Karakter Pada Anak Seberapa Pentingkah?

Pendidikan Karakter Pada Anak Seberapa Pentingkah? – Pendidikan sebagai pilar dalam kehidupan seseorang yang tidak hanya diperhatikan pada pendidikan formal saja. Akan tetapi, perhatikan juga mengenai pendidikan karakter anak. Tahukah? sejak anak dini, orang tua secara tidak sadar telah membentuk karakter anak.

Pendidikan karakter merupakan suatu usaha manusia yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mendidik serta memberdayakan potensi anak guna membangun karakter pribadinya. Nantinya bisa menjadi individu bermanfaat untuk diri sendiri dan juga lingkungannya.

Pendidikan karakter pada anak merupakan suatu pengajaran yang menekankan pada nilai-nilai untuk membentuk kepribadian anak. Anak dapat dikenalkan pada berbagai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, peduli, saling menghargai, dan adil. Serta anak bertindak sebagai warga negara yang baik.

Pendidikan Karakter Pada Anak Penting Ditanamkan

Pendidikan karakter anak sebagai proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritual, dan kepribadian. Dengan begitu, penting peran pendidikan karakter pada bagaimana anak bersikap serta menjalani kehidupannya.

Anak akan tumbuh dan berkembang dengan mandiri, aktif, tangguh, dan kreatif dengan pendidikan karakter pada anak yang kuat.  Masyarakat pada umumnya menilai individu sebagai karakter yang baik atau unggul dari usaha yang dilakukan. Mejalankan hal-hal terbaik terhadap Tuhan YME, dirinya, lingkungan bangsa dan negara, serta internasional.

Seseorang berusaha melakukan hal terbaik dengan mengoptimalkan potensi/pengetahuannya disertai dengan kesadaran emosi serta motivasi/perasaannya. Pendidikan karakter sendiri meliputi aspek pendidikan budi pekerti plus dengan melibatkan aspek pengetahuan atau kognitif. Lalu, sikap dan perasaan atau afektif, serta tindakan atau aksi.

Pendidikan karakter pada anak untuk penerapannya dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan, membuat kecerdasan emosi anak akan terlatih. Anak mudah dan berhasil menghadapi beragam tantangan hidup serta berhasil secara akademis dengan bantuan pendidikan karakter.

Apabila orang tua inginkan karakter positif tentu orang tua harus mempunyai karakter positif juga. Dalam hal ini orang tua dituntut menerapkan nilai-nilai moral pada kehidupan sehri-hari Serta perlakukan anak sesuai dengan nilai-nilai moral itu. Orang tua bukan hanya saja memberitahu apa yang tidak boleh dilakukan dan boleh.

Pendidikan karakter pada anak menjadi penting dikenalkan di era globlalisasi informasi sekarang ini. Isu negatif maupun berita hoaks rentan sekali bagi anak yang akan berpengaruh pada pola pikir dengan nilai yang tidak sesuai budaya dalam keluarga serta negara. Pendidikan karakter yang diperoleh anak diharapkan menjadi filter.

Pendidikan Karakter Pada Anak Memiliki Manfaat Baik

Pendidikan karakter anak memiliki ciri-ciri berhasil dapat dilihat dengan bagaimana sikap anak terhadap guru, orang tua, dan teman-teman. Kesadaran untuk selalu berusaha beribadah dengan baik, belajar sungguh-sungguh sehingga membuahkan prestasi dimiliki anak-anak. Di bawah ini manfaat yang bisa diperoleh dalam pendidikan karakter anak :

  1. Kepribadian anak dapat dibentuk secara keseluruhan tidak hanya pintar dan cerdik, tetapi juga berani, peduli, menghargai orang lain dan lainnya.
  2. Kepribadian anak dikembangkan lewat kurikulum pada kegiatan belajar mengajar
  3. Ciptakan Suasana belajar dan bermasyarakat lebih positif
  4. Kemampuan memecahkan masalah (Problem Solving) diajarkan pada anak
  5. Mempunyai rasa tanggung jawab sebagai warga negara yang baik pada anak
  6. Persaingan sehat akan menumbuhkan sikap kompetitif pada anak
  7. Ciptakan generasi emas yang berguna bagi agama, nusa, dan bangsa di waktu datang

Pendidikan karakter pada anak penting ditanamkan dan diajarkan serta dicontohkan. Dengan begitu, akan berpengaruh terhadap kehidupan anak nantinya. Anak yang dibekali dengan karakter yang kuat akan lebih baik dalam menjalankan hidup. Oleh karena itu, penting menanamkan pendidikan karakter anak dalam keseharian. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!