6 Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Anti Gagal!

6 Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Anti Gagal! - Jagoketik.com

Sebenarnya, banyak cara menulis surat lamaran kerja yang ampuh dan bisa membantu kamu tembus sesi interview. Keren gak sih, hanya dengan sedikit memberi perhatian ekstra pada cara-cara menulis surat lamaran kerja yang benar, peluang kita lolos masuk tahap wawancara jadi meningkat pesat? Yuk, pelajari 6 (enam) contoh cara menulis surat lamaran kerja yang bisa bikin lamaranmu selalu lolos dengan mulus melalui artikel Jagoketik berikut ini!

Baca juga: Jasa Pembuatan Proposal Acara Hanya Rp15.000!

Teliti dan Telaah Karakteristik Perusahaan Tujuan!

Seperti media perantara bicara lainnya, surat lamaran kerja yang baiki memiliki ciri-ciri berupa memuat tulisan yang cocok bagi pembacanya. Pihak pembaca yang paling utama dari sebuah surat lamaran kerja tentunya adalah perusahaan tempat kita mendaftarkan diri selaku calon pekerja atau karyawannya. Sehingga, cara menulis surat lamaran kerja yang baik harus diawali dari mindset berupa inisiatif menjadi komunikatif kepada perusahaan via tulisan.

Supaya bisa menghasilkan surat yang komunikatif dan disukai oleh perusahaan, salah satu cara menulis surat lamaran kerja yang tepat adalah menggali informasi seputar karakteristik perusahaan tersebut. Eksplorasi profil perusahaan kini sangatlah mudah, sebab kita bisa mengumpulkan dan mempelajari informasinya lewat internet. Di samping itu, perusahaan yang baik dan layak untuk kita kejar biasanya memiliki transparansi serta personal branding yang baik; dibuktikan dengan mudahnya identitas perusahaan tersebut dicari di dunia maya.

Jasa Pembuatan Surat Lamaran Kerja Jagoketik Hasilnya Apik dan Tepat Waktu!
Jasa Pembuatan Surat Lamaran Kerja Jagoketik Hasilnya Apik dan Tepat Waktu!

Susunlah dengan Baku!

Setelah mengenali target pembaca, cara menulis surat lamaran kerja yang benar adalah disusun secara profesional. Profesionalitas seorang pendaftar di mata perusahaan pasti dilihat dari format surat lamaran kerjanya. Makin profesional sang pendaftar atau pelamar kerja tersebut, maka format surat lamaran kerjanya pun nampak terlihat makin profesional sekaligus mencerminkan potensi kehandalan yang dimilikinya untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Salah satu indikator yang paling umum untuk menilai profesionalitas suatu surat lamaran kerja adalah aspek kebakuan surat. Aspek tersebut bersifat mutlak dan harus diperhatikan tanpa terkecuali, jika ingin lolos dipanggil interview. Aspek kebakuan mengarah pada setidaknya dua hal penting di dalam surat lamaran kerja, yakni format dan kebahasaannya. Pastikan susunan isi dan penulisan redaksi di dalam surat lamaran kerja kita nampak profesional, supaya perusahaan pun terbantu teryakinkan oleh potensi diri kita selaku calon pegawainya.

Sebutkan Posisi yang Kita Incar!

Seringkali orang menyepelekan cara menulis surat lamaran kerja yang paling dasar berupa penyebutan posisi incaran. Pasalnya, sebagian atau bahkan banyak dari kita berpikir bahwa hal seperti itu sangatlah mudah untuk dilakukan. Cukup tuliskan nama job description yang sudah kita targetkan sejak awal, maka itu sudah aman. Kendati konsepnya benar demikian, prakteknya seringkali salah kaprah!

