Ketrampilan Menulis Surat yang Tepat

Dalam kehidupan sehari-hari seseorang akan melakukan komunikasi untuk berinteraksi dengan satu sama lain.

Salah satu alat komunikasi yang digunakan yaitu dengan menulis surat. Surat merupakan alat komunikasi yang tertulis dimana didalamnya berisi tentang sebuah informasi, pesan, pertanyaan maupun sebuah harapan.

Dalam implementasinya alat komunikasi surat ini masih ada yang kurang tepat sehingga isi pesan dan informasi yang disampaikan tidak jelas oleh para pembacanya.

Terlebih lagi saat ini masih terdapat tenaga administrasi perkantoran maupun sebuah organisasi yang menggunakan alat komunikasi dengan surat.

Surat yang tepat harus disusun secara baik dan benar.

Dimana dalam menyusun ini diperlukan bagian – bagian surat yang harus diperhatikan apakah sudah baik dan benar.

Bagian-bagian surat jika ditulis dengan tepat dan sesuai aturan yang berlaku akan menjadi salah satu alat komunikasi yang tepat.

Pengertian surat sendiri yaitu sebuah alat komunikasi yang memuat sebuah tulisan, pernyataan, informasi, harapan, perintah, pertanyaan hingga sebuah respon yang ditujukan kepada seseorang atau sebuah organisasi lain.

Surat sendiri mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai alat komunikasi antara dua belah pihak baik secara individu maupun massa.

Dalam menerapkan ketrampilan menulis surat yang tepat, kita harus dapat memperhatikan bagian-bagian surat yang harus ditulis sesuai dengan kaidah yang ada.

Bagian-bagian surat yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu kepala surat, tanggal surat, nomor surat, sifat surat, lampiran, perihal, alamat dalam, kalimat pembuka, isi surat, kalimat penutup, nama jabatan, tanda tangan dan tebusan.

Surat sebagai alat komunikasi juga dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu surat resmi, surat pribadi, dan surat niaga.

Surat dapat dikatakan sebagai alat komunikasi tertulis yang tepat jika dapat memenuhi syarat-syarat berikut ini yaitu ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar terutama untuk menulis surat resmi, menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, menggunakan tata penulisan yang sesuai ejaan yang dibenarkan atau EYD, menerapkan kalimat efektif dan isi surat yang sesuai dengan fakta yang ada.

Berdasarkan pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa ketrampilan menulis surat merupakan salah satu ketrampilan dalam bidang menulis.

Dalam menulis surat harus disusun dengan baik agar dapat menjadi surat yang baik dan benar.

Sehingga dalam menyampaikan informasi kepada para pembacanya juuga tersampaikan dengan baik dan mendapatkan respon yang sesuai dengan harapan para penulis surat.

Dengan terciptanya surat menyurat yang tepat dapat membantu tercapainya tujuan sebuah organisasi agar dapat bersaing di era yang semakin pesat saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam