Jenis-Jenis TV dan Sejarah TV Dari Awal Penemuan

Zaman modern gini siapa sih yang gak kenal TV? TV atau Televisi sendiri ditemukan oleh John Mc. Graham, diawali dengan adanya penemuan dasar gelombang elektromagnetik oleh Joseph dan Michael Faraday di tahun 1831, dan tumbuh lah sembuah perkembangan pesat melalui teknologi komunikasi elektronik ini.

TV adalah suatu barang elektronik yang 100% hampir dimiliki oleh orang-orang di seluruh dunia, ada banyak jenis-jenis Televisi dengan spesifikasi yang sangat berbeda di pasaran.
Walaupun memang belakangan ini Televisi sempat merosot karena munculnya aplikasi-aplikasi streaming untuk menonton film di Android maupun Apple, tapi tetap saja TV lebih menjanjikan karena mempunyai pixel dan layar yang lebih lebar daripada handphone dan android pada umumnya, terlebih lagi dimasa pandemi kemarin Rating TV mengalami peningkatan yang sangat baik, dan hadirnya TV dengan begaram fitur canggih membuat barang elektronik satu ini mampu bersaing dengan barang elektronik seperti gadget dan lainnya.

Klasifikasi Jenis TV

Macam-macam jenis TV berdasarkan fiturnya terdapat 3 bagian yaitu :

TV Konvensional

Kalian tahu gak sih TV Konvensional? Ya, jenis TV ini sudah lebih dahulu dikenal oleh karangan masyakarat karena banyak digunakan sejak dekade 70-an. Media yang sering disebut TV tabung ini memiliki ciri khas cembung dan size yang sangat besar ya berbeda dengan TV modern zaman kini. TV ini juga harus menggunakan antena atau STB tidak seperti tv digital zaman sekarang yang tidak perlu menggunakan itu.

Smart TV 

Nah, teknologi TV yang terbaru ini sangat-sangat modern loh. Dilengkapi dengan sistem operasi yang hampir mirip smartphone, dan ada bermacam-macam sistem operasi antara lain Android, Web OS, Tizen OS, Firefox OS dan masih banyak lainnya.

Android TV

Jenis TV Android lebih menggunakan spesifikasi yang sangat spesifik yaitu Android, penggunaaan OS ini membuat Jenis Android TV ini bergantung pada dan ter-integrasi pada Google TV dan Google Play Store.

Jenis TV Berdasarkan Teknologi

Sebelum membeli sebuah TV, anda harus pahami bermacam teknologi TV yang ada saat ini, ada 4 macam tekonologi saat ini :

  • TV LCD, apa itu LCD? LCD adalah kepanjangan dari Liquid Crystal Display, TV ini menggunakan layar kristal bersama dengan fluorescent yang memancarkan backlight ( cahaya putih ).
  • TV LED, apa itu LED adalah Light Emitting Diode, TV ini sama dengan teknologi LCD, hanya saja lebih hemat dan ramah listrik.
  • TV OLED, singkatan dari Organic Light Emmiting Diode. Teknologoi panel yang mengandung organik sehingga dapat memancarkan cahaya ketika listrik mengenai panel, tidak hanya hemat listrik, TV OLED ini sangat aman untuk mana, tapi kelemahannya cuma 1, harga yang sangat mahal.
  • TV QLED, Quantum Light Emmiting Diode. TV ini menggunakan titik Quantum untuk memaksimalkan cahaya tanpa kehilangan suatu warna, inilah yang menyebabkan kenapa kita bisa melihat tampilan gambar dan warna yang sangat jelas, dan harga TV dengan teknologi ini cukup terjangkau dibandingkan Kakaknya yaitu TV OLED.

Jenis TV Berdasarkan Tipe Layar

Ada 3 jenis 3 berdasarkan tipe layar, yaitu :

  • TV layar cembung, ciri khas TV konvensional, jenis tv ini ukurannya sangat tebal dan hanya bisa menggunakan sinyal analog.
  • TV layar datar, sebagian jenis TV ini kebanyakan Smart TV dan juga Android TV tentunya yang sudah menggunakan layar datar.
  • TV Curve (layar cekung) TV layar terbaru yang juga memberikan kualitas layar yang sangat baik, sehingga membuat segala suatu yang ditampilkan menjadi nyaman dan terlihat lebih nyata.

Berikut Jenis TV, Klasifikasinya dan sejarah awal penemuan TV. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi teman-teman JagoKetik, terima kasih and see you next time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam