Mengenal Analisis Multivariat dan Teknik yang Ada Didalamnya

Dalam sebuah penelitian, tentu akan ada keterkaitan data dan juga teknik analisis yang digunakan untuk mendapatkan hasil sesuai tujuan. Salah satu teknik yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Multivariat. Pada artikel kali ini, akan dibahas secara lengkap mengenai definisi, fungsi, dan juga teknik yang ada di dalam Analisis Multivariat

Apa itu Analisis Multivariat?

Analisis Multivariat merupakan teknik pengolahan data statistika kompleks. Dalam pengolahan Analisis Multivariat, akan melibatkan tiga variabel ataupun lebih. Jenis analisis ini dilakukan dengan bantuan berupa SAS ataupun SPSS. Analisis Multivariat ini dibuat dalam upaya untuk mengurangi tingkat kemungkinan kesalahan Tipe I.

Fungsi Analisis Multivariat

Fungsi analisis ini yaitu untuk menganalisis bentuk teknik statistika yang lebih kompleks. Biasanya, teknik ini digunakan jika di dalam penelitian itu menggunakan dua variabel dalam kumpulan data. Adapun contohnya jika dalam bidang kesehatan, seorang dokter melakukan penelitian terhadap beberapa jenis data.

Data yang dikumpulkan antara lain berat badan, tekanan darah, dan kolesterol. Selain itu, Dokter tersebut juga mengumpulkan data mengenai kebiasaan pola konsumsi makanan dari subjek penelitian. Dalam hal inilah Analisis Multivariat digunakan untuk memahami setiap hubungan variabel satu dengan yang lainnya.

Teknik dalam Analisis Multivariat

Dalam Analisis Multivariat, terdapat 7 teknik yang bisa digunakan dalam pengolahan data. Adapun teknik tersebut antara lain Analisis Faktor, Varians, Cluster, Diskriminan, Komponen Utama, Multidimensi, dan Redundansi.

Alasan Mengapa Analisis Multivariat Digunakan pada Penelitian Saat Ini

Analisis Multivariat memang sangat banyak digunakan pada penelitian saat ini. Ada beberapa alasan mengapa peneliti memutuskan untuk menggunakan Analisis Multivariat. Alasan pertama, Analisis Multivariat sangat cocok digunakan untuk menganalisis masalah yang nyata dengan banyak variabel.

Kedua, masalah yang ada di lapangan relatif kompleks dan menghasilkan data yang banyak, sehingga disarankan untuk dianalisis secara simultan. Alasan terakhir, untuk saat ini sudah tersedia banyak software statistika yang sangat mendukung penelitian untuk mengolah data dengan mudah.

Software berupa SPSS tersebut juga bisa digunakan secara gratis melalui komputer ataupun laptop. Dalam hal ini, peneliti akan sangat diuntungkan karena tidak akan mengeluarkan dana untuk proses pengolahan data. Analisis Multivariat memang sangat tepat digunakan untuk menganalisis data penelitian yang melibatkan beberapa jenis variabel. Dalam melakukan analisis ini, peneliti diharuskan untuk mengetahui teknik yang akan digunakan dalam pengolahan data. Gunakan software statistika yang sudah tersedia saat ini seperti SPSS untuk membantu dalam pengolahan data penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Butuh bantuan asistensi? Hubungi kami untuk teknis bantuannya..