Peran Aplikasi TikTok Sebagai Pengembangan Kreativitas Digital

Sama halnya dengan berbagai social media lainnya, TikTok hadir sebagai salah satu aplikasi yang menggunakan video dan juga musik sebagai bahan pengaplikasiannya.

Sejak pandemi covid-19 ini, aplikasi TikTok menjadi semakin digandrungi oleh para generasi milenial yang digunakan untuk mengisi kekosongan waktu saat Work From Home (WFH) dan karantina mandiri.

Berbagai fitur menarik yang ada di aplikasi TikTok serta penggunaannya yang mudah tanpa perlu memerlukan kemampuan editing yang handal bahkan aplikasi lain untuk edit video membuat aplikasi TikTok ini semakin signifikan penggunaannya.

Di dalam aplikasi TikTok ini banyak informasi yang dihadirkan, seperti masak-masak, pengetahuan umum, teknologi, pendidikan, bisnis, hiburan serta pariwisata. Saat ini pengembangan kreativitas tidak hanya tertuang di kertas atau lukisan, tetapi juga dapat dilakukan dalam media digital.

Banyaknya konten yang positif serta menarik membuat semakin banyak anak-anak muda yang semakin berkreativitas di TikTok dengan menghasilkan karya yang baik akan menjadikan video yang di unggah menjadi trending teratas dan mendapatkan banyak pujian dan juga likes.

Hal tersebut akan menjadikan akun yang dimiliki menjadi dikenal oleh banyak orang.

Dari hal tersebut nilai kreativitas semakin terus diasah dan dilakukan pengembangannya mengikuti selera masyarakat

Aplikasi TikTok yang ada saat ini juga memberikan royalti kepada pada creator yang membuat konten menarik dan juga disukai banyak orang.

Banyak yang beranggapan jika ingin sukses saat ini haruslah menguasai teknologi yang ada.

Menariknya penyampaian informasi melalui video membuat orang menjadi lebih berimajinasi dan mengerti tentang apa yang diinformasikan. 

Tidak hanya memiliki dampak yang positif, aplikasi ini juga memiliki dampak yang negatif.

  1. Dampak negatif bagi anak anak, bisa saja menonton video yang belum sesuai dengan umurnya, karena pada aplikasi TikTok tidak ada video yang di filter sesuai dengan umur penggunanya.
  2. Selain itu, selaku pengguna TikTok biasanya menjadi lupa waktu jika sudah membuat dan menonton video TikTok yang menyebabkan kuota atau paket internet cepat habis, dan waktu interaksi dengan lingkungan sekitar menjadi berkurang.

Seringnya bermain TikTok, menjadikan anak tersebut kecanduan gadget, jika sudah kecanduan, maka lupa akan tugasnya di rumah, belajar, membantu orang tua, bahkan bisa menyebabkan lupa tidur dan makan. 

Dengan adanya dampak positif dan negatif dari aplikasi TikTok, sebaiknya pengguna menggunakan aplikasi dengan sebaik mungkin dan seefisien mungkin, agar mendapatkan manfaat dari aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!