Atasi Salah Ketik dengan 5 Cara Cek Typo di Microsoft Word

Cara cek typo di Microsoft Word penting dipahami untuk menghindari kesalahan tulisan. Kesalahan ejaan pada tulisan sebenarnya termasuk hal yang wajar. Meski demikian, hal ini juga akan menjadi masalah saat sedang membuat karya tulis atau sedang mengerjakan tugas. 

Oleh karena itu, meski hanya terlihat sepele, kesalahan ejaan atau typo adalah suatu hal yang perlu Anda hindari. Jika ingin menghindari kesalahan ejaan dan tata bahasa ini, tak perlu khawatir ada cara mudah yang bisa dilakukan.

5 Cara Cek Typo di Microsoft Word yang Efektif

Typo atau kesalahan ejaan bisa mempengaruhi kualitas dan efektivitas tulisan yang Anda buat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir typo di Microsoft Word:

1. Gunakan Fitur Find And Replace

Microsoft Word menyediakan fitur “find and replace” yang bisa digunakan untuk mengecek typo pada tulisan. Misalnya seperti kesalahan penulisan “dan” menjadi “dna”, “atau” menjadi “atua”, dan lain sebagainya. Dengan adanya fitur ini, maka Anda bisa mengetikkan kesalahan kata tersebut. Jika kesalahan tersebut terdeteksi, kemudian bisa segera menyuntingnya.

2. Gunakan Jasa Proofreading

Jika ingin mengecek ulang tulisan, Anda juga bisa menggunakan jasa proofreading. Proofreading adalah kegiatan kegiatan membaca ulang semua isi dari draft tulisan dari awal hingga akhir. Tujuannya untuk memeriksa adanya kesalahan penulisan, termasuk typo.

Umumnya proofreading ini dilakukan oleh orang lain, selain penulis. Jika Anda meminta bantuan teman, akan lebih baik memilih teman yang memiliki ketelitian tinggi untuk memeriksa tulisan tersebut. Semakin banyak orang yang melakukan proofreading terhadap tulisan tersebut, kesalahan typo bisa Anda minimalkan. 

3. Periksa Ulang Setiap Kata

Setelah menyelesaikan tulisan, namun tidak bisa meminta orang lain untuk memeriksanya. Anda bisa memeriksanya sendiri, pastikan jangan malas untuk memeriksa kembali tulisan kata demi kata.

Cara ini dianggap efektif untuk meminimalisir typo yang ada pada tulisan tersebut. Saat memeriksa ulang tulisan, akan lebih baik hindari metode membaca cepat (skimming). Cara ini justru bisa membuat Anda melewatkan typo yang ada.

4. Gunakan Software atau Website Deteksi Typo

Saat ini juga tersedia pilihan software atau website pendeteksi typo yang bisa dicoba. Jika tulisan tersebut menggunakan bahasa Indonesia, Anda bisa menggunakan Typo Online (typoonline.com). Namun jika tulisan yang berbahasa Inggris, terdapat banyak pilihan software yang bisa dicoba.

Misalnya seperti misalnya Ginger software, Language Tool, Grammarly, dan lain sebagainya. Beberapa website tersebut ada yang gratis dan juga berbayar. sementara Microsoft Word sendiri tersedia fitur “Spell & Grammar Checker” yang bisa digunakan dengan gratis.

5. Hindari Fitur Autocorrect

Fitur lainnya dalam Microsoft Word yakni autocorrect yang didesain untuk mengatasi typo. Meski demikian, fitur ini terkadang justru bisa mengacaukan tulisan Anda. Oleh karena itu, jangan terlalu mengandalkan fitur autocorrect tanpa memeriksa kembali tulisan Anda secara manual.

Beberapa cara cek typo di Microsoft Word tersebut memang perlu dicoba. Typo dalam tulisan memang hal lumrah terjadi, namun akan lebih baik jika bisa menghindarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam