Pentingnya Penerjemahan dan Peran Penerjemahan dalam Kehidupan Masyarakat

Penerjemahan adalah proses pengalihan dan interpretasi konsep teks dari bahasa pertama ke bahasa yang lain yang diinginkan.

Proses ini membutuhkan pemahaman yang valid tentang makna kata, isi, dan gaya penulisan teks.

Selain itu, pengalaman dari seorang penerjemah juga menjadi bagian yang penting.

Pentingnya penerjemahan terletak pada kebutuhan masyarakat akan komunikasi bahasa, yang menjadi salah satu kegiatan penting baik di masa depan, masa sekarang maupun di masa lalu.

Penerjemahan dibutuhkan dalam berbagai bidang, antara lain:

  • Bidang internasional: Penerjemahan diperlukan untuk komunikasi antar negara, seperti dalam bidang politik, ekonomi, dan perdagangan.
  • Bidang pariwisata: Penerjemahan diperlukan untuk memudahkan wisatawan asing dalam memahami informasi tentang tempat wisata dan budaya local suatu negara.
  • Bidang sosial: Penerjemahan diperlukan untuk menyebarkan informasi tentang berbagai isu sosial, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.
  • Bidang sastra: Penerjemahan diperlukan untuk memperkenalkan karya sastra dari berbagai negara kepada masyarakat.
  • Bidang bisnis: Penerjemahan diperlukan untuk kelancaran transaksi bisnis, seperti kontrak, perjanjian, dan dokumen penting lainnya.
  • Bidang komunikasi pemerintahan: Penerjemahan diperlukan untuk komunikasi antar lembaga pemerintahan, baik di dalam maupun luar negeri.
  • Bidang pers: Penerjemahan diperlukan untuk menyampaikan berita atau informasi dari berbagai negara.
  • Bidang ilmu pengetahuan dan teknologi: Penerjemahan diperlukan untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi antar negara.

Penerjemahan ilmu pengetahuan dan humaniora merupakan faktor lain yang menunjukkan pentingnya penerjemahan karena ilmu pengetahuan dapat dilakukan di seluruh negara dengan keberagaman bahasa.

Pentingnya penerjemah dan penerjemahan didasari oleh keterbatasan seseorang untuk memahami seluruh bahasa yang ada. Beberapa orang cenderung hanya menguasai bahasa ibu mereka.

Oleh karena itu, peran penerjemahan menjadi hal yang penting dalam segala bidang, khususnya dalam transfer ilmu pengetahuan antar manusia.

Pentingnya Penerjemahan di Zaman Sekarang

Di zaman sekarang, pentingnya penerjemahan semakin dirasakan karena bahasa telah merambah ke seluruh aspek kehidupan manusia.

Perbatasan antar negara telah hilang dengan adanya penerjemahan, dan komunikasi antar manusia menjadi lebih meluas.

Salah satu contoh terjemahan adalah terjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, yang digunakan oleh semua lapisan masyarakat dan civitas akademik di Indonesia.

Komunitas ilmiah di Indonesia juga membutuhkan terjemahan dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris untuk menerbitkan artikel ilmiah.

Situasi ekonomi, politik, budaya, dan ilmu pengetahuan di suatu negara dapat berperan dalam validitas bahasa suatu negara.

Inilah sebabnya mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling dapat digunakan di seluruh dunia untuk kegiatan internasional dan ilmu pengetahuan.

Kriteria penerjemahan adalah pemahaman materi yang benar, dan keakraban relatif dengan bahasa, serta pemahaman mendalam tentang isi teks.

Peran Penerjemahan dalam Komunikasi antar Manusia

Manusia membutuhkan komunikasi dan interaksi satu sama lain, yang secara efektif dapat meningkatkan budaya dan pengetahuan.

Komunikasi antar manusia mencakup spektrum yang luas: komunikasi ekonomi, komunikasi budaya, komunikasi politik, komunikasi ilmiah, dan hal-hal lain yang saling bergantung satu sama lain, sehingga peran penerjemahan dalam komunikasi antar manusia tidak dapat diabaikan.

Masyarakat memiliki bahasa yang berbeda-beda ketika berkomunikasi, namun perbedaan ini bukan hanya dalam bentuk kata atau kalimat, melainkan pemikiran/ide yang dapat disampaikan menggunakan kata-kata dan kalimat dalam bentuk istilah.

Selain makna harafiahnya, setiap kata mempunyai muatan emosional tertentu yang harus disampaikan dengan benar, dan hal ini membuat peran penerjemahan dalam hubungan antarmanusia menjadi signifikan dan penting.

Selain itu, bagian dari penerjemahan adalah untuk mendekatkan manusia satu sama lain dari sudut pandang budaya, yang dapat menjadi dasar meluasnya hubungan antar manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam