Menangani Analisis Data Penelitian Kualitatif Menggunakan Program NVIVO

Dalam sebuah penelitian, sebagian besar peneliti tentu setuju jika tantangan terbesar yang cukup sulit untuk diatasi adalah subjektifitas hasil analisis data, karena masih bergantung dengan cara manual. Maka dari itu, program NVIVO hadir sebagai fitur baru untuk mengatasi hal tersebut.

Tentang NVIVO

Jika Anda masih bertanya apa itu NVIVO? NVIVO merupakan aplikasi yang dapat membantu mengelola dan menganalisis data penelitian kualitatif. Pertama kali diciptakan oleh Tom Richards pada tahun 1981, kemudian dikembangkan oleh istrinya Lyn Richards.

Berlanjut dengan didirikannya QSR International, terus dilakukan penyempurnaan pada Program NVIVO ini hingga dirilisnya versi terbaru pada Maret 2018 yakni NVIVO 12 yang mendukung olah data kualitatif dan kuantitatif (metode campuran).

Kegunaan NVIVO

Ada beberapa alasan untuk melakukan download perangkat lunak yang secara khusus dapat membantu mengelola data penelitian ini, sehingga peneliti dapat mengetahui lebih lanjut how to use NVIVO dan sejumlah manfaat yang didapat ketika menggunakan aplikasi ini yang tak lain adalah:

  1. Membantu analisis dan mengurutkan data berupa teks, gambar, video, atau audio yang tidak berurutan (tidak terstruktur).
  1. Dapat melakukan pemutaran file berupa video maupun audio, sehingga data wawancara dari penelitian dapat secara mudah ditranskripsikan melalui NVIVO.
  1. Memiliki kemampuan untuk mengambil data dari media sosial seperti Twitter, Facebook dan LinkedIn dengan menggunakan plug-in pada browser NCapture.
  1. Kemampuan untuk menyaring catatan dan hasil tangkapan data dari Evernote. Data ini biasanya didapat dari hasil penelitian lapangan.
  1. Kemampuan untuk menyaring atau impor data berupa kutipan dari Zotero, EndNote dan Mendeley atau software manajemen bibliografi yang lainnya. Data ini biasanya diambil dari hasil penelitian pustaka.
  1. Membantu memisahkan data yang sumbernya berasal dari peneliti, informa dan secondary sources atau sumber data pendukung penelitian seperti buku, jurnal, artikel, dokumen sejarah, berita online, isi website, catatan lapangan, memos, bibliografi, prosiding konferensi, hingga jurnal harian miliki peneliti yang telah tersimpan di dalam NVIVO.
  1. Mempresentasikan hasil dari analisis data dalam tampilan model diagram serta grafik.
  1. Mampu menunjukkan kredibilitas, keabsahan dan subjektifitas atas data penelitian yang menggunakan metode kualitatif.
  1. Antarmuka pengguna (windows) dan analisis data berupa teks tersedia dalam beberapa bahasa yakni  Perancis, Inggris, Jerman, Jepang, Cina (sederhana) dan Portugis. Selain itu, NVIVO for Mac tersedia juga dalam bahasa Perancis, Inggris, Spanyol, Jepang dan Jerman

Tentunya sejumlah kegunaan dari adanya program NVIVO ini, dapat lebih mempermudah proses penelitian dan menghemat waktu bagi peneliti. Selain itu, melalui aplikasi NVIVO ini laporan analisis data yang dihasilkan nantinya juga dapat tersampaikan dengan lebih subjektif.

jika butuh bantuan terkait program ini, bisa hubungi kami lho gengs. akan kami bantu dengan optimal..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, Saya Intan spesialis asisten untuk pengerjaan skripsi, thesis atau disertasi. Chat aja, saya online 24 jam