Belajar Dari TVRI Dalam Membangun Media Relations

Setiap organisasi atau media pasti membutuhkan adanya pembangunan image yang baik melalui media relation.

Media relation atau hubungan publik dapat diartikan sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan dan meningkatkan citra menjadi lebih baik lagi.

Media biasanya di atur oleh sebuah perusahaan yang digunakan untuk membangun image perusahaan dan produk yang dihasilkan, namun juga perlu citra atau gambaran yang baik dari masyarakat.

Media massa sendiri memiliki arti yang sangat penting bagi media atau organisasi, terutama sebagai saluran untuk menyampaikan aspirasi dan informasi kepada masyarakat luas secara umum ataupun publik.

Lima potensi dari media massa, yaitu:

1. Membangkitkan kesadaran

Media dapat meningkatkan kesadaran pribadinya dan memperluas cakrawala berpikirnya

2. Mengubah sikap dan perilaku

Peran utama media massa adalah menyampaikan pesan-pesan tertentu yang akan mempengaruhi perilaku penontonnya.

3. Mendorong tindakan

Media massa dapat membentuk dan mendorong tindakan seseorang yang keluar dari kebiasaannya.

4. Membantu merumuskan cara memandang dunia

Media massa memberitahukan dan membantu kita mengamati dunia dari berbagai sisi.

5. Mengubah pendapat

Media dapat mengumpulkan beberapa pendapat dari beberapa ahli yang dapat mempengaruhi dan merubah pendapat penontonnya.

TVRI (Televisi Republik Indonesia) merupakan tempat potensi media massa, di mana banyak sekali konten konten dari TVRI yang menampilkan mengenai keadaan daerah daerah terpencil di Indonesia terutama di daerah – daerah dengan konten konten yang dipublikasikan tersebut, dapat mempengaruhi sikap, pendapat, dan perilaku penonton akan menanggapi keadaan keadaan di sekitarnya yang belum terjangkau.

Sejak dulu, TVRI menjadi sebuah saluran penyiaran televisi yang dianggap paling baik, di mana konten yang disediakan bersifat mendidik, inovatif, dan nyata.

Berbeda dengan siaran tv lain yang lebih mengarah pada media hiburan seperti menampilkan sinetron, acara acara gosip, dan lain sebagainya.

Seperti contohnya konten TVRI Yang mempublikasikan mengenai kopi Gayo.

Video atau konten yang dipublikasikan oleh TVRI terkait kopi Gayo memenuhi lima potensi media massa tersebut.

Konten ini membuka pandangan para penonton mengenai besarnya potensi komoditas indonesia yang masih belum diperhatikan dengan baik oleh masyarakat, sehingga dapat merubah sikap dan pandangan penonton untuk lebih menghargai dan mencintai produk lokal.

Disamping itu, konten ini juga dapat mendorong tindakan penonton untuk mengembangkan potensi kopi Gayo, dan mengubah pandangan dunia akan indonesia yang belum terjangkau atau terpencil, bahkan bisa juga dikatakan bahwa negara Indonesia masih jauh lebih maju dan menarik dibandingkan yang sudah dikenal sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!