Perhatikan 5 Menu ini, Sebelum Submit Artikel di Jurnal yang Terindex Sinta

Publikasi artikel ilmiah di jurnal yang terakreditasi sinta menjadi salah satu hal yang sangat penting dilakukan bagi para akademisi atau dosen. Misalnya sebagai syarat mengikuti ujian, mendapatkan gelar, kenaikan pangkat, ataupun untuk mendapatkan tunjangan.

Sinta merupakan akreditasi jurnal nasional yang memiliki 6 kategori jurnal, yaitu Sinta 1 sampai Sinta 6. Semakin kecil angkanya, maka akan semakin tinggi peringkatnya. Oleh karena itu, jurnal Sinta 1 memiliki kualitas yang lebih baik daripada jurnal Sinta 2, jurnal Sinta 2 akan lebih baik dari jurnal Sinta 3, begitu seterusnya.

Dalam submit jurnal terindex Sinta, ada beberapa menu di website jurnal yang harus kita perhatikan, karena tak jarang naskah kita ditolak ketika ingin mempublikasikan artikel ilmiah. Atau naskah kita diterima, tetapi waktu publikasinya tidak sesuai jadwal. Oleh karena itu, berikut adalah 5 menu penting yang harus diperhatikan sebelum submit artikel di jurnal yang terindex Sinta.

1. Menu “About”

Menu “about” merupakan menu yang sangat penting yang harus kalian “klik” ketika mengunjungi website jurnal. Menu “about” biasanya berisi penjelasan mengenai contact person, tim editorial, tim review, kebijakan jurnal, dan lain-lain.

2. Menu “Focus and Scope” atau “Aims and Scope”

Dalam menu “focus and Scope” atau “aims and scope” berisi tentang ruang lingkup penelitian. Harus kita pastikan bahwa artikel yang ingin disubmit sesuai dengan salah satu atau beberapa dari ruang lingkup jurnal tersebut.

3. Menu “Publication Frequency”

Menu “publication frequency” ini berisi informasi mengenai frekuensi jurnal yang akan dipublikasikan dalam kurun waktu satu tahun. Semakin sering frekuensi publikasi jurnal, maka akan semakin besar peluang jurnal kita diterima.
Menu ini membantu kita menentukan waktu yang tepat untuk men-submit jurnal kita, agar tidak terlambat dalam mempublikasikan jurnal. Serta, jangan lupa untuk mengecek apakah jurnal tersebut memilki frekuensi publikasi tepat waktu.

4. Menu “Contact”

Pada menu “contact”, kita dapat mengetahui mulai dari alamat email, nomor telpon, nomor faximile yang dapat kita hubungi untuk menanyakan berbagai hal terkait kelancaran submit jurnal.

5. Menu “Author Fee”

Menu “author fee” dapat membantu kita untuk mengetahui biaya publikasi jurnal. Biaya publikasi jurnal Sinta ada yang gratis dan ada yang berbayar. Jadi, pastikan bahwa harga untuk publikasi artikel di jurnal yang kita tuju sesuai dengan budget yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, saya Choliva Meilinda spesialis pengetikkan, edit, dan pembuatan dokumen online di Jagoketik.com. Butuh bantuan cepat? Chat saya sekarang.