siswa yang dinyatakan layak untuk berpartisipasi dan mendaftarkan diri ke dalam seleksi tersebut. Guna memastikan diri, teman-teman kelas XII bisa mulai memperhitungkan atau mencari tau peringkat paralelnya sejak sekarang. Jangan sampai ada siswa yang sudah merencanakan diri untuk daftar SNBP, namun realitanya memiliki peringkat yang jelas-jelas tidak memenuhi batas minimal untuk berhak daftar SNBP.

Proses finalisasi daftar siswa yang berhak mendaftar SNBP secara keseluruhan akan dilakukan melalui pendataan beriringan dari panitia SNBP maupun sekolah masing-masing. Panitia SNBP mulanya akan menetapkan kuota final untuk seluruh sekolah, lalu masing-masing sekolah akan mengumumkan jumlah maksimal siswa kelas XII dari dalam sekolah tersebut yang mendapat hak mendaftarkan diri ke dalam SNBP 2023. Setelah itu, barulah siswa benar-benar bisa mendaftarkan dirinya secara resmi ke dalam persaingan merebut bangku kuliah melalui SNBP.

Dalam rentang awal Januari 2023 hingga awal/tengah Februari 2023 ini, ada berbagai tahapan lain yang dominan dilakukan oleh pihak sekolah. Dua di antaranya yang paling utama adalah pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS; 9 Januari 2023 s.d. 9 Februari 2023) dan pembuatan akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB; 16 Januari 2023 s.d. 15 Februari 2023). Pasca adanya data dan akun yang final, siswa baru bisa melanjutkan proses pendaftaran diri ke dalam SNPB 2023.

Pendaftaran Siswa ke SNBP – 14 Februari 2023 s.d. 28 Februari 2023

Proses pendaftaran secara langsung oleh diri siswa sendiri baru berlangsung pada pertengahan Februari 2023 mendatang. Pendaftaran hanya bisa dilakukan oleh siswa yang telah terdaftar ke dalam PDSS, karena itu menandakan bahwa sang siswa adalah peserta didik yang memiliki hak mendaftarkan diri ke dalam SNBP 2023 berdasar prestasi dan peringkat paralelnya yang masuk kuota sekolah.

Selama proses pendaftaran, siswa diwajibkan untuk menginput seluruh prestasi relevan yang dimilikinya sebagai bahan penilaian untuk layak atau tidaknya ia lolos SNBP 2023. Prestasi tersebut meliputi nilai rapor akademik, capaian kemenangan lomba, maupun portofolio kreatif (poin ini hanya berlaku bagi beberapa jurusan perkuliahan saja). Pasca pendaftaran ditutup, siswa dipersilakan menunggu hingga hasil akhirnya direncanakan ter-publish pada tanggal 28 Maret 2023 pukul 15.00 WIB.

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Jasa Edit Dokumen (Formating)
Percantik Dokumenmu dengan Layanan Formating dari Jagoketik, Serba Bisa dan Murah Meriah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam