Prospek Kerja Studi Ekonomi Pembangunan

Untuk sebagai orang, Studi Ekonomi Pembangunan pada tingkat Universitas merupakan suatu jurusan yang familiar ditelinga.

Ekonomi pembangunan yang masih merupakan bagian dari Ilmu Ekonomi tersebut memiliki banyak peluan dan prospek kerja yang luas seperti halnya jurusan Ilmu Ekonomi lainnya.

Akan tetapi bagi orang – orang yang masih merasa studi ini sangat asing di telinga maka boleh untuk mengulik lebih jauh tentang studi ini dan prospek – prospek yang bisa di masuki setelah lulus dari Universitas.

Studi Ekonomi Pembangunan merupakan suatu studi yang mempelajari tentang Ilmu Ekonomi dari perspektif pembangunan, dalam hal ini dapat berupa pembangunan yang telah, sedang atau bahkan akan terjadi pada negara – negara berkembang.

Ekonomi Pembangunan masuk dalam lingkup Ilmu SOSHUM (Sosial dan Humaniora) dan merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Meski tidak sepopuler jurusan lainnya di FEB, akan tetapi Studi Ekonomi Pembangunan mempunyai prospek yang luas juga lo.

Bagi teman – teman yang ingin masuk Studi ini atau sudah lulus, berikut ada Peluang atau prosepek kerja yang dapat di masuki oleh teman – teman sesuai dengan Studi ini lo, data – data ini bisa menjadi referensi bagi teman – teman yang menjadi anak EP (Ekonomi Pembangunan) setelah lulus.

5 Peluang Kerja Lulusan Studi Ekonomi Pembangunan

1. Instansi Pemerintah

Lulusan Ekonomi Pembangunan memiliki peluang kerja pada berbagai instansi pemerintahan.

Intitusi yang cocok untuk lulusan ekonomi pembangunan ini antara lain Bank Indoneisa, Badan Pengawa Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan, BAPPENAS dan BAPPEDA.

Kisaran gaji yang diterima pun cukup tinggi sebagai pegawai pemerintah yakni diantara Rp 4.000.000,- sampau dengan Rp 30.000.000,- per bulan.

2. Research and Development

Selain itu, teman – teman dapat bekerja di bidang Research & Development.

Bidang ini merupakan suatu bidang yang memiliki tugas untuk bisa mengelola sejumlah dana yang bisa digunakan untuk penelitian dan pengembangan berbagai teknologi yang baru.

Hasil dari penelitian tersebut memerlukan perbaikan dan analisis produk perusahaan. Selain ini kisaran gaji yang di peroleh pun cukup besar yakni kisaran Rp 6.000.000,- Per Bulan

3. Analis Bisnis

Selanjutnya, teman – teman bisa menjadi Analis Bisnis setelah kuliah.

Analis bisnis itu sendiri merupakan orang yang bekerja dengan melakukan analisis terhadap berbagai kebutuhan dari perusahaan atau masalah lainnya pada lingkup ekonomi.

Analis bisnis juga diperlukan untuk melakukan analisis terhadap pengembangan bisnis.

Gaji yang diperoleh untuk menjadi analis bisnis pun bervariasi yakni kisaran Rp 1.000.000,- hingga 3.000.000,- per project.

4. Analis data

Selanjutnya adalah suatu prospek pekerjaan yang banyak digemari oleh anak – anak EP nih, apalagi jika bukan Analis Data.

Analis data itu sendiri merupakan suatu pekerjaan yang mana teman – teman diharuskan untuk melakukan pencarian dan pengumpulan data yang nantinya akan dikonversi dan juga di sajikan kedalam angka yang dapat disampaikan ke klien dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

Hal ini menjadi penting dikarenakan data merupakan suatu pondasi dari berkembangan perusahaan yang menjadi hal penting agar dapat bergerak lebih maju. Jika teman – teman tertarik dengan angka, dan berminat menjadi salah satu analis data, pekerjaan ini cocok untuk dimasukin.

Gaji yang diterima pun lumayan, yakni kisaran Rp 7.000.000,- per Bulan.

5. Pengusaha

Yang terakhir adalah pengusaha.

Seorang lulusan Ekonomi Pembangunan memiliki cukup ilmu untuk menjadi perusahaan jika dilihat dari prospek kerja yang dapat dimasuki.

Lulusan Ekonomi Pembangunan bisa menjadi analis bisnis dan analis data, jika seperti itu kenapa tidak mencoba menyalurkan ilmu untuk menciptakan lapangan kerja baru yakni dengan menjadi pengusaha.

Karena menjadi pengusaha merupakan suatu prospek kerja yang paling menjanjikan.

Itulah beberapa peluan kerja bagi lulusan Ekonomi Pembangunan yang dapat dijadikan referensi oleh teman – teman.

Tidak perlu khawatir tentang pendapatan yang diperoleh, hal ini dikarenakan pendapatan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu dan juga peningkatan keterampilan teman – teman. Jika keterampilan yang teman – teman miliki meningkat maka gaji yang diperoleh juga akan meningkat.

Bagi teman – teman di daerah Bekasi ingin menggunakan jasa pembuatan karya ilmiah jurusan ekonomi pembangunan bisa untuk menghubungi nomor yang tertera. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam