Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang Benar Sesuai Format

Membuat Penelitian Tindakan Kelas yang Benar Sesuai Format

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah sebuah tindakan praktis dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas.

PTK wajib dilaksanakan oleh para pengajar seperti guru, baik guru SD, SMP, atau SMA. Bagi sebagian guru, pembuatan PTK sangat sulit dan rumit.

Oleh karena itu, penulis akan membimbing bagaimana membuat PTK yang mudah dan benar sesuai dengan pedoman dinas pendidikan atau Kemendikbud terbaru.

Pembuatan PTK juga dapat dijadikan sebagai salah satu syarat untuk naik pangkat, hal ini berlaku untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Cara Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Sesuai dengan Format

Berikut ini Anda akan mendapat gambaran yang jelas mengenai format PTK yang sesuai dengan standar dinas pendidikan.

Bahkan, Anda juga akan menemukan contoh PTK berikut lampiran-lampiran yang diperlukan untuk membuat PTK kepangkatan.

Adapun format PTK yang benar berdasarkan pedoman penelitian tindakan kelas yang dikeluarkan oleh Kemdikbud pada tahun 2015 adalah sebagai berikut:

1. Bagian Awal

Bagian awal dari format PTK sebagai pedoman Kemdikbud terdiri atas halaman judul, pengesahan, kata pengantar dan daftar isi. 

Judul

Judul PTK haruslah singkat, padat dan jelas. Judul harus benar-benar menggambarkan masalah yang diteliti, jenis tindakan yang dilakukan untuk mengatasi masalah, dan menggambarkan hasil yang ingin dicapai dalam penelitian.

Lembar Pengesahan

Pengesahan biasanya ditandatangani oleh kepala sekolah tempat guru mengajar.

Kata Pengantar

Dalam PTK kata pengantar tidak berisi hal-hal sebagaimana dalam skripsi dan sejenisnya. Kata pengantar PTK mirip dengan kata pengantar sebuah buku, menjelaskan alasan penelitian dilakukan.

Bagian ini juga harus menjelaskan kondisi lingkungan dan urgensi dilakukannya PTK di lokasi/sekolah bersangkutan.

Daftar Isi

Bagian selanjutnya adalah daftar isi. Ketentannya sebagaimana daftar isi pada umumnya.

2. Bagian Isi

Pada bagian ini berisi tiga pokok pembahasan, yaitu bagian pendahuluan, bagian kajian teori atau pustaka, dan bagian metode penelitian.

Pendahuluan

Sebagaimana karya ilmiah pada umumnya bagian pendahuluan ini memuat antara lain, latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian. Bagian latar belakang minimal 15% dari keseluruhan isi bagian pendahuluan.

Kajian Terdahulu atau Pustaka

Bagian ini berisikan hasil penelusuran peneliti mengenai beberapa penelitian yang selaras dengan penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh orang lain. Anda bisa mencarinya di jurnal-jurnal, PTK sejenis dan hasil penelitian lainnya.

Metode Penelitian

Sebagaimana metode pada umumnya, pada bagian ini Anda harus menguraikan secara detail dan praktis langkah-langkah apa saja yang akan ditempuh baik dari jenis penelitian , pengumpulan data hingga teknik analisis data. 

3. Bagian Pembahasan

Bagian ini berisikan pembahasan untuk menjawab rumusan masalah yang Anda temukan pada bagian pendahuluan. Judul sub-bab nya juga harus sesuai dengan konten rumusan masalah di latar belakang.

Artinya, apabila rumusan masalah Anda ada dua, maka sub-babnya harus dua, jika ada tiga maka sub-babnya juga harus tiga.

4. Bagian Penutup

Bagian ini berisi Kesimpulan dan Saran. Kesimpulan tidak boleh mengulang isi pembahasan, kesimpulan merupakan rangkuman dari pembahasan dan harus menjawab masalah yang ada rumuskan pada bagian pendahuluan.

Sedangkan saran, juga harus selaras dengan manfaat yang Anda tuliskan pada bagian pendahuluan. Artinya, jika Anda sebelumnya menulis bahwa PTK Anda bermanfaat bagi sekolah dan siswa, maka sarannya juga harus saran untuk sekolah dan siswa.

5. Daftar Pustaka

Daftar pustaka boleh disusun dengan menggunakan style APA atau dengan menggunakan Harvard Style.

6. Lampiran

Lampiran merupakan bagian terpenting dari PTK, kebanyakan guru ASN mencari contoh PTK untuk meniru bagian lampiran ini.

Biasanya untuk kepangkatan, yang diteliti oleh pihak dinas adalah bagian ini. Apa saja isi dari lampiran dan bagaimana formatnya, berikut adalah ulasannya.

DAFTAR LAMPIRAN PTK DAN CONTOHNYA

  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
  • Daftar Hadir Peserta Didik.
  • Instrumen Observasi Pembelajaran selama PTK.
  • Lembar Observasi Pembelajaran Selama PTK.
  • Instrumen Soal Siklus 1 dan Siklus 2.
  • Rekap Nilai Siklus 1 dan Siklus 2.
  • Hasil Pekerjaan Peserta Didik Siklus 1 dan Siklus 2.
  • Surat Izin Penelitian.
  • Surat Keterangan Melaksanakan PTK.
  • Surat Pernyataan Keaslian.
  • Surat Undangan dan Daftar Hadir Seminar PTK.
  • Notulensi Seminar PTK.
  • Berita Acara Seminar PTK.
  • Bahan Seminar PTK.

Download Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Gratis

Semua contoh PTK dan pampirannya bisa diunduh secara gratis. File dalam bentuk .rar untuk mengetahui password silahkan hubungi penulis via WhatsApp.

Membuat PTK bisa dibilang susah-sudah gampang, tergantung seberapa sering Anda melakukannya.

Bila Anda masih bingung juga setelah melihat penjelasan di atas, kami siap membantu Anda, baik untuk berkonsultasi mengenai pembuatan PTK atau membantu menyiapkan PTK Anda.

Anda akan memperoleh PTK siap jadi dengan isi dan lampiran yang sesuai dengan konteks sekolah Anda.

Jasa ketik berbagai jenis dokumen, besok langsung jadi

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, saya Soleh Hasan penulis artikel ini sekaligus spesialis pengetikan berbagai jenis dokumen. Chat saya di WhatsApp, online 24 jam