Sering Mengalami Writer’s Block? Berikut ini 5 Cara Jitu Untuk Mengatasinya

Writer’s Block adalah fenomena yang sering dialami oleh para penulis. Istilah Writer’s Block ini digunakan ketika seorang penulis mengalami suatu kebuntuan ide dalam merangkai sebuah kata-kata sehingga mengakibatkan penulis tersebut kesulitan dan tidak bisa menghasilkan tulisan.

Writer’s Block tidak hanya dialami oleh penulis novel, cerpen dan komik saja, tetapi Writer’s Block juga sering menyerang para pejuang skripsi, tesis, disertasi ataupun bentuk tugas lainnya. Situasi ini seringkali membuat penulis merasa tertekan, stress dan kebingungan sehingga berakhir dengan hilangnya motivasi penulis untuk melanjutkan tulisannya.


Jadi, jangan heran jika kamu menemukan sebuah novel yang hiatus dalam jangka waktu yang cukup lama. Bisa saja penulis novel tersebut sedang mengalami Writer’s Block. Mengatasi Writer’s Block juga bukan perkara yang mudah. Banyak penulis yang harus mengalami proses yang rumit untuk terlepas dari Writer’s Block.

Apakah Writer’s Block itu menakutkan? Bagi seorang penulis Writer’s Block adalah fenomena yang cukup menakutkan. Kalian bayangkan saja ketika seorang penulis tidak bisa merangkai kata-kata dan tidak bisa menulis apapun, penulis tersebut hanya akan menatap kertas atau laptop yang ada didepannya dengan tatapan kosong, tanpa ada gerakan selama beberapa jam.

5 Cara Mengatasi Writer’s Block Paling Jitu, Buktikan!


Berikut ini adalah 5 cara jitu yang bisa kalian terapkan ketika mengalami Writer’s Block, sehingga kalian dapat terlepas dari fase ini:

1. Membaca buku yang kamu Sukai

Membaca buku yang kamu sukai akan membantu kamu untuk memulihkan mood dan membuat rileks pikiranmu. Hindari membaca buku yang akan membuatmu merasa sedih, karena hal itu akan membuatmu merasa terbebani.

Sebaiknya bacalah buku-buku yang lucu dan menyenangkan sehingga akan membuat hatimu menjadi lebih baik sehingga dapat menghilangkan perasaan tertekan di dalam dirimu.

2. Menghindari untuk melanjutkan tulisan yang kamu kerjakan saat itu untuk beberapa waktu

Jika membaca belum membantumu, maka hal yang harus kamu lakukan adalah menghindari untuk melanjutkan tulisan yang sedang kamu kerjakan saat itu.

Apakah kamu harus menghindari dalam jangka waktu yang lama? Jawabannya adalah Tidak. Kamu cukup menghindari pekerjaan menulismu dalam jangka waktu 1-2 hari saja.

Kamu juga bisa menggantinya dengan pekerjaan lainnya, seperti menggambar atau menulis bebas.

3. Lakukan kegiatan yang menyenangkan dan Istirahat

Melakukan aktivitas atau kegiatan yang menyenangkan dapat membuat pikiranmu sedikit lebih rileks, sehingga diharapkan dapat menghilangkan stress yang ada di dalam dirimu.

Cobalah untuk berlibur atau menikmati pemandangan alam, bermain di taman bermain hingga menikmati makanan favoritmu.

Pastikan bahwa pada hari itu kamu hanya melakukan kegiatan yang membuatmu senang, karena ketika kamu merasa senang, ide atau kata-kata yang ingin kamu ungkapkan akan bermunculan dengan sendirinya.

Usahakan lakukan kegiatan di luar rumah, karena di dalam rumah secara terus menerus tidak akan memberikan hal baik untukmu.

Setelah itu lakukan istirahat yang cukup sehingga otakmu akan ikut beristirahat dan kondisi badanmu akan menjadi segar dikemudian hari.

4. Membaca Ulang Tulisanmu

Membaca ulang tulisanmu sedikit banyak dapat membantumu menemukan ide baru ataupun kata-kata baru.

Membaca ulang kerangka tulisanmu dapat juga menjadi panduan menulismu, karena ketika kamu sudah terlalu lama mengerjakan tulisanmu maka topik yang kamu ambil seringkali menjadi tambah melebar, sehingga membaca ulang kerangka tulisan juga dapat membantumu untuk memfokuskan target utama yang ingin kamu capai.

5. Waktu Terbaik dan Tempat Terbaik

Ide dan kata-kata akan lebih mudah dikelola ketika pikiranmu belum kebanyakan beban, jadi temukan waktu terbaikmu karena hal itu akan membantumu mengatasi Writer’s Block.

Temukan waktu yang bisa membuatmu tenang dan nyaman, misalnya pada pagi hari ataupun malam hari.

Selain itu juga, tempat terbaik akan dapat membantumu menemukan inspirasi baru, misalnya di sebuah kafe yang suasananya tenang dengan ditemani minuman hangat akan bisa membantumu mengatasi Writer’s Block.

Demikian 5 Cara Jitu Untuk Mengatasi Writer’s Block, semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam