Cara Mengatur Margin Ganjil Genap (Mirror Margins) di Microsoft Word

Setelah sebelumnya artikel saya mengenalkan bagaimana Cara Mengatur Margin 4433 di Microsoft Word , kali ini masih tentang area pengaturan tersebut. Telah kita ketahui bahwa margin merupakan garis atau jarak antara tepi teks. Margin mempunyai salah satu fungsi sebagai batas tepi dokumen di setiap halaman.

Ada beberapa jenis margin, diantaranya yaitu margin normal, margin narrow, margin moderate, margin wide, margin mirrored dan custom margin. Nah, pembahasan yang kali ini akan dibahas yaitu mirror margins. Mirror Margins atau margin cermin digunakan untuk mengatur halaman ganjil genap sehingga ketika dokumen dicetak secara bolak balik maka margin atau jarak tepi seimbang. Ada beberapa universitas juga menggunakan pengaturan margin mirror ini.

Seperti contoh berikut: 3433

Top : 3

Left: 4

Bottom : 3

Right : 3

Nah, untuk mengatur margin sesuai keadaan tersebut maka harus dilakukan perngaturan margin mirror yaitu depan (ganjil) dan belakang (genap)

Untuk mengatur tersebut, berikut langkah-langkah cara mengatur margin mirror atau ganjil genap:

  1. Blok seluruh dokumen yang ingin diatur dengan cara tekan ctrl + A.
  2. Pilih Page layout atau Layout kemudian klik Margin lalu Custom Margin
  3. Maka akan tampil seperti di bawah ini. Dalam gambar tertera pengaturan mode normal margin, jadi perlu kita setting sesuai yang dikehendaki.
  4. Isi kolom margins dengan angka yang sudah ditentukan.

Untuk mengatur margin cermin atau mirror margin sorot pada bagian multiple pages klik tanda panah kemudian pilih mirror margins lalu klik OK. Dalam mirror margin, di bagian kolom margin ada indside dan outside. Untuk angka yang dituliskan sama dengan left dan right yaitu left 4 cm dan right 3 cm.

Maka, dokumen yang sudah diblok tersebut telah diatur sesuai yang dikehendaki. Semoga langkah-langkah diatas bisa membantu.

Namun, jika kesulitan dalam mengatur tata penulisan sesuai pedoman universitas, jagoketik.com siap membantu dan melayani jasa formating dokumen sperti skripsi, jurnal, proposal, makalah, karya ilmiah dan lain-lain. Selain tips dan trik di atas, ada banyak lagi materi perihal formating yang dapat Anda lihat di https://jagoketik.com/blogs Jangan malas membaca untuk menambah ilmu yang ingin kamu ketahui. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam