Bongkar Digital Marketing! Part 1

Setelah abang bahas pintu digital marketing, selanjutnya abang akan bahas lebih lanjut lagi tentang “Apa itu digital marekting?

Kalau kamu searching di google, tentu hasil yang didapat adalah, “suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet”.

Itu berarti segala sesuatu cara-cara pemasaran produk maupun jasa yang melalui proses digitalisasi dan publikasikan melalui internet. Semua platform internet sangat bisa digunakan untuk digital marketing.

Dari situs web, blog, aplikasi sosial media (seperti Facebook, Instagram, Pinterest, dan lainnya), ads (iklan digital seperti Unity Ads, Google Ads, dan lainnya).

Selain itu ada email dan aplikasi chatting (seperti Line, Whatsapp, Telegram, WeChat, dan lainnya) bisa dilakukannya digital marketing.

Begitu banyak pilihan dan jenis dari digital marketing, berikut abang BONGKAR semuanya!

Konsep sederhana dari digital marketing adalah cara bagaimana informasi suatu produk/jasa dapat berupa promosi/iklan/product description kepada konsumen/pengguna/calon pelanggan melalui platform, media, data, perangkat dan semua teknologi digital.

Suksesnya sebuah konsep digital marketing adalah informasi yang diberikan konsumen harus dimengerti dan tersampaikan dengan baik serta dari informasi tersebut membuat konsumen tertarik terhadap informasi tersebut.

Apabila masih banyak pertanyaan dan keambiguan informasi bahkan tidak membuat konsumen tidak tertarik maka ada yang salah dari penerapan digital marketing tersebut.

Tentu apabila kamu searching di google, kamu dapat banyak informasi tentang digital marketing ini. Tapi disini akan abang jelaskan lebih jelas lagi.

Ada penjelasan diatas, tentu kamu akan bertanya-tanya, “Emang digital marketing itu apa saja?“. Ada banyak jenis-jenis digital marketing, abang bahas dengan penjelasan sederhana.

SEO dan SEM/SEA

SEO itu kepanjangan dari Search Engine Optimization dan SEM adalah Search Engine Marketing. Maksud dari ini adalah bagaimana kita dapat mengoptimalkan mesin pencarian di browser.

Sederhananya misalkan membutuhkan jasa ngetikk, dalam pencarian saat mengetik kata “jagoketik atau jago ketik” maka saran paling atasnya adalah https://jagoketik.com/

Gambar 1 Konsep SEO

Untuk dapat menerapkan SEO ini dengan baik, ada beberapa detail yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Penggunaan kata kunci yang jelas, sederhana dan mudah. Tidak ada keambiguan dan kesalahan dalam melakukan pencarian kata tersebut
  • Optimasi berbagai macam hal seperti proses membuka halaman dengan cepat dan ringan, membuat header yang langsung todo point pada tagline, ideal untuk mesin pencarian, dan tentunya enak dibaca. Selain itu optimasi pada isi konten dan informasi. Pastikan informasi jelas dan enak dibaca agar konsumen saat mencari informasi tertentu dapat memahami dan bukannya mengabaikan karena pusing dan melelahkan saat membaca
  • Mudah untuk melakukan sharing atau berbagi agar informasi yang kamu berikan dapat mudah di berikan orang lain. Konsep ini seperti informasi dari mulut ke mulut tapi melalui media digital

Biasanya konsep SEO itu bisa dilakukan secara gratis dan juga bagaimana kita membangun media digital tersebut agar mudah dipahami, membuat orang tertarik dan membagikan konten ada ke orang lain yang dimana menurut orang tersebut menarik.

Gambar 2 Pembuatan header yang ideal

Nah untuk SEM atau sekarang dinamai dengan SEA yang artinya Search Engine Advertising, biasanya melalui channel atau jasa pemasaran digital secara berbayar.

Konsep SEM/SEA ini sederhana, situs atau konten kamu akan dijadikan sebuah iklan. Ada beberapa pilihan proses dalam SEM/SEA ini, seperti:

  • PPC atau Pay Per Click yang dimana kamu akan dibayar setiap konten iklan kamu di klik oleh user/pengguna. Platform yang biasa digunakan itu adalah Unity Ads dan Google Ads
  • PPV atau Pay Per View, itu berarti kamu akan dibayar setiap konten kamu di lihat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam