Figma VS Adobe XD, Siapa Lebih Worth It?

Sebelum masuk pada materi pembahasan, Apakah Sobat TI sedang mencari software atau aplikasi yang digunakan untuk membantu Sobat TI untuk mendesign UI/UX sebuah proyek digital Sobat TI semua? jika benar, maka simak pembahasan artikel ini hingga akhir ya Sobat, Sebelum kita menelaah lebih jauh lagi, alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan kedua aplikasi atau software ini.

Langsung saja, kita akan berkenalan dengan kedua aplikasi ternama ini ya Sobat TI, yang pertama yaitu Figma dan yang kedua Adobe XD.

Figma adalah aplikasi design UI/UX yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi, web, serta berbagai komponen UI, aplikasi ini berbasis web yang artinya aplikasi dapat diakses tanpa mendownload software tersebut sehingga membuat pengguna lebih fleksibel untuk mengerjakan suatu design. Aplikasi ini dapat digunakan oleh sistem operasi seperti Windows dan Mac OS.

Adobe XD adalah aplikasi atau software yang diterbitkan dan dikembangkang oleh Adobe Inc yang dirilis pada Maret 2013, akan tetapi software ini harus didownload terlebih dahulu pada laman resmi Adobe dan Adobe XD ini dapat digunakan oleh sistem operasi Windows dan Mac OS.

Pengertian dasar dari Figma dan Adobe XD secara garis besar memiliki makna yang sama, yaitu sama-sama digunakan untuk membuat Design UI/UX, untuk mengetahui mana yang lebih worth it untuk digunakan oleh Sobat IT yang notabennya tidak suka ribet dan ringan untuk laptop Sobat IT semua. Simak beberapa ulasan sebagai perbandingan dibawah ini:

Hal yang terdapat pada Figma:

Dengan kelebihan:

  • Tanpa perlu melakukan instalasi (Berbasis Cloud)
  • Terintegrasi dengan internet
  • Banyak pilihan plugin yang disediakan di figma
  • Tersedianya paket GRATIS
  • Dapat bekerja dan berkolaborasi secara realtime
  • Project yang dikerjakan mudah untuk dibagikan
  • Banyak pilihan model desain (Web ataupun Mobile)

Hal yang terdapat pada Adobe XD:

Dengan kelebihan:

  • Dapat mendownload software di situs resmi Adobe
  • Tidak terpaku pada koneksi internet
  • Berfokus pada design tools
  • Adobe XD dapat terintegrasi dengan aset software design lainnya (Photoshop. Sketch. dan Illustrator)
  • Mempunyai performa cepat untuk merancang sebuah design

Berdasarkan dua perbandingan diatas, memang satu software dengan software lainnya memiliki kelebihan, akan tetapi kekurangan pada Figma masih dapat di tolerir dan saya sebagai orang yang berkecimbung pada dunia IT maka merekomendasikan penggunaan Figma, terlepas dari pilihan Sobat IT semua dan kebutuhan Sobat IT semua.

Demikian penjelasan singkat dari saya mengenai kedua software yang sedang hits dikalangan Sobat TI ini, apabila Sobat IT mempunyai saran atau pertanyaan saya sangat senang. Terima Kasih telah membaca artikel ini Sobat TI. Salam Titik Koma!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam