Jurnal Scopus adalah? Yuk Simak Penjelasannya Di Bawah Ini

jurnal scopus adalah

Jurnal Scopus adalah literatur ilmiah sebagai pusat data dan portal pencarian artikel ilmiah. Yuk simak baik-baik.

Jurnal Scopus adalah jurnal internasional yang tercatat sebagai salah satu penerbit jurnal terkemuka. Scopus terbilang cukup banyak dalam menyediakan berbagai macam artikel dan jurnal. Awalnya jurnal ini dikemukakan oleh Elsevier ke mata dunia sejak tahun 2004.

Jika diamati saat ini Scopus telah berhasil mengindex lebih dari 20.000 jurnal dari 5.000 lebih penerbit. Scopus memang memiliki cakupan yang sangat luas sebagai pangkalan data dan juga sitasi dari jurnal ilmiah. Hal ini lah yang membuat Jurnal Scopus cukup menjadi titik istimewa bagi para akademisi.

Daftar Jurnal Scopus Free

Meskipun Jurnal Scopus dinyatakan sebagai jurnal internasional namun peneliti tetap bisa menerbitkan jurnal secara gratis. Beberapa Jurnal Scopus free diantaranya:

 IJET

International Journal on Emerging Technologies merupakan salah satu jurnal yang terindex scopus namun tidak dipungut biaya apapun. Meskipun gratis namun penerbitan di IJET tergolong cepat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 bulan saja untuk bisa terbit.

WJST

Walailak Journal of Science and Technology merupakan salah satu portal jurnal tanpa menggunakan biaya apapun. Keistimewaannya yakni WJST sudah terdaftar dalam Scopus. Butuh waktu hanya 2 bulan agar jurnal bisa terbit di WJST.

PEERJ (jurnal ilmu material)

Keistimewaan jurnal Peerj adalah salah satu jurnal terdeteksi scopus yang menerbitkan secara gratis. Namun hanya dikhususkan bagi penulis asal negara dengan taraf pendapatan rendah. Durasi penerbitan jurnal Peerj sekitar 60 hari  dan tergolong cukup cepat.

JESTECH

Jurnal Engineering Science & Technology merupakan salah satu portal jurnal scopus yang mudah tembus dan tanpa biaya penerbitan. Tetapi jangka penerbitannya terbilang lama. Yakni berkisar antara 3 sampai 6 bulan.

Daftar Jurnal Scopus Indonesia

Perlu diketahui bersama bahwa hingga saat ini tercatat kurang lebih 60 jurnal Indonesia yang berhasil terindex Scopus. Hal ini merupakan sebuah prestasi dalam dunia karya tulis. Buktinya Jurnal Scopus Indonesia kini bisa diakses diantaranya:

Al-Jami’ah

Jurnal Al-Jami’ah yaitu jurnal resmi milik UIN Sunan Kalijaga yang dideteksi Scopus resmi disertai dengan nomor ISSN. Mayoritas artikel yang diterbitkan ialah seputar kajian Islam. Tenang saja di jurnal Al-Jami’ah sudah terdapat template jika ingin mengirimkan artikel.

IJMS

Indonesia memang memiliki banyak sekali perguruan tinggi berkualitas. Termasuk Universitas Diponegoro yang mengelola jurnal dan tercatat pada Scopus bernama Indonesian Journal of Marine Sciences. Ini adalah salah satu jurnal yang khusus menerbitkan bidang ilmu kelautan.

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Jurnal Scopus UGM nampaknya juga menarik untuk diketahui. Jurnal ini membidangi ilmu sosial dan politik. Ternyata sudah banyak perguruan tinggi yang terdaftar untuk bisa mempublikasikan jurnalnya di Jurnal Scopus.

Nah beberapa penjelasan di atas yakni mengenai Jurnal Scopus adalah sebuah pangkalan data pustaka. Jangan lewatkan waktu untuk mencoba mengirimkan karya ilmiah ke Jurnal Scopus ya! Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Jasa Publikasi Jurnal LoA 7 hari