5 Bahasa Asing Paling Dibutuhkan Masuk Dunia Kerja

Sejumlah perusahaan mengharapkan pegawai mereka mampu menguasai bahasa asing paling dibutuhkan dalam dunia kerja. Sehingga, para pekerja haruslah memiliki kemampuan dalam penguasaan bahasa asing yang dapat menunjang pekerjaan mereka.

Memasuki dunia kerja, ada lima bahasa asing yang penting untuk dikuasai dan dianggap sangat berpengaruh memberi peluang bagi calon pekerja yang nantinya akan meniti karier baik di perusahaan lokal maupun internasional. Berikut ini di antaranya

Bahasa Inggris

Tentu Anda juga setuju jika bahasa Inggris sekarang bukan lagi menjadi nilai plus dalam dunia kerja. Melainkan, bahasa Inggris sudah menjadi semacam persyaratan yang harus dimiliki ketika mengajukan lamaran kerja.

Bahasa Mandarin

Tak hanya bahasa Inggris, urutan kedua bahasa penting di dunia kerja yang wajib dikuasai para pekerja adalah bahasa Mandarin. Semakin menjamurnya perusahaan asal Tiongkok di Indonesia, maka penguasaan bahasa Mandarin tentu juga diperlukan di situ.

Tak sekedar sebagai alat komunikasi, namum kemampuan penguasaan bahasa Mandarin juga diyakini mampu membangun kedekatan emosional antar sesama pebisnis.

Bahasa Jepang

Jepang cukup mampu memegang dominasi industri teknologi bahkan hingga lokomotif terutama dalam bisnis di Indonesia. Jepang pun juga sangat menjunjung tinggi bahasa milik mereka, itulah mengapa pebisnis asal Jepang banyak yang tak begitu mahir dalam berbahasa Inggris.

Maka, para pebisnis ini sangat menghargai dan senang menyambut calon pegawai yang mampu menguasai bahasa Jepang dengan baik.

Bahasa Perancis

Terdapat lagi, bahasa asing paling dibutuhkan terutama pada sektor bisnis hingga diplomasi, yakni bahasa Perancis. Bahasa Perancis membutuhkan waktu 600 jam dan termudah untuk dipelajari menurut data hasil klasifikasi FSI tentang tingkat kesulitan bahasa bagi penutur Inggris.

Tetapi, untuk saat ini penguasaan bahasa Perancis belum terlalu banyak menjadi syarat masuk di sebuah perusahaan. Namun, apabila Anda menginginkan untuk memiliki karier di perusahaan Perancis maka menguasai bahasa asing ini dapat mendorong karier Anda secara signifikan.

Bahasa Arab

Dengan banyaknya bisnis yang kini semakin berkembang di Arab mulai dari sektor pariwisata hingga maskapai, maka lapangan kerja juga semakin terbuka terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan baik dalam penguasaan bahasa Arab.

Bahasa yang memiliki keunikan metode tulis dan baca dari kanan ke kiri ini membuatnya berbeda dari bahasa lainnya dan menjadikan bahasa Arab menjadi bahasa nasional di wilayah UEA.

Penguasaan bahasa asing paling dibutuhkan dalam bidang pekerjaan memang sangat mampu menjadi penentu kelayakan dan peluang memasuki dunia kerja. Kemampuan berbahasa asing ini juga harus dimiliki bagi para pekerja yang ingin terus bertahan dan beradaptasi di lingkungan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Butuh bantuan pengetikan, pengerjaan ataupun asistensi baik Jurnal, Skripsi, Tesis, Disertasi. Silahkan Chat ya