Menentukan Angle Dalam Menulis Artikel

Menentukan lead/angle tulisan

Menentukan sebuah angle atau sudut pandang dalam menulis sebuah artikel, berita dan informasi lainnya sangatlah diperlukan.

Hal tersebut selain untuk mempermudah pembaca dalam memahami tulisan juga untuk mempermudah penulis dalam menyampaikan informasi.

Untuk tahap penulis harus menentukan terlebih dahulu topik atau tema yang akan dituangkan dalam tulisan.

Menentukan topik atau tema pun harus yang spesifik dan jelas, agar mempermudah penulis dalam menentukan judul dan juga angle tulisan.

Selanjutnya, temukan angle terlebih dulu untuk menentukan judul dan juga paragraf pertama tulisanmu.

Perlu dipahami bahwa angle adalah sudut pandang penulis atau sebuah pesan inti yang akan disampaikan pada pembaca.

Angle ini harus muncul di paragraf pertama dalam sebuah artikel, tentunya agar pembaca tertarik untuk mengisi keseluruhan tulisan.

Sebisa mungkin angle yang dipilih adalah hal yang dapat menarik perhatian pembaca, nyentrik dan memiliki ciri khas penulis.

Hal tersebut bisa diambil dari topik yang akan kamu tulis. Misalnya kita ingin membahas tentang Transportasi Suroboyo Bus di Kota Surabaya.

Nah angle yang bisa kita pilih sangatlah beragam, salah satunya bisa dimulai dari layanan Suroboyo Bus yang memanfaatkan sampah botol plastik untuk pembayarannya.

Nah setelah penulis sudah menemukan angle sebuah artikel, penulis bisa menuliskan bagaiman transportasi Suroboyo Bus beroperasi, mulai dari cara penukaran botol, jumlah botol yang harus ditukarkan, tata cara penggunaan poin setelah penukaran botol sampah, jam operasional penukaran botol plastik dan lainnya.

Selain informasi diatas, penulis juga bisa menambahkan informasi tambahan seperti jam operasional transportasi dan juga rute Suroboyo Bus itu sendiri.


Penulis juga bisa menentukan angle berdasarkan pengalaman pribadinya. Misalnya kita sudah pernah memanfaatkan layanan Suroboyo Bus dengan sistem pembayaran sampah botol plastik, nah kita bisa memulai dengan kesan kita saat naik bus tersebut.

Seperti ‘Petugas dan Supir Suroboyo Bus Sangat Informatif pada Penumpang’.

Dengan angle tersebut, penulis bisa memulai tulisan dengan sudut pandang atau angle kesan saat mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari petugas dan supir Suroboyo Bus.

Bisa disebutkan hal menarik yang membuatnya terkesan, misalnya seperti ‘saat menaiki layanan transportasi umum Suroboyo Bus petugas penukaran botol sampah bisa melayani dengan baik. Bahkan ketika penumpang bertanya objek wisata favorit di Kota Surabaya langsung dijelaskan dan diarahkan akses dan rutenya’.

Menentukan angle harus dilatih dan terus diterapkan setiap membuat sebuah tulisan. Agar tulisan bisa terstruktur dan mudah dipahami oleh pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!