Permudah Pekerjaanmu dengan Jasa Transkrip Verbatim di Surabaya

Istilah verbatim mungkin masih asing di kalangan awam. Banyak masyarakat yang mengenal istilah ini dengan sebutan transkrip. Transkrip verbatim sendiri  merupakan sebuah proses mengubah kalimat dan kata yang ada dalam suatu rekaman audio maupun rekaman visual menjadi sebuah teks.

Orang yang mengerjakan proses ini biasa disebut dengan transkriptor. Seorang transkriptor harus memiliki ketelitian yang tinggi, dapat mengetik dengan cepat serta indera pendengaran yang tajam. Tidak hanya itu, transkriptor juga harus detail dalam penulisan teks yaitu harus detail dan secara benar menuliskan tanda baca agar dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca.

Penggunaan jasa transkrip verbatim ini mulai sering digunakan baik di dunia pendidikan maupun bidang sosial lainnya untuk mempermudah para pengguna jasa atau klien dalam menyelesaikan tugas atau hal yang dikerjakan. Seperti misalnya dalam dunia pendidikan, seorang mahasiswa ataupun dosen yang melakukan penelitian akan menggunakan jasa transkrip verbatim untuk menghemat waktu dan mereka bisa mengerjakan hal lain yang diperlukan agar dapat menyelesaikan penelitian mereka dengan cepat.

Tetapi tidak semua proses mengubah rekaman audio ataupun visual menjadi sebuah teks disebut dengan verbatim. Dalam proses transkrip verbatim, seorang transkiptor menuliskan segala bentuk ucapan yang ada di dalam rekaman bahkan hingga kata atau kalimat yang diucapkan spontan dan terkadang bukan bahasa baku. Sedangkan transkrip non verbatim hanya menuliskan sebuah kesimpulan dari audio ke dalam bentuk teks. Adapun contoh dari perbedaan keduanya adalah sebagai berikut :

Contoh Transkrip Verbatim :

A : Halo, eh iya anu… maaf ya… jadi sebenernya saya minta itu desainnya dibuatkan simpel aja ya terus hmm kalau bisa warnanya monokrom jangan yang terlalu rame karena ini acaranya formal sih.

Contoh Trankrip Non Verbatim :

A :  Halo, saya minta desainnya dibuatkan simpel dengan warna monokrom ya karena ini untuk acara formal.

Dari contoh tersebut dapat dilihat bahwa dalam proses transkrip verbatim, trankriptor tidak boleh melewatkan satu kata pun dalam menuliskan kata yang diucapkan oleh seseorang yang ada di dalam audio.  Namun perihal cara penulisan transkrip ini, perlu ada kesepakatan antara transkriptor dengan pengguna jasa atau klien. Nah, buat kalian yang membutuhkan jasa untuk transkrip verbatim, bisa langsung hubungi nomor yang tertera ya. Kami menyediakan fasilitas deadline hari mulai dari 5 hari, 3 hari bahkan 1 hari jadi dengan hasil yang oke dan pastinya optimal. Yuk permudah pekerjaanmu dengan jasa transkrip kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!