Mengenal AHA! Moment dalam Menggali Sebuah Ide

Menemukan Ide

Membuat suatu karya atau menulis sebuah artikel pasti membutuhkan sebuah ide yang menarik, unik dan berbeda dari yang lain. Setiap kreator atau penulis terkadang mudah atau juga susah dalam menemukan ide. Sedangkan penulis dituntut untuk selalu siap sedia membuat sebuah karya atau menyelesaikan suatu pekerjaan. Dalam mengantisipasi hal tersebut, setiap penulis atau kreator bisa memanfaatkan AHA! Moment untuk menggali sebuah ide.


Sebelum mempelajari lebih dalam, perlu diketahui bahwa AHA Moment merupakan sebuah cara untuk memperoleh sebuah ide dalam alam bawah sadar setiap manusia. Sehingga, kita harus mengenal dan mengetahui hal tersebut untuk menggali sebuah ide baru dan unik yang sudah berada dalam alam bawah sadar.

Alam Bawah Sadar

Setiap saat, baik detik atau menit manusia melakukan pengamatan pada sesuatu atau lingkungan disekitarnya, baik dalam keadaan sadar maupun tidak. Hal tersebut bahkan bisa dilakukan meskipun seseorang sedang sakit. Pengamatan tanpa terencana ini biasanya tersimpan dalam alam bawah sadar kita, biasanya hasil pengamatan ini akan muncul ketika seseorang sedang mencari sebuah ide.

Ada Ensiklopedia Dalam Pikiran Kita

Setiap manusia istilahnya mempunyai ensiklopedia alam bawah sadar yang menyimpan berbagai pengetahuan.  Setiap manusia memiliki cara sendiri-sendiri dalam menggali informasi alam bawah sadar ensiklopedia. Hal tersebut karena pengetahuan atau ingatan tersebut merupakan subconscious mind alam bawah sadar manusia yang biasanya tidak dalam bentuk kalimat atau paragraf, melainkan dalam bentuk simbol atau potongan kata-kata.

Insight di Ensiklopedia Alam Bawah Sadar

Insight ini adalah bibit dari sebuah ide, dan itu diperoleh dari hasil observasi di alam bawah sadar yang tersimpan dalam ensiklopedia. Insight merupakan suatu pemahaman yang mendalam dan intuitif. Sehingga seseorang yang insightful bisa meramu suatu pemikiran, solusi dan ide yang tidak terpikirkan atau terlihat oleh yang lainnya.

Cara Memunculkan AHA! Moment

Ide brilian seringnya muncul saat seseorang tidak aware, karena yang membentuk AHA! Moment bermula di alam pikiran bawah sadar,  yakni ensiklopedia. Biasanya ide muncul pada momen-momen yang tidak terduga, misalnya ketika santai minum teh hangat tiba-tiba menemukan ide atau pemikiran baru. Ini adalah AHA! Moment atau bisa juga disebut sudden revelation (pencerahan yang datangnya tiba-tiba). Karena justru terkadang seseorang yang tengah mencari solusi maupun insight semakin sulit untuk diperoleh atau susah datangnya.

Oleh sebab itu, dalam menuju alam bawah sadar bisa dijangkau dan muncul ketika seseorang rileks atau saat beraktivitas tanpa berpikir, seperti menonton film, jalan-jalan, makan, mandi, atau kegiatan lainnya. Semakin santai seseorang, semakin mempermudah menggali kepingan informasi dalam ensiklopedia. Jadi Semakin banyak kita melakukan hal tersebut semakin mudah untuk memperoleh dan memunculkan ide dari alam bawah sadar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!