Meskipun mudah, perkara penyebutan posisi incaran bisa membawa malapetaka jika kita melakukan secuil kesalahan di dalamnya. Sebab, salah menyebut job description bisa berakibat fatal pada penilaian perusahaan terhadap diri kita selaku pelamar kerja. Puluhan hingga ratusan surat lamaran kerja mungkin harus dibaca oleh sebuah perusahaan, sehingga perusahaan pasti butuh menghemat waktu dalam melakukan seleksi. Jalan pintasnya ialah melihat profesionalitas para pelamar kerja dari caranya menyebutkan dan menegaskan posisi yang diincarnya.

Jelaskan Letak Kecocokan Kita di Posisi Incaran!

Cara menulis surat lamaran kerja yang bisa meyakinkan pihak perusahaan ialah menjelaskan letak kecocokan diri pribadi di posisi yang kita incar. Sebanyak apapun prestasi kerja yang sudah tertulis di resume atau curriculum vitae (CV), penentuan lanjut atau tidak sangatlah dipengaruhi oleh cara kita melakukan persuasi via komunikasi kepada perusahaan. Melalui surat lamaran kerja inilah, kita bisa membujuk perusahaan dengan menuliskan argumen logis mengenai hal-hal yang membuat kita punya kecocokan untuk mengisi posisi yang kita incar di perusahaan tersebut.

Agar lebih aman, berikan penjelasan mengenai kecocokan diri pribadi terhadap posisi yang kita incar secara singkat dan padat. Hindari penulisan alasan terkait dengan redaksi yang terlalu hiperbolik atau membuat kita jauh lebih bagus dari kenyataan objektifnya, sebab yang seperti itu malah bisa jadi bumerang tersendiri dan berdampak pada gugurnya kita di tahap pra-interview.

Rangkum Kualifikasi Pribadi Kita!

Kiat atau cara menulis surat lamaran kerja lainnya yang cukup relevan di masa sekarang adalah memberi rangkuman kualifikasi pribadi. Model rangkumannya bisa dalam bentuk poin-poin (bullets) atau satu paragraf dengan induk kalimat yang jelas. Yang penting, perusahaan yang membaca surat lamaran kerja kita bisa langsung mendapat gambaran besar mengenai potensi diri yang kita miliki sebagai pelamar kerja.

Penulisan rangkuman kualifikasi pribadi sangat berguna untuk melengkapi data track record pribadi yang sudah kita tuliskan di resume ataupun CV. Namun, pastikan muatan rangkuman tersebut bukan berupa pengulangan informasi belaka. Kalau sebatas menulis ulang, perusahaan justru cenderung kurang suka dan besar kemungkinannya langsung mendepak kita dari daftar nama pelamar yang layak diprioritaskan lolos.

Akhiri dengan Penutup yang Profesional!

Kendati tidak ada satupun panduan hukum mengenai surat lamaran kerja yang benar, tips penulisan lainnya yang bisa kita pakai ialah memberi penutup secara profesional. Semua orang boleh membuat dan mengumpulkan surat lamaran kerja dengan modal template gratis dari internet, namun bagian penutup bisa jadi senjata tersendiri yang membuat kita terlihat lebih totalitas dan berkomitmen bekerja di mata perusahaan.

Kalau belum tau cara menulis penutup surat lamaran kerja yang profesional, kamu bisa berkonsultasi dengan mitra Jagoan Ketik spesialis pengetikan surat! Tidak hanya menerima konsultasi, bahkan kami pun siap mengajarkan serta membuatkan surat lamaran kerja terbaik dengan harga yang murah nan negotiable. Cara menulis surat lamaran kerja ala Jagoan Ketik dijamin siap bikin kamu puas, karena pasti jadi tepat waktu dan gratis revisi berulang kali!

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Jasa Pengetikan Surat
Jasa Pengetikan Surat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Dapat panggilan kerja modal rebahan aja?

Bisa, pesan jasa surat pembuatan lamar kerja dan CV di Jagoketik saja!

Harga bisa kamu tentukan sendiri dan ready order 24/7!