Kawula Muda Wajib Paham Perbedaan Asurasi Jiwa dan Kesehatan

Kawula Muda Wajib Paham Perbedaan Asurasi Jiwa dan Kesehatan – Pernah merenung nggak? Kalau asuransi merupakan suatu perlindungan apabila terjadi suatu risiko keuangan akibat adanya kondisi tertentu. Contohnya jika terjadi penyakit parah, kecelakaan, hingga kematian. Jadi meski usia masih muda, haruslah paham hal ini. Karena Asuransi jiwa dan kesehatan merupakan dua jenis perlindungan terhadap diri secara personal, jadi kamu butuh banget tahu ini.

Dengan demikian, kamu nggak boleh sepelakan ya, usia muda nggak menutup kemungkinan kamu sendiri akan mengalami satu penyakit serius. Terlebih, kamu nantinya akan membimbing keluarga atau kerabat yang memang butuh perlindnagan asuransi. Jadi kamu harus paham perbedaannya, agar tidak tersesat saat membeli polis.

Pengertian Asuransi Jiwa dan Kesehatan 

Asuransi Kesehatan merupakan suatu perlindungan terhadap risiko kesehatan yang mungkin terjadi. Apabila seorang pemegang polis mengalami kecelakaan ataupun keluhan kesehatan hingga memerlukan penanganan medis, pihak asuransi akan membayarkan biaya rumah sakitnya. Tentu saja, perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan  dasi sisi nilai pertanggungan dan cakupan perlindungannya sesuai polis tersebut. Adapun Asuransi jiwa merupakan perlindungan terhadap adanya risiko kematian. Artinya, apabila pemegang polis meninggal dunia akibat kecelakaan ataupun sakit, pihak asuransi akan membayarkan sejumlah uang pertangggungan. Besarnya uang pertanggungan disesuaikan ketetapan yang ada pada polis asuransi. Penerima dana adalah ahli waris yang tercatat pada polis.

Lima Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Apabila melihat pengertian dari keduanya, tentu kamu sudah bisa mulai memperkirakan perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan  . Perbedaan tersebut terutama tampak nyata pada perlindungan yang diberikan. Kamu dapat melihat perbedaannya pada penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Jenis Perlindungannya

Perbedaan yang pertama adalah jenis perlindungannya. Asuransi jiwa melindungi risiko keuangan apabila pemegang polis meninggal dunia. Adapun asuransi kesehatan memberikan perlindungan terhadap risiko yang timbul saat pemegang polis harus mendapatkan penanganan medis. Namun, keduanya sama-sama memberikan perlindungan keamanan finansial saat terjadi risiko.

2. Perbedaan Dari Waktu Pengajuan Klaim Pertanggungan

Perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan berikutnya ada pada proses pengajuan klaim. Asuransi jiwa menetapkan pengajuan klaim hanya bisa dilakukan saat pemegang polis meninggal dunia. Tentunya, klaim tidak dapat diajukan saat ia masih hidup, kecuali pada asuransi jiwa unit link. Adapun klaim asuransi kesehatan baru bisa dilakukan saat pemegang polisnya sakit.

3. Penerima Manfaat Asuransi

Selanjutnya, kamu bisa melihat bahwa ada juga perbedaan penerima manfaat dari kedua asuransi tersebut. Pada asuransi jiwa, penerima manfaat (dana hasil klaim) adalah ahli waris dari pemegang polis. Adapun pada asuransi kesehatan, penerima manfaatnya adalah pemegang polis itu sendiri, yaitu untuk mendapatkan penanganan medis tanpa pusing memikirkan biaya.

4. Perbedaan Pada premi

Kemudian, ada juga perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan pada premi yang dibayarkan. Kamu perlu mengetahui sebelumnya bahwa besarnya premi yang dibayarkan tergantung pada perlindungan yang diberikan. Semakin lengkap perlindungannya, nominal premi pun meningkat. Begitu juga asuransi jiwa unit link yang memiliki tambahan rider berupa asuransi kesehatan.

5. Cara Mengajukan Klaim

Perbedaan selanjutnya dilihat dari cara pengajuan klaim. Pada asuransi jiwa, klaim diajukan dengan melampirkan beberapa dokumen, terutama surat kematian pemegang polis. Adapun pada asuransi kesehatan, ada dua cara mengajukan klaim, yaitu dengan metode reimburse (penggantian biaya rumah sakit) dan cashless (non tunai).

Setelah mengetahui perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan  , mana yang akan kamu pilih? Perusahaan asuransi mana yang akan kamu beli polisnya? Apabila kebingungan menjawab pertanyaan tersebut, tak ada salahnya kamu mengunjungi website-website asuransi untuk memudahkanmu menentukan asuransi yang paling tepat bagimu melalui fitur pembanding. Memiliki asuransi merupakan keputusan tepat, tetapi perlu pertimbangan matang. Dengan memahami perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan, tentu bisa mempertimbangkan perlindungan apa saja yang kamu perlukan. Pastikan kamu membelinya melalui agne terpercaya dan kamu kenal dengan baik, untuk antisipasi hal buruk terkait oknum agen asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!