KIP Kuliah Digital Tahun 2022 Resmi Diluncurkan!

KIP Kuliah Digital Tahun 2022 Resmi Diluncurkan! - Jagoketik.com

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Digital resmi rilis ke publik pada Selasa, 13 Desember 2022 yang lalu. Keberadaan KIP Kuliah Digital merupakan sebuah terobosan solutif yang digagas oleh pemerintah Republik Indonesia dengan tujuan mempermudah proses perkuliahan teman-teman mahasiswa, khususnya dari segi permodalan finansialnya. Simak informasi lengkap seputar KIP Kuliah Digital beserta cara-cara untuk mendapatkannya dalam artikel kali ini!

Baca juga: Jasa Print Online Termurah, Mulai Rp250 Aja!

Apa yang Dimaksud KIP Kuliah (KIP-K) Digital?

Mengacu pada keterangan resmi dari Kementrian Pendidkan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), KIP Kuliah Digital adalah penanda bagi seluruh lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik dan keterbatasan finansial untuk melanjutkan aktivitas studinya. Keberadaan KIP-K Digital diharapkan mampu memperluas bantuan dana pendidikan yang telah pemerintah Republik Indonesia alokasikan kepada seluruh mahasiswa yang memang layak menerimanya, baik dari segi kecerdasan akademik maupun keterbatasan dana.

Garis besar dari tujuan dibuatnya KIP Kuliah Digital adalah memastikan seluruh mahasiswa cerdas yang berekonomi kurang mampu dapat berkuliah dengan layak tanpa harus ketakutan atau kebingungan menyiapkan dana pendidikan. Secara spesifik, KIP-K Digital mengupayakan permodalan kuliah yang lebih modern, integratif, dan praktis melalui sistem digital. KIP-K Digital dengan segala pembaharuan sistemnya diupayakan mampu memastikan seluruh mahasiswa golongan penerima KIP mendapatkan akses penuh atas kartu-kartunya, sebab kebijakan KIP fisik sebelumnya diisukan menyebabkan sebagian mahasiswa terkendala dalam menerima dan menikmati KIP-nya.

Jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia
Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia.

Apakah PIP dan KIP Itu Sama?

PIP sendiri merupakan akronim dari Program Indonesia Pintar. Masyarakat Indonesia seringkali kesulitan untuk membedakan PIP dengan KIP (untuk segala jenjang; termasuk KIP Kuliah Digital) karena nama dan akronim/singkatannya yang nampak mirip. Kendati begitu, keduanya adalah unsur yang “serupa namun tak sama”. Kendati sedikit berbeda satu sama lain, namun keduanya sama-sama tercipta untuk membantu mahasiswa dari seluruh penjuru kota di Indonesia untuk bisa berkuliah dengan layak dan berkelanjutan.

Sederhananya, KIP merupakan unsur di dalam PIP. Kenapa bisa seperti itu? Sebab, PIP adalah program pendanaan kuliah bagi seluruh mahasiswa berekonomi kurang mampu dan KIP adalah salah satu unsur penopangnya. Program Indonesia Pintar bisa berjalan dengan bantuan pendataan yang diperantarai oleh Kartu Indonesia Pintar, karena kartu itulah yang menjadi basis pendataan seluruh nama mahasiswa penerima dana pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia.

Bagaimana Cara Mendapatkan KIP Kuliah Digital?

KIP Kuliah Digital bisa didapatkan dengan terlebih dahulu memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah beserta kode aksesnya. Teman-teman mahasiswa wajib memiliki nomor pendaftaran dan kode akses tersebut, sebab kedua hal tersebut merupakan data primer yang dibutuhkan oleh sistem digital KIP-Kuliah yang notabene dikoordinasi oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek. Berikut beberapa rincian langkah mendapatkan KIP Kuliah Digital:

  1. Login akun KIP Kuliah (melalui laman kip-kuliah-kemdikbud.go.id; pastikan mahasiswa sudah memiliki nomor pendaftaran dan kode akses terlebih dahulu).
  2. Lakukan langkah akses berupa klik “Dashboard > Menu Penetapan > Sub Menu ‘Lihat Kartu'” (kartu berwarna hijau dan terletak di samping informasi nomor KIP Kuliah; pastikan koneksi internet dan gadget yang dipakai untuk mengakses laman KIP Kuliah sedang kondusif; bilamana tidak kondusif, dimungkinkan ada menu-menu yang tidak muncul atau disfungsi).
  3. Download atau Unduh Kartu (proses download harus dilakukan agar KIP Kuliah Digital bisa tersimpan di dalam laptop atau smartphone; pastikan KIP Kuliah Digital tersebut memiliki desain visual yang mirip dengan KIP Kuliah Fisik dengan tambahan QR Code di pojok kanan bawah.
  4. Scan atau Pindai KIP Kuliah Digital (pemindaian dapat dilakukan dengan fitur/aplikasi pemindai QR Code pada smartphone masing-masing; bila berhasil terpindai, hasil verifikasi KIP Kuliah Digital akan muncul dengan menampilkan berbagai data relevan dari sang penerima KIP seperti nama mahasiswa, nomor KIP Kuliah, nomor induk mahasiswa, program studi, asal kampus, semester aktif terbaru, dan status KIP Kuliah).

Informasi resmi dan lengkap seputar KIP Kuliah Digital bisa diakses melalui situs kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Menurut Puslapdik Kemendikbudristek, informasi seputar KIP Kuliah di laman tersebut sudah sangat lengkap. Ditambah lagi, laman tersebut juga menyediakan buku digital terbitan Puslapdik yang berjudul “Panduan KIP Kuliah Digital”. Segala macam pertanyaan tentang KIP Kuliah Digital dapat terjawab melalui situs dan buku digital tersebut.

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Jasa Edit Dokumen (Formating)
Percantik Dokumenmu dengan Layanan Formating dari Jagoketik, Serba Bisa dan Murah Meriah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam