Cara Membuat Pembukuan Keuangan Pribadi atau Rumah Tangga

Halo apa kabar nih kalian semua? abang selalu doakan semoga kalian pembaca semua selalu sehat yah. Pada kali ini abang akan membahas tentang keuangan.

Tapi keuangan kali ini lebih keseharian kita dan paling mendasar yaitu pembukuan keuangan sehari-hari rumah tangga.

Hal ini yang mana selalu dilupakan atau terkadang hanya dibuat seadanya. Itu lah kenapa kadang merasa, “kok ada saja yang bocor yah?” atau “ini uangnya pada kemana yah?”.

Nah hal-hal ini selalu terjadi, apa lagi untuk orang yang tidak terbiasa rapih dalam pembukuan keuangannya. Kali ini abang akan membahas dari konsep pengaturannya sampai cara bikin pembukuan yang rapih.

Disini abang akan menggunakan Microsoft Excel sebagai tools dalam membantu pembuatan pembukuannya. Jadi tunggu apa lagi? so check this out!

Pemahaman

Pola pikir atau pemahaman akan suatu hal adalah sebuah landasan dalam melakukan sesuatu. Tanpa pemahaman maka kita tidak akan mengerti baik atau buruknya dalam melakukan sesuatu.

Sebagai contoh, misalkan kita sedang ingin melakukan kegiatan yaitu makan. Kegiatan ini sangat primer dalam kehidupan kita.

Apabila kita tidak punya pemahaman soal makan seperti alasan mengapa membutuhkan makanan, manfaat, atau lainnya akan menyebabkan perbedaan pada hasil akhir dari kegiatan tersebut.

Kita tidak paham betapa pentingnya makan, maka kita dengan sembarangan segala bentuk yang bisa dimakan. Hal itu membuat kita tidak akan berpikir dampak baik atau buruk dari yang kita makan.

Tapi apabila kita paham pentingnya makan, maka kita menjadi paham apa saja dampak baik dari menjaga makanan dan dampak buruk apabila tidak.

Hal tersebut sama dengan keuangan, dengan kita mengenal dan memahami akan apa arti keuangan maka kita akan mengetahui dampak dari mengatur keuangan, bagaimana dan apa saja caranya.

Disini abang akan mempersingkat bahwa keuangan adalah suatu konsep yang dilakukan secara pribadi atau atau bentuk organisasi/tim dalam memproses uang.

Prosesnya dari mengelompokan sumber uang, alur sumber uang (pengeluaran dan pemasukan), pengembangan sumber uang tersebut berdasarkan perencanaan waktu dan risikonya secara jelas dan rinci.

Dengan begitu kita dapat mengerti bahwa dengan mengatur keuangan, maka kita dapat mendata dan mengelola sumber uang.

Hal ini sangat mendasar karena dengan kita mengatur keuangan maka kita dapat memperbaiki setiap kebocoran pengeluaran, efisiensi dalam menggunakan uang, hingga dapat melakukan perencaan keuangan di masa depan.

Membuat Tabel Pemasukan dan Pengeluaran

Pada kesempatan kali ini, abang akan menjelaskan cara mengatur keuangan yang sederhana dan mudah dilakukan untuk pemula.

Abang pada mengatur keuangan ini menggunakan Microsoft Excel, jadi kalian bisa menggunakan aplikasi sejenis seperti Libre Excel atau mungkin Spreadsheet.

Pertama buka dulu aplikasi kalian terus tulis kebutuhan apa saja yang biasa kalian keluarkan dalam kurun waktu 1 bulan.

Disini kenapa hitungannya per bulan, karena biasanya pengeluaran berdasarkan pemasukan yang mana seperti gaji atau lainnya dihitung bulanan.

Berikut ini contoh kalian tulis apa saja bentuk pengeluaran kalian:

Gambar 1 Contoh tabel keuangan

Dibagi berbagai kelompok tabel, seperti diatas terdiri dari tabel pengeluaran, tabel pemasukan, tabel tambahan pengeluaran dan tabel tabungan.

