Mengenal Sinar-X Lebih Dalam Dan Lebih detail Kamu Wajib Tahu!

Sinar-X merupakan salah satu hal luar biasa yang telah ditemukan, dilihat dari manfaatnya ada banyak sekali manfaat sinar-X dalam berbagai bidang salah satunya di dunia medis yang dapat dilihat dari postingan sebelumnya https://jagoketik.com/blog/banyak-yang-keliru-apa-itu-sinar-x-simak-penjelasan-berikut-agar-paham/ 

Namun bagaimana prinsip detail dari sinar-X, darimana asalnya dan bagaimana proses terbentuknya sinar-X simak penjelasan berikut!

Setidaknya ada beberapa komponen wajib yang ada dalam memproduksi sinar-X seperti Tabung gelas hampa udara, filamen, penahan elektron(target) serta beda potensial yang tinggi.  Pada tahap pertama beda potensial dihubungkan kepada katoda (-)  dan anoda (+), pada katoda diberi beda potensial rendah sedangkan pada anoda diberikan beda potensial yang tinggi. Setelah beda potensial diberikan, maka pada katoda yang terhubung dengan filamen akan memunculkan awan elektron akibat diberikannya beda potensial yang rendah dan di sisi lain bagian target yang terhubung dengan katoda akan menarik awan elektron dengan akibat diberikan beda potensial yang tinggi sehingga elektron akan menumbuk sasaran (target).

Prinsip Tabung Pesawat Sinar-X

Selanjutnya ketika elektron menumbuk target terciptalah sinar-X yang dapat dibagi menjadi 2 jenis seperti sinar-X karakteristik dan sinar-X bremsstrahlung. Sinar-X karakteristik terjadi akibat perpindahan elektron yang terlempar sehingga menimbulkan kekosongan pada kulit dalam dimana kekosongan ini akan diisi oleh elektron dari kulit luar namun karena energi yang dihasilkan antar kulit tidak sama maka selisih dari energi ini terbentuk menjadi sinar-X.

Prinsip Sinar-X Karakteristik

Selanjutnya sinar-X bremsstrahlung yang diambil dari bahasa Jerman yaitu radiasi pengereman (breaking radiation). Dari peristiwa sebelumnya diketahui bahwa elektron memiliki muatan listrik dan bergerak dengan kecepatan tinggi, ketika elektron melintas ke dekat inti suatu atom akan terjadi gaya elektrostatik yang kuat sehingga elektron akan mengalami pembelokan. Efek dari peristiwa pembelokan ini menyebabkan elektron akan kehilangan energinya dengan memancarkan sinar-X yang dapat disebut sebagai sinar-X bremsstrahlung. Energi sinar-X yang dihasilkan memiliki energi maksimal sama dengan energi kinetik pada elektron ketika mengalami perlambatan akibat melintas di dekat inti sutau atom.

Prinsip Sinar-X Bremsstrahlung

Setelah sinar-X dihasilkan dari kedua proses tersebut, selanjutnya sinar-X akan dimanfaatkan ke dalam berbagai bidang salah satunya yang paling terkenal dalam dunia medis adalah foto rontgen untuk mencitrakan bagian dalam tubuh sehingga memudahkan para pekerja medis untuk melakukan pemeriksaan dalam tubuh. Melihat salah satu bentuk kekuasaan yang Maha Esa sudah sepantasnya kita bersyukur dan terus belajar agar menjadi manusia yang selalu takjub akan kuasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam