Pengertian, Tujuan, dan Jenis CV

penulisan cv

CV merupakan kependekan dari Curicullum Vitae atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai daftar riwayat hidup.

CV adalah dokumen berisi hal-hal penting menyangkut informasi sesorang yang dapat digunakan untuk kepentingan formal.

Kepentingan formal seperti apa? contohnya ketika ingin melamar kerja, internship (magang), beasiswa, dan kepentingan formal lainnya.

Daftar riwayat hidup atau CV setidaknya merangkup hal-hal berikut:

  1. nama lengkap
  2. deskripsi diri
  3. riwayat pendidikan terakhir
  4. pengalaman kerja/organisasi/volunteer
  5. prestasi/penghargaan/sertifikasi
  6. keterampilan yang dikuasai dan minat terhadap suatu bidang
  7. kontak pribadi seperti email ataupun no telepeon
  8. tak jarang juga ditambahkan info yang bisa melihat branding terhadap diri, misalnya tautan yang terhubung ke linked.in atau portofolio.

Tujuan Membuat CV

Seperti yang telah dijelaskan di atas, CV biasanya dibutuhan sebagai salah satu syarat jika seseorang ingin melamar kerja, magang, beasiswa, dan sejenisnya.

Cv memuat informasi penting yang dapat memperkenalkan diri kita ke perekrut tanpa perlu menceritakan atau menjelaskan secara langsung. Informasi-informasi diri yang telah dirangkum dalam 8 contoh di atas akan menjadi bahan pertimbangan perekrut untuk menilai apakah seseorang tersebut layak lolos tahap pertama atau tahap berkas.

Tentu saja nilai dari diterima atau tidaknya sebuah rekruitmen tidak hanya di lihat dari CV, masih ada aspek-aspek lain. Namun CV menjadi penilaian yang sangat penting, karena CV adalah berkas pertama yang biasanya di lihat oleh perekrtut.

Jadi, sangat penting untuk mendapat kesan baik melalui CV. Untuk itu,buatlah CV yang mampu merangkum data dirimu secara singkat dan dapat dilihat hasil nyatanya.

2 Jenis CV

Ada hal lain yang perlu diperhatikan dalam pembuatan CV selain dari data diri dan informasi apa saja yang disajikan, yaitu jenis-jenis CV. Karena jika salah, bukan tidak mungkin CV-mu yang sudah berisi lengkap dan hampir sempurna itu tidak sesuai dengan fungsinya.

Setidaknya ada dua jenis CV yang digunakan berdasarkan tujuannya.

1. CV ATS (Curriculum Vitae Applicant Tracking System)

Contoh CV ATS (Img:resumeworded.com)
Contoh CV ATS (Img:resumeworded.com)

CV ATS merupakan jenis CV yang digunakan untuk melamar sesutu yang pengiriman atau pengumpulannya melalui sistem bernama Applicant Tracking System (ATS) dimana kelebihan sistem ini adalah mensortir CV secara otomatis.

Jika CV yang dikirim tidak ATS friendly maka akan sulit untuk dibaca atau bahkan langsung diabaikan oleh sistem, sehingga tidak sampai ke tangan HRD atau rekruter.

2. CV Kreatif

Contoh CV Kreatif (Img: AdSanjaya.com)

Kebalikan dari CV ATS, CV Kretaif digunakan apabila pekerjaan atau tempat magang yang ingin dilamar mewajibkan pengiriman melalui website yang memiliki sistem ATS.

Selain itu, jenis CV Kreatif umumnya digunakan untuk bidang kreatif, misalnya posisi copywriter, content writer, desainer grafis, fotografer, model, dll. Selain itu, CV kreatif juga biasanya tidak perlu di kirim melalui website atau sistem ATS (biasanya bisa di kirim melalui email rekruter).

Untuk membedakan CV mana yang harus digunakan untuk melamar perlu melihat posisi yang dilamar dan ke mana CV tersebut akan di kirim apakah melalui sistem ATS atau tidak.

Penting untuk memperhatikan jenis CV agar daftar riwayat hidupmu bisa sampai di tangan rekruter dengan tepat. Juga tidak lupa untuk memperhatikan apa saja isi CV yang perlu dimasukkan dan tidak perlu dimasukkan.

Download CV ATS Friendly

Teman-teman dapat mengunduh CV ATS Friendly ini secara gratis dan teman-teman juga dapat menyunting atau menyesuaikannya sendiri menggunakan Adobe Photoshop.

Jika teman-teman tidak bisa menggunakan Adobe Photoshop dan ingin menggunakan jasa Jagoketik.com untuk membuatkan CV, dapat menghubungi Admin dengan klik tombol WhatsApp di bawah.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke yang lain!

Baca artikel menarik lainnya:

Credit: Image by rawpixel.com on Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam