5 Tips Mengatur Keuangan Ala Orang Terkaya Hongkong

Ingin mencapai keamanan finansial dengan lebih cepat? syaratnya harus disiplin. Disiplin menjadi strategi dari Li Ka-shing, yang terbukti membuatnya menjadi orang terkaya di Hongkong.

Tidak peduli seberapa banyak penghasilan yang kamu dapatkan, selalu ingat untuk membaginya ke dalam lima bagian secara proposional. Berikut 5 tips mengatur keuangan untuk disiplin mencapai keamanan finansial menurut Li Ka-shing.

1. Mengalokasikan 30% penghasilan untuk biaya hidup

Mengalokasikan 30% penghasilan untuk biaya hidup dapat dilakukan dengan memasak makanan sendiri dan membawa bekal ketika bekerja. Ketika penghasilan sudah berada di tangan, kamu harus menghitung biaya makan dalam waktu sebulan. Setidaknya ada pundi-pundi rupiah yang bisa disimpan.

2. Mengalokasikan 25% penghasilan untuk investasi

Jangan pernah berhenti untuk menabung. Gunakan uang tersebut sebagai modal awal untuk membangun bisnis kecil-kecilan atau berinvestasi di produk keuangan seperti investasi saham, crypto dan reksadana. Ketika kamu mulai menghasilkan uang, pengalaman ini akan menambah keberanian dan kepercayaan diri kamu.

3. Mengalokasikan 20% penghasilan untuk bersosialisasi

Perluas jaringan interpersonal kamu dengan orang-orang yang lebih sukses, lebih pintar, dan lebih bijak dalam bidangnya. Dengan begitu, lingkaran pertemanan kamu menghasilkan nilai yang luar biasa. Lingkaran pertemanan ini akan membawa ke jalur kesuksesan, karena secara tidak langsung kamu sudah dikenal reputasinya dan memunculkan citra positif sebagai orang yang baik dan murah hati.

4. Mengalokasikan 15% penghasilan untuk mengembangkan diri

Dunia terus berubah dari waktu ke waktu, maka dari itu kamu harus terus belajar untuk bisa beradaptasi dan relevan terhadap perkembangan zaman. Alokasi ini dipergunakan untuk mengikuti seminar, membeli buku, berlangganan platform edukasi online dan lain sebagainya.

5. Mengalokasikan 10% penghasilan untuk liburan

Melakukan perjalanan bisa memperkaya pengalaman. Oleh karena itu, sisihkan dan kumpulkanlah 10% gaji tiap bulan untuk biaya traveling. Dengan berlibur, pikiran kamu akan jadi lebih segar dan bukan tak mungkin semangat kamu dalam bekerja akan semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, saya Choliva Meilinda spesialis pengetikkan, edit, dan pembuatan dokumen online di Jagoketik.com. Butuh bantuan cepat? Chat saya sekarang.