Pertama yang perlu di isi adalah tabel pemasukan terlebih dulu, cuma biasanya tabel ini lebih konsisten untuk di bulan berikutnya daripada tabel pengeluaran.

Sebelumnya abang ingatkan, pengaturan keuangan ini dimulai untuk bulan berikutnya. Jadi dengan kebutuhan bulan yang sekarang kalian jalani ini, dicatat untuk perencanaan bulan berikutnya.

Jadi pada tabel berikutnya adalah pengeluaran bulan ini yang mungkin dikeluarkan dibulan berikutnya juga. Semua kalian catat pengeluarannya walau sekecil apapun.

Setelah itu tabel tambahan pengeluaran, tabel ini sifatnya pengeluaran yang adanya jatuh tempo. Misalkan hutang atau tagihan yang sifatnya sementara.

Tabel terakhir adalah tabungan, ini sangat penting. Kalian harus mempunyai tabungan walau sekecil apapun. Hal ini membuat pikiran untuk selalu menabung atau menyisihkan uang untuk di simpan ditanam pelan-pelan dalam diri kalian.

Setelah sudah kalian data, selanjutnya agar untuk bulan berikutnya mudah. Maka kalian pakai rumus. Untuk Setiap keterangan ‘Jumlah Keseluruhan’ maka pakai rumus SUM.

Sebagai contoh {=SUM(data paling atas tabel, data paling bawah tabel)}. Selanjutnya untuk keterangan ‘Sisa Uang yang Belum Terpakai pakai rumus {=field jumlah keseluruhan tabel_pemasukan – (field jumlah keseluruhan tabel_pengeluaran + field jumlah keseluruhan tabel_tambahan_pengeluaran + field jumlah keseluruhan tabel_tabungan)}.

Membuat Alur Keuangan

Setelah selesai membuat 4 tabel diatas, kalian menjadi mengetahui alokasi uang-uang kalian. Berikutnya adalah membuat catatan keuangan harian.

Sebenarnya banyak tersedia aplikasi catatan keuangan untuk harian di aplikasi playstore atau apple store. Tapi abang untuk ini menggunakan tools Spreadsheet.

Pertama buat terlebih dulu tabel seperti dibawah ini:

Gambar 2 Pengeluaran harian

Tampilan tabel ini sebenarnya mirip kayak rekening koran di rekening bank, bedanya ini diolah sendiri. Kolom penambahan adalah sisa uang dari pengeluaran sebelumnya.

Setelah itu kolom pengeluaran adalah seluruh pengeluaran yang dikeluarkan hari itu, nanti untuk hari berikutnya tinggal tulis saja tanggal dan apa saja pengeluaran di hari besok dibawah catatan pengeluaran di hari sebelumnya.

Pada tabel diatas, pada kolom Total menggunakan rumus agar kalian cuma mengimpunkan penambahan, pengeluaran dan keterangan.

Karena ini data kolom pertama maka rumusnya seperti dibawah ini:

Gambar 3 Rumus untuk kolom data pertama

Selanjutnya untuk baris berikutnya sedikit berbeda:

Gambar 4 rumus untuk kolom berikutnya

Jadi bedanya adalah adanya pengurangan dari total pada data sebelumnya. Setelah sudah maka rumus dapat ditarik ke bawah agar inputan selanjutnya mengikuti rumusnya.

Untuk field total keseluruhan sama seperti sebelumnya dengan menggunakan rumus {=SUM()}.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, abang ingin berbagi cara mengatur keuangan yang mudah dan dapat di pakai untuk ibu rumah tangga yang mungkin kesulitan dalam manajemen keuangan rumah tangganya.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam mengatur kembali keuangan kalian. Siapa lagi yang mengatur keuangan kalian selain kalian.

Sukses dan sehat selalu kalian dan kirim komentar kalian ingin minta artikel apa lagi di bulan berikutnya, dadah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam