5 Tips Mendesain Website Agar Terlihat Profesional

Ketika ada pengunjung yang mengunjungi sebuah website, mereka langsung dapat menilai brand website tersebut melalui kesan pertama hanya dalam beberapa detik saja. Jadi, pastikan untuk membuat kesan yang positif bagi para pengunjung. Jika tampilan website tidak menarik dan tidak rapi, maka pengunjung akan mendapatkan kesan negatif dan mereka bisa saja langsung meninggalkan website tersebut hanya dalam beberapa detik saja.

Tentu saja kamu tidak ingin itu terjadi pada website-mu, ‘kan? Desain website memiliki peran yang sangat penting untuk brand kamu. Selain mempengaruhi pengunjung, desain yang buruk juga dapat mengacaukan SEO pada website kamu. Oleh sebab itu, JagoKetik akan membagikan tips dalam mendesain website agar tampil lebih profesional dan terpercaya.

1. Desain Responsif.

Saat ini, era mobile sudah semakin berkembang. Oleh sebab itu, desain yang responsif sangatlah penting karena itu akan membuat website kamu dapat diakses pada segala jenis perangkat. Saat ini, ada banyak sekali ukuran atau resolusi layar pada perangkat mobile, tetapi kamu hanya perlu fokus pada 3 breakpoints saja, yaitu mobile (<768px), tablet (<1024px), dan desktop (>1024px).

2. Palet Warna

Salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam mendesain sebuah website adalah pemilihan warna, sebab warna dapat memberikan dampak yang besar dari segi konsistensi. Dalam hal ini, penulis merekomendasikan situs Coolors, Color Hunt, dan Adobe Color untuk memilih kombinasi warna yang sesuai untuk website kamu.

3. Jenis Font

Pemilihan font juga harus diperhatikan pada tahap awal pembuatan website. Gunakanlah maksimal tiga jenis font agar website kamu terlihat lebih konsisten dan tidak nano-nano. Penulis sendiri biasanya hanya menggunakan dua jenis font, yang pertama untuk judul lalu yang kedua untuk paragraf. Jika kamu kebingungan mencari font untuk website-mu, kamu bisa mengunjungi situs Google Fonts sebagai referensi.

4. Ukuran Font

Selain tata letak/layout, ukuran font juga berpengaruh terhadap tingkat keresponsifan website-mu, terutama untuk bagian heading. Ukuran font yang sama untuk desktop dan mobile akan membuat teks yang tampil pada perangkat mobile menjadi terlalu besar. Oleh sebab itu, kamu harus mengatur ukuran yang berbeda untuk setiap judul (H1-H6) pada setiap perangkat. Kamu bisa menggunakan situs Responsive Font Size Calculator untuk menghitung ukuran font pada setiap perangkat.

5. Media

Hal terakhir yang dapat membuat desain website kamu lebih profesional adalah dengan pemilihan media yang tepat. Kamu bisa memulainya dengan memilih gambar yang beresolusi tinggi dan relevan dengan brand website kamu. Jika memungkinkan, hindari penggunaan gambar ilustrasi agar website kamu tidak terlihat pasaran. Dalam mencari gambar, penulis biasanya menggunakan situs Pexels, Unsplash, dan Pixabay karena situs tersebut bebas copyright dan sepenuhnya gratis.

Itulah 5 tips profesional dalam mendesain website ala JagoKetik. Semoga dengan menerapkan tips-tips yang sudah disebutkan di atas bisa menaikkan traffic website kamu, ya, Sob!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam