Bongkar Digital Marketing! Part 4

Halo, apa kabar nih pembaca bloh di Jagoketik? tidak tersadar udah saatnya abang melanjutkan penjelasan tentang digital marketing ini.

Sebelumnya di part 1, kita bahas dari apa itu digital marketing sampai SEO. Selanjutnya pada part 2, pembahasan pada konsep sederhana dari Digital Advertising dan Email Marketing.

Bulan kemarin, saat part 3 kita membahas tentang dan contoh dari Social Media Marketing, Content Marketing, Viral Marketing. Kali ini di part 4 dan juga bagian terakhir dari pembahasan Digital Marketing ini, yaitu tentang Automation CS dan Affliate Marketing. Jadi tunggu apa lagi? check this out!

Automation Customer Service

Terlihat dari namanya automation tentu yang terpikirkan adalah sistem yang bersifat otomatis atau tidak dilakukan oleh manusia.

Proses ini adalah sebuah metode otomatis proses kerja atau tugas yang mana dilakukan oleh sebuah kecerdasan buatan atau mekanikal yang telah ditanamkan sistem.

Metode ini dilakukan agar dapat membantu atau mendukung kinerja customer service dalam berbagai tugas, salah satunya melayani konsumen.

Dengan menggunakan metode ini maka proses pelayanan menjadi sangat efisien dan efektif. Sistem pelayanan dapat diberlakukan 24/7 dan dalam proses pelayanan pelanggan, memahami kebutuhan serta memberikan bantuan yang sesuai dari kebutuhan adalah yang utama.

Banyak yang telah menggunakan konsep ini, seperti salah satunya adalah Jagoketik menggunakan konsep ini dalam melayani calon pengguna jasanya atau seperti Netflix yang setiap pertanyaan dasar dibalas dengan sistem ini.

Jagoketik menggunakan sistem automation customer service

Begitu efisiennya sistem ini, automated customer service dapat diterapkan diberbagai bentuk saluran komunikasi dan berbagai macam pilihan. Dari bentuknya seperti asisten virtual atau chatbot yang biasa digunakan oleh penyedia jasa lainnya.

Berbagai keuntungan menggunakan sistem ini, diantaranya:

  • Fleksibiltas waktu dan tempat
  • Respon menjadi mudah diakses dan didapat karena siap selama 24/7
  • Mengurangi terjadi kesalahan yang dilakukan manusia
  • Mengoptimalkan proses layanan pelanggan
  • Efisiensi dalam penggunaan agen customer service

Affliate Marketing

Konsep ini yang sedang viral dan ramai saat ini. Sebenarnya proses digital marketing udah sangat lama dan berawal dari cara digital marketing yang dilakukan e-commers.

Jadi konsep ini adalah cara digital marketing yang paling efektif untuk mendapatkan pemasukan atau penghasilan dari internet, prosesnya cukup singkat dan mendapatkan hasil yang lumayan besar.

Sederhananya konsep ini adalah misalkan ada seseorang atau seorang influencer memiliki kontrak atau bentuk kerjasama berupa menjualkan sebuah produk, produk tersebut memiliki afiliasi kepada konsumen.

Apabila terjadi pembelian atau proses jual beli melalui link yang seseorang atau influencer berikan, maka seseorang dan influencer tersebut akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan kontrak atau kerjasama diawal.

Dari penjelasan diatas maka bisa dibilang seseorang ini adalah seorang sales tapi di dunia digital. Jadi seperti sales parfum menawarkan parfum, setiap ada konsumen yang tertarik sama parfum yang ditawarkan sales, maka sales akan mendapatkan komisi dari parfum yang dijual tersebut

Bedanya, kalau sales parfum itu harus berat membawa parfum kemana-mana, sedangkan afiliasi cukup menyebarkan link khusus yang bisa diberikan kepada calon konsumen untuk dapat di klik dan dilihat produknya

Alasan kenapa pelaku usaha banyak menggunakan konsep ini, karena tinggal sebar afiliatornya dan pelaku usaha tinggal menunggu calon konsumen atau pembeli melihat produknya

Makin terkenal atau jagonya afiliatornya memberikan link atau membujuk calon pembeli tertaruk klik link tersebut maka makin banyak produk yang terjualnